RESEP KREATIF CILOK GOANG PEDAS SPESIAL

Resep Cilok Goang Pedas Kuahnya Enak Istimewa. Mungkin ada yang baru kenal dengan cilok goang. Kalau nama cilok sendiri sudah tenar sampai di desa-desa terpencil. Cilok goang berasal dari daerah Tasikmalaya. Sebagai ciri khasnya yakni rasa pedas yang levelnya atas. Di samping itu pedasnya menyegarkan. Peminat masakan dan makanan pedas tentunya akan mengarahkan minatnya bila sudah pernah merasakannya.  Untuk bahasa mentereng dan penyebutannya sering disingkat CIGO (kependekan dari Cilok Goang). Akan tetapi ada pula yang menamai cilok kuah sambal pedas. Klo kita lihat, bening kuahnya sangat persis tatkala kita melihat kuah bakso.  Adanya rasa pedas ini disebabkan dari sambal goang. Di kala menyajikan, boleh dicampur langsung atau dipisah dengan kuahnya. Tergantung selera. Mengenai resep membuat cilok pada dasarnya sama dengan cilok umumya seperti yang dari Bandung. Namun ada beberapa perbedaan yang perlu kita ketahui. Maka agar menghasilkan cilok goang yang berasa khas asli enaknya akan lebih baik bila kita mau membuatnya sendiri. Lebih komplit dan mantap, karena variasi dan rasa yang kita sukai akan bisa dengan mudah didapat. Anda bisa ubah sendiri takaran bahan maupun tahap yang ada dalam proses memasaknya nanti. Hanya saja tetap perlu sekali untuk mencoba resep yang sudah ada. Karena hal itu bisa digunakan untuk pembanding dan juga patokan.Tidak kalah rasanya dengan aneka masakan yang terkenal seperti bakso goreng dan opor ayam . Setelah sukses, barulah kita berimajinasi untuk mencoba mengutak atik resep sehingga hasilnya sangat cocok untuk lidah kita begitupun seluruh anggota keluarga tercinta. Kali ini kami akan share mengenai resepnya. Jangan lupa bila sudah bisa mempraktekkan fotolah  hasilnya. Bagikan kepada teman-teman dan orang-orang tercinta. Untuk memberi pilihan banyak tentang kreasinya kami berbagi caranya berikut ini. 

RESEP CILOK GOANG TASIK KESUKAAN KELUARGA

RESEP CILOK GOANG TASIKMALAYA

Bahan yang dibutuhkan :
-  75 gram Tepung terigu
-  250 gram Tepung sagu
-  Air mendidih secukupnya
-  Bubuk penyedap rasa secukupnya
-  1 bungkus kecil Lada halus
-  Minyak goreng untuk menumis secukupnya
-  4 siung Bawang putih
-  10 buah Cabai merah gendot,  bisa ditambah jika suka pedas
-  Bawang goreng sesuai selera
-  Daun seledri yang telah diiris-iris sesuai selera
Cara Membuat Cilok Goang Goreng Mantap :
1. Langkah awal yakni terlebih dulu kita masak air hingga mendidih. Sambil kita  menunggu air mendidih. Di wadah yang lain, campurkanlah tepung terigu, tepung sagu, bubuk penyedap rasa, dan lada halus. Lalu aduk hingga rata benar.
2. Lalu bila air telah mendidih, tuangkanlah sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Dengan menggunakan sendok, aduk-aduk semua adonan hingga tercampur rata.
Lanjutkan menguleni adonan cilok dengan menggunakan tangan jika adonan dirasa tidak terlalu panas lagi. Adonan diuleni hingga kalis dan tidak lengket kembali.
3. Kini kita masak kembali air hingga mendidih untuk mematangkan cilok. Kita ambil sedikit adonan cilok, lalu bulat-bulatkan hingga menyerupai bola-bola kecil. Jika air sudah mendidih, kita dapat langsung memasukkan bola-bola adonan tersebut ke dalam air. Apabila cilok telah matang yang ditandai dengan mengapung, maka segeralah angkat dan tiriskan.
4. Selanjutnya, kita haluskan bawang putih dan cabai merah gendot, lalu tumis dengan menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya. Tambahkan air secukupnya untuk kuah ciloknya. Kita masukkan sedikit gula pasir dan bubuk penyedap rasa hingga rasanya sesuai dengan selera kita.
5. Lanjutkanlah memasak hingga air mendidih dan berkurang. Jika airnya berkurang, lantas kita langsung matikan api. Kini siap untuk menyajikan cilok dengan kuah pedasnya yang mantap dan nikmat. Taburkan bawang goreng dan irisan daun seledri di atasnya. 


RESEP CILOK GOANG GORENG KERING ENAK

RESEP CILOK GOANG GORENG KERING

Bahan yang dibutuhkan :
-  1/2 kg tepung kanji
-  250 gram tepung terigu
-  1 siung bawang putih
-  100 ml air
-  1 bungkus kaldu sapi bubuk
-  merica  seperlunya
-  garam secukupnya
-  1 batang daun bawang , iris iris
Bahan sambal goang kering :
-  1 sdt garam
-  15 buah cabe rawit merah
-  2 siung bawang putih
-  1/2 cm kencur
-  5 sdm minyak goreng
Cara membuat Cilok Goang Kering Sederhana Enak :
1. Langkah pertama kita campur tepung kanji dan tepung terigu pada wadah yang bersih. Aduk rata. Lalu tambahkan irisan daun bawang, aduk lagi. Terus tambahkan kaldu bubuk, merica bubuk dan garam, aduk aduk.
2. Siapkan panci, rebus air sampai mendidih. Masukan air mendidih ke adonan diatas (secukupnya). Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal. Diamkan sejenak sampai dingin. Uleni sampai kalis, lalu bentuklah adonan menjadi bulat kecil kecil.
3. Kemudian kita rebus kembali air dengan panci sampai mendidih, masukan cilok tadi ke rebusan. Masak sampai matang yakni sampai cilok mengapung ke permukaan. Angkat dan tiriskanlah.
4. Kini kita haluskan bahan sambal goang dengan ulekan.
Panaskan 5 sdm minyak goreng. Siramkan minyak goreng panas ke sambal goang yang sudah halus.
5. Siap untuk kita sajikan cilok dan sambal goangnya.
Baca juga : Resep Sate Kambing.

Related : RESEP KREATIF CILOK GOANG PEDAS SPESIAL