RESEP KREATIF MEMBUAT MARTABAK MANIS TERANG BULAN

RESEP MEMBUAT MARTABAK MANIS TERANG BULAN

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan bahas resep kreatif martabak manis terang bulan. Tatkala kita jalan-jalan banyak ditemukan disekitar pinggir jalanan para penjaja martabak manis terang bulan. Bisa ditebak klo adanya penjual kuliner martabak di mana-mana, tentunya para penggemar nya pun banyak sekali. Dan mayoritas juga laris. Bahkan semakin hari bertambah orang yang cinta pada martabak. Memang ada banyak kreasi dari martabak manis tersebut. Asal kita tahu saja bahwa klo bahan asar maka semua resep martabak tetap sama. Tepung terigu merupakan yang paling utama. Langsung saja kita meluncur kepada berbagai uraian aneka resep kreatif membuat martabak manis. Selamat menyimak.

1. RESEP MARTABAK MANIS TERANG BULAN

Bahan penting yang dibutuhkan :
- 400 gram tepung terigu
- gram soda kue
- 80 gram gula pasir
- 5 gram ragi instan
- 50 gram mentega dicairkan
- 4 gram garam halus
- 2 butir telur
- 450 ml air
- sedikit vanili


Bahan Toping:
- keju parut secukupnya
- coklat beras secukupnya

Bahan Olesan Resep Martabak Manis :
-  margarin


Cara membuat Martabak Manis
1. Mari kita campurkan telur , garam dan gula dalam satu wadah. Kocoklah dengan balloon whisk agar gula larut.
2. Lantas kita masukkan ragi instan, aduk-aduk hingga merata. Terus kita  masukkan tepung terigu, soda kue dan vanili.
3. Kemudian kita tambahkan mentega cair, dilanjutkan air secukupnya. Aduk-aduk supaya adonan kue martabak rata dan cukup encer. Setelah itu kita diamkan dalam suhu ruang selama 30 - 60 menit.
4. Panaskanlah wajan terang bulan dengan api kecil. Oleskanlah mentega secara merata pada wajan dengan kuas. Terus kita tuangkan 1-2 sendok sayur adonan terang bulan, lalu oleskan sebagian kecil adonan tersebur di bagian dinding wajan menggunakan punggung sendok sayur supaya membentuk pinggiran kue.
5. Kini kita tutup wajan, biarkan beberapa saat hingga kue matang.
6. Yang paling akhir keluarkan kue, letakkan di atas permukaan datar. Olesi dengan mentega, setelah itu taburkan coklat beras atau keju parut di atasnya hingga permukaan tertutup penuh. Insya Allah kita akan dapatkan sekitar 12 potong. Oh iya, sebaiknya menggunakan wajan anti lengket supaya mudah proses pembuatannya.


2. RESEP MARTABAK MANIS TANPA RAGI ENAK

Bahan untuk adonannya :
- 50-70 gram 4-5 sdm gula pasir
- 1 butir telur
- 1/4 sdt baking powder
- 250 ml atau secangkir susu tawar
- 125-130 gram atau secangkir rata tepung terigu
- 2 sdm minyak goreng
- 1 sdt garam
- 8 gram atau 1 bungkus gula vanilli, bisa ganti dengan vanilla ekstrak dengan takaran yang setara

Bahan untuk toping :
- susu kental manis secukupnya
- 1 sdt gula pasir
- mentega blueband secukupnya


PILIH SALAH SATU ATAU KOMBINASI :
- Parutan keju Cheddar
- Kacang tanah sangrai tumbuk halus
- Meises
- Kacang almond
- Kacang hasselnut


CARA MEMBUAT MARTABAK MANIS TANPA RAGI :
1. Langkah yang pertama kita olesilah wajan dengan minyak kemudian lap dengan tissue. Bila minyaknya masih terlalu banyak bisa ditaburi dengan sedikit tepung kemudian ratakan. Panaskanlah wajan dengan api kecil-sedang. Wajan yang biasa digunakan berdiameter 24 cm tapi bisa juga pakai wajan berdiameter 28 cm.
2. Kemudian kita campurkan,telur, gula, gula vanili, garam,  ke dalam wadah kemudian aduk rata dengan whisk/kocokan tangan atau dengan mixer.
3. Bila sudah tercampur rata dan gulanya larut, masukan tepung terigu campur hingga semuanya membentuk adonan.
4. Selanjutnya, masukkanlah susu sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi lebih cair dan mengental. Jika adonan sudah licin masukan semua sisa susu. Aduk hingga rata. Lalu tambahkanlah minyak dan aduk sebentar.
5. Sesaat sebelum dimasak masukan baking powder aduk hingga tercampur rata.
6. Tes wajan jika panasnya sudah pas, langsung tuang semua adonan ke dalam wajan. Sebarkan adonan kepinggir wajan supaya pinggirannya jadi kriuk crispy.
7. Lalu tunggulah hingga keluar gelembung dipermukaan martabak. Kalau gelembung sudah banyak seperti terlihat di video, kecilkan api. Kemudian taburi dengan gula pasir permukaannya dan tutup.
8. Terus masak hingga adonan teratas matang. Angkat martabak, dengan bantuan spatula atau scrapper. Olesi dengan margarine sebanyak yang kamu suka. Kalau ingin rasanya seperti martabak di Indonesia, kasih margarinenya jangan pelit. Beri topping lainnya seperti keju atau cokelat dll sesuai selera.
9. Lipatlah martabak menjadi setengah lingkaran, kemudian olesi permukaan luarnya dengan mentega lagi supaya permukaannya mengkilat. Setelah itu potong-potong. Kini sudah siap untuk kita sajikan.


3. RESEP MARTABAK MANIS ABANG ABANG

Bahan yang dibutuhkan :
250 gram tepung terigu
2 butir telur, kocok lepas
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instan
350 ml susu cair

Bahan untuk isi :
- Susu kental manis
- Keju parut atau keju cheddar kraft
- Meises coklat atau meises warna warni
- Kacang, yang dicincang kasar

Bahan untuk olesan :
- Butter atau mentega merk blueband atau merk yang lainnya

Cara membuat adonan dasar martabak yang manis :
1. Langkah yang pertama kita campur terigu, gula pasir, baking powder dan ragi instant. Tuangi susu sedikit demi sedikit, aduk sampe rata benar.  Terus gabrukin kocokan telur, aduk rata. 
2. Bubuhkan garam. Diamkan selama 30 menit sampai 1 jam, tutup wadah dengan serbet bersih.

Cara memasak martabak manis enak :
1. Kini sudah siapkan wajan anti lengket atau wajan tebal khsusus martabak manis, panaskan sebentar, olesi dengan sedikit mentega. 
2. Tuangkanlah adonan ke dalam wajan. Tunggulah sampai adonan mulai berlubang. Setelah lubangnya mulai banyak,kita kepyuri dengan gula pasir secara merata, tutup dan biarkan matang benar.
3. Bila sudah matang, angkatlah , olesi dengan butter/margarine. Lalu taburi dengan isian sesuai selera, lipat jadi dua, kemudian kita potong potonglah.

4. RESEP MARTABAK TERANG BULAN MINI ENAK

Bahan-bahan yang kita gunakan :
- Baking powder 1 sendok teh
- Tepung terigu ¼ kg
- Telur ayam 2 butir
- Gula pasir 3 sendok makan
- Fermipan ½ sendok makan
- Vanili 1 sendok teh
- Susu kental manis putih secukupnya
- Air secukupnya
- Meises coklat secukupnya
- Parutan keju secukupnya


Cara membuat martabak manis mini terang bulan yaitu :
1. Langkah yang pertama, kita campurkan telur ayam, tepung terigu, gula, fermipan dan vanili, lalu di mixer hingga tercampur rata. Kemudian tutupi adonan menggunakan kain selama 1/2 jam.
2. Panaskan cetakan, lalu olesi dengan margarin tipis dan rata. Supaya tidak lengket. Adonan dibuka lalu masukkan baking powder, aduk rata.
3. Kini tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan sampai matang. Sesudah matang, beri taburan meses atau parutan keju di atasnya, juga tambahkan susu kental manis.
4. Kue terang bulan mini sudah siap untuk kita hidangkan.


Mudah dan praktis semuanya bukan? Yukk, segera siapkan bahan semuanya untuk kita membuat kue martabak. Jangan lupa untuk selalu memilih bahan yang berkualitas terbaik. Sehingga hasilnya pun terbaik juga. Tidak lupa untuk kita baca resep tahu.

Related : RESEP KREATIF MEMBUAT MARTABAK MANIS TERANG BULAN