RESEP KREATIF TONGSENG AYAM SPESIAL KUAH TANPA SANTAN

RESEP TONGSENG AYAM SPESIAL TANPA SANTAN

Rasa khas tongseng ayam memang menjadi primadona bagi para kuliners. Dengan kreatifitas dalam masakan kini bisa diperoleh resep tongseng ayam dengan tak menggunakan santan. Ini merupakan kabar gembira bagi teman-teman yang kurang senang dengan santan. Bersama racikan bumbu-bumbu yang tepat akan dihasilkan rasa yang khas dan lezat. Terutama pula pada kuahnya yang rasa rempah-rempahnya terasa banget. Santapan ini tidak kalah enaknya dengan tongseng sapi dan kambing yang sudah dulu terkenal. 

Berani menggunakan berbagai bumbu yang memang di negeri Indonesia kaya sekali akan bahan masakan. Akhirnya, tidak aneh bila kualitas dan kuantitas rasa dari masakan-masakan yang ada itu tinggi. Ngobrol tentang tongseng, awalnya hanya cara sederhana yakni dengan adanya daging kambing, kuah gulai atau gule terus, serta ditambah tumisan macam-macam bumbu dan kecap manis sehingga akhirnya menjadi tongseng yang sederhana. Barangkali itulah rintisan masakan tongseng yang kini ada di seantero nusantara.

Kombinasi dari dua masakan gulai bersama sate inilah yang kini disebut tongseng. Penyebutan tersebut erat kaitannya dengan proses pengolahannya dengan dioseng. Selanjutnya, penambahan kol juga jadi ciri khusus tersendiri yang bisa membedakannya dengan selainnya. Dalam perkembangannya hingga kini, tak hanya sapi dan kambing saja yang ditongseng, namun ayam pun bisa juga. Oke, kita simak bersama uraian resep kreatif masakan tongseng ayam berikut ini :


Bahan yang perlu kita siapkan :
- ½ kg daging ayam bagian dada. Bagus juga apabila kita memilih ayam kampung guna kualitas terbaik,
- 1 buah tomat, potong jadi 8 bagian,
- 1 buah jeruk nipis untuk dilumurkan ke daging,
- 100 gram kol, potong-potong kecil,


Bumbu tongseng ayam :
- 2 lembar daun jeruk, 
- 1 lembar daun salam, 
- 2 cm lengkuas, geprek,
- 2 batang serai, geprek,
- ½ sdt penyedap,
- 2 sdm kecap manis,
- 10 buah cabe rawit merah, biarkan utuh jika orang-orang tercinta di keluarga kita tak semuanya suka makan pedas atau boleh diiris-iris maupun haluskan jika ingin berkuah pedas betul, 
- 1 batang daun bawang, iris-iris dan secukupnya bawang goreng untuk taburan nantinya, 
- ½ sdt garam, 
- Seperlunya minyak untuk menumis,
- 400 ml air,

Bumbu yang dihaluskan :
- ½ sdt ketumbar, 
- ½ sdt merica/lada butir, 
- ¼ sdt jinten, 
- 3 cm kunyit, 
- 5 buah cabe merah, buang biji atau menurut selera, 
- 5 butir bawang merah, 
- 3 siung bawang putih, 
- 2 cm jahe, 
- 6 butir kemiri, 

Cara Memasak dan Membuat Tongseng Ayam Tidak bersantan :
1. Langkah pertama yakni terlebih dahulu kita potong-potong daging ayam sesuai selera dan cuci bersih, lalu lumuri dengan air jeruk nipis selama 1/4 jam.
2. Untuk membuat bumbu tongseng ayam, kita panaskan minyak secukupnya dalam wajan, lalu masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, sertalengkuas, lalu tumis hingga harum.
3. Berikutnya, menuju langkah mengolah bahan-bahannya. Kita masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk kemudian tuang air. Aduk rata lalu masak hingga mendidih, beri garam, penyedap, kecap manis serta cabe rawit.
4. Apabila daging ayam sudah  matang dan empuk, langkah yang terakhir yakni kita masukkan kol dan tomat dan masaklah hingga agak layu. Kita matikan apinya, kini tongseng ayam sudah siap untuk dihidangkan. Sebelum disantap, jangan ketinggalan juga untuk membubuhi taburan irisan daun bawang dan bawang goreng. Selamat menikmati. Jangan lupa pula baca resep botok.

Related : RESEP KREATIF TONGSENG AYAM SPESIAL KUAH TANPA SANTAN