RESEP KUE DADAR GULUNG LAPIS COKELAT ENAK

KUE DADAR GULUNG LAPIS COKELAT

RESEP KUE DADAR GULUNG LAPIS COKELAT ENAK - Makanan yang selalu enak dan bermacam macam jenisnya memang menjadi kekayaan negeri ini. Kreatifitas masakan masyarakat Indonesia dalam menghasilkan aneka makanan menjadi satu hal yang patut disyukuri. Perlu dikembangkan oleh kita generasi penerus. Kue dadar gulung sebagai salah satu jajanan pasar tradisional masyarakat memiliki posisi yang tak ditinggalkan oleh siapa saja. Bikin kangen aja bagi yang dulu pernah menikmatinya. Pingin kembali membelinya. Tapi kalau lebih mantap, sebaiknya dibuat sendiri aja di rumah. Mumpung hari ini libur bunda. Sederhana dan praktis dalam membuatnya. Rasa yang empuk, manis, legit lagi sehingga banyak yang rindu dengan makanan ini jika lama gak menikmatinya. Sebagai ciri khasnya, kulitnya berwarna hijau cerah. Ini karena menggunakan pewarna alami yang tidak lain ialah daun suji. Bukan pewarna buatan yang terkadang tak disukai banyak orang sebab takut memberikan dampak buruk kepada kesehatan tubuh. Ya, sehat sangat penting dan bisa dibilang mahal. Isinya di dalamnya berupa gula jawa cair serta parutan kelapa. Keduanya tercampur. Kali ini berbeda dengan biasanya sebab kita akan membuat dadar gulung dengan isi coklat pisang. Rasanya mesti mantap dan tambah enak gitu. Seperti apa cara membuatnya? Yuk, langsung kita baca dulu bahan apa saja dan gimana cara memprosesnya.


Bahan Kulit dadar gulung :

  • 50 gr gula halus
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 60 gr, mentega, cairkan
  • 1 sdt baking powder
  • 50 gr susu bubuk
  • 2 sdm cokelat bubuk, larutkan dalam  air 50 ml
  • 350 ml susu cair


Bahan Isi dadar Gulung :

  • 50 gr mentega
  • 5 buah pisang raja, (potong kecil)
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm Tepung maizena, larutkan dalam  air 50 ml


Cara Membuat Dadar Gulung Cokelat pisang :

  1. Pertama kita buat dulu Kulit dadar Gulung : Campurkan tepung terigu, gula halus dan sedikit baking powder, serta susu bubuk, telur, dan susu cair. Aduklah hingga merata dan sisihkan.
  2. Kemudian ambilah 3/4 adonan kulit kemudian tambahkan cokelat bubuk yang sudah dilarutan. Aduk sampai rata benar.
  3. Selanjutnya, kita masukkan sisa 1/4 adonan putih pada plastik segitiga.
  4. Panaskan pan anti lengket olesi dengan sedikit mentega, tuangkan adonan putih  secukupnya dan buat motif bergaris. Sesudah itu, tuangkan adonan coklat diatasnya, tebar dan ratakan, tunggu sampai kulit dadar matang seutuhnya, angkat ( untutk diperhatikan supaya tidak usah dibalik ya)
  5. Kini untuk membuat Isi dadar gulung : panaskan mentega, masukkan pisang raja kemudian diaduk rata. Masukankan gula pasir, aduk rata kembali. 
  6. Terus kita tambahkan larutan maizena, masak sampai kental. Angkat dan sisihkan untuk mengisi dadar gulung coklat pisang.
  7. Yang paling akhir, ambilah selembar kulit dadar gulung, tambahkan isi coklat pisang di atasnya lalu kita gulung sesuai selera. Dadar gulung coklat pisang sudah siap dinikmati dan disajikan.
Nah, mudah dan gampang kan? Yuk kita praktekkan resepnya di rumah.
Baca juga: Resep Opor Ayam Kuning Lezat .

Related : RESEP KUE DADAR GULUNG LAPIS COKELAT ENAK