ANEKA RESEP KREATIF BAKSO GORENG ENAK SEDERHANA

Bicara mengenai bakso goreng yang renyah pedas serta sederhana membuatnya memang tidak ada habis-habisnya. Pada awalnya bakso dikenal sebagai nama masakan berkuah disertai mie, tahu dan daging. Banyak dijajakan di seantero negeri ini. Bakso sendiri memiliki akar dari kuliner Tionghoa Indonesia. Namanya dengan jelas ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’. Dan kapan mulai munculnya di negeri ini saya sendiri belum menemukan. Yang jelas, orang yang menyukai jenis masakan tersebut banyak sekali, termasuk saya diantaranya. Dahulu waktu kecil, saya sering dibelikan oleh ayah, ibu, pakdhe, budhe, dan kerabat lainnya. Akan tetapi di zaman now ini, bakso sudah bervariasi jenis dan model memasaknya. Kini muncul basreng atau bakso goreng. Bahan dasar pembuatan bakso yang dahulu hanya dari daging sapi, kini sudah dibuat dari ayam dan ikan. Melegenda sekali memang masakan ini. Orang yang menjadikannya makanan favorit juga semakin banyak saja. Tidak ada rasa bosan sama sekali lagi. Sekarang kita akan bahas itu beberapa variasi makanan bakso goreng enak. Supaya nantinya kita bisa buat sendiri di rumah. Kualitas homemade tidaklah kalah dengan yang dijajakan di restoran atau di pinggiran jalan. Meskipun mereka sudah memiliki nama tenar dan bisnisnya pun berkembang pesat. Bahkah bila benar-benar kreatif maka enaknya bisa melampaui. Kali ini resep basreng kita juga dilengkapi dengan bahan-bahannya juga bersamaan pula tentang tata cara memasaknya. Oke, yuk kita simak berikut ini.

RESEP BAKSO GORENG AYAM TERASI SEDERHANA

RESEP BAKSO GORENG AYAM TERASI

Bakso bisa dibuat dari daging ayam. Sangat enak dan pas sekali kita coba sajikan di rumah. Apalagi dengan digoreng memasaknya. Tentu sangat praktis dan tidaklah rumit. Di bulan puasa, bisa kita jadikan sebagai menu berbuka yang enak.

Bahan yang diperlukan : 
- 250 gram ayam giling
- ½ sendok teh terasi bakar
- 1 sendok makan cabai merah keriting giling
- 1 sendok makan bawang putih giling
- ½ sendok teh merica bubuk
- 2 butir telur ayam
- 50 gram tepung sagu tani
- Garam
- Air es secukupnya
- Minyak goreng, dipanaskan
- ½ sendok teh baking powder

Cara membuat bakso goreng ayam terasi lezat : 
1. Langkah pertama kita campur rata seluruh bahan. Jika adonan terlalu lembek tambahkan tepung sagu tani. Tapi ketika adonan sudah terlalu keras, kita tambahkan air es.
2. Berikutnya, kita bentuk menjadi bulat adonan kira-kira sebesar jeruk nipis. Persis seperti bentuk bakso pada umumnya. 
3. Lalu kita goreng dalam minyak banyak panas di atas api sedang hingga bakso matang, berubah warna kuning kecokelatan dan renyah. Tiriskanlah sekarang. Sudah siap untuk kita hidangkan.


RESEP BAKSO GORENG SAPI KULIT AYAM SEDERHANA

RESEP BAKSO GORENG SAPI KULIT AYAM

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan :
- 200 gram daging sengkel, dicincang halus
- 150 gram kulit ayam giling
- 1 sendok teh baking powder
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 350 gram tepung sagu
- 125 ml air es
- 2 butir telur
- 1/2 sendok teh penyedap rasa (optional)
- 1 sendok makan minyak ayam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1 batang daun bawang, diiris halus
- saus sambal untuk cocolan
- minyak padat untuk menggoreng


Cara membuat bakso goreng sapi kulit ayam praktis :
1. Langkah pertama kita campur daging,dan kulit ayam, lalu bawang putih, dan daun bawang, lalu garam, merica bubuk, dan penyedap rasa, lalu minyak ayam, dan gula pasir. Lantas kita uleni semua sampai merata benar.
2. Kemudian kita tambahkan telur dan air es. Aduk sampai merata. Dan tambahkan tepung sagu serta baking powder. Lalu aduk rata. 
3. Kini kita bentuk bulat besar lalu kita goreng di dalam minyak dengan panas sedang di atas api kecil hingga matang betul. Sekarang sudah siap untuk menyajikan bakso goreng bersama saus sambal. 


RESEP PRAKTIS MEMBUAT BAKSO GORENG (BASRENG) SAPI

RESEP PRAKTIS BAKSO GORENG (BASRENG) SAPI

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :
- Sebagai bahan utama ialah bakso sapi yang sudah dibuat atau bakso telah siap pakai, bisa pula memakai bakso mentah.
- Cabai bubuk pedas hot
- Penyedap rasa
- Minyak untuk menggoreng

Cara Praktis Membuat Bakso Goreng Sapi Enak :
1. Pertama kita memilih pentol bakso sapi yang kualitas baik. Kita bisa cari di pasar atau toko.
2. Kemudian bakso diiris sesuai dengan bentuknya yang bulat. Lalu kita jemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari saja.
3. Barulah kita goreng menggunakan minyak goreng berkualitas sampai bakso yang kita goreng tampak merekah dan dirasakan sudah renyah.
4. Setelah baksonya diangkat dan masih dalam kondisi panah. Kita taburi dengan bumbu yang telah disiapkan supaya menempel. Kini diamkan kurang lebih 1-2 jam di suhu ruangan dan tidak kita kemas dulu supaya tidak cepat melempem. Oh iya, bumbu untuk taburan bisa dibuat dari campuran bubuk cabai dan penyedap rasa. Sekarang sudah siap untuk kita nikmati sekarang.

RESEP BAKSO GORENG TANPA DAGING SEDERHANA

RESEP BAKSO GORENG TANPA DAGING

Bahan-Bahan Membuat Bakso :
- 250 gram tepung tapioka
- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telur ayam 
- 1 sendok makan bawang merah goreng
- air untuk merebus, secukupnya
- 1 sendok makan bawang putih goreng
- 2 sendok makan minyak goreng
- 1 batang daun bawang , rajang halus
- 1/2 sendok teh lada bubuk
- kaldu bubuk, secukupnya
- garam, secukupnya
- air panas, secukupnya
- minyak goreng seperlunya 

Bahan isian :
- sosis 
- abon sapi
- bawang goreng

Cara Membuat Bakso Goreng Tanpa Daging Enak :
1. Langkah pertama kita siapkan wadah, masukkan tepung tapioka atau sagu, irisan daun bawang, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk sampai merata benar.
2. Kemudian kita tuangkan kurang lebih 1/2 gelas air panas, aduk-aduk menggunakan spatula kayu sampai tepung tapioka menggumpal seperti lem. Bila adonan terlalu kaku, tambahkan lagi air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk. Diamkan sampai cukup dingin untuk di sentuh.
Kemudian masukkan telur ayam, tepung terigu, bawang merah goreng, dan bawang putih goreng. Aduk dan uleni menggunakan tangan sampai adonan merata.
3. Selanjutnya bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan bakso tusuk, tambahkan isian ke dalamnya sesuai dengan selera kita. Panaskan air dalam panci, tambahkan 2 sendok makan minyak goreng agar bakso tusuknya tidak saling lengket nantinya. Masukkan bakso ke dalam air panas, rebus sampai mengapung dan matang. Angkatlah dan tiriskan. 
4. Berikutnya kita goreng baksonya sampai matang. Angkat dari wajang dan siap untuk disajikan sekarang. Akan bertambah nikmat lagi bila kita sertakan bahan pelengkap seperti saus sambal.

RESEP BAKSO GORENG IKAN TENGGIRI LEZAT

RESEP BAKSO GORENG IKAN TENGGIRI

Bahan yang dibutuhkan :
- 250 gr ikan tenggiri (dapat diganti dengan jenis ikan lain)
- 50 gr tepung terigu
- 1 siung bawang merah, haluskan
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 buah wortel parut (sesuai selera)
- Air bersih secukupnya
- Garam dan penyedap rasa secukupnya, pilihan


Cara membuat resep bakso goreng ikan enak :
1. Pertama kali kita fillet daging ikan tenggiri, haluskan dengan sendok.
2. Masukkan bawang merah & bawang putih halus, garam & penyedap, wortel yang sudah di parut. Kemudian kita aduk hingga rata benar. 
3. Selanjutnya, kita siapkan tepung terigu tambahkan sedikit air. Aduk hingga tepung dan air menyatu sempurna. Lantas kita bentuk adonan ikan berbentuk bulat kemudian lumuri dalam adonan tepung.
4. Kemudian kita langsung goreng dengan api kecil. Mengapa memilih api kecil? Karena untuk menjaga supaya bakso menjadi tidak gosong. Setelah matang diangkat dan siap dihidangkan. Sebelumnya, sertakan pelengkapnya seperti saus dan cuka sehingga tambah nikmat rasanya. Baca juga : Resep Kue Pukis.

Related : ANEKA RESEP KREATIF BAKSO GORENG ENAK SEDERHANA