ANEKA RESEP KREATIF KUE KERING KASTENGEL RENYAH

Resep kue kering kastengel renyah garing tabur keju enak sederhana. Lebaran tahun 2018 atau 1439 Hijriyah tinggal beberapa waktu lagi. Tak lama lagi hari berbahagia dan istimewa itu tiba menjumpai kita. Kue kering terfavorit ini akan menghiasi meja tamu sebagai sajian spesial. Bentuk membahagiakan para tamu yang datang ke rumah kita antara lain dengan menyajikan makanan kue kering istimewa. Kue tersebut memiliki bentuk persegi panjang. Panjangnya sekitar 3,5 cm dan lebarnya 1 cm. Ketebalannya kurang lebih 1/2 cm. Warnanya ketika kuning keemasan. Bisa kita dapatkan di toko bakery, toko roti, toko kue, toko swalayan, dan tempat lainnya. Bahan dasar dari kue kastangels yakni tepung terigu, maizena, dan keju. Di samping bahan lainnya tentu. Cita rasa keju sangat kuat pada kue yang satu ini. Bahkan mungkin kalo diperingkat, inilah rangking ke satu kue yang berasa amat kejunya. Dibanding kita membeli langsung, menurut saya akan lebih baik kita membuatnya sendiri. Bagaimana klo kita masih amatiran dalam memasak? Tidak masalah. Justru inilah moment yang pas untuk kita belajar membuat kue. Dengan membuat sendiri, akan banyak manfaatnya. Pertama, kita akan memiliki pengalaman berharga. Kedua, kita akan bisa mengatur sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan. Tetap mengacu pada resep, akan tetapi kecenderungan bisa kita munculkan. Ketiga, suatu saat kita tidak mustahil akan menciptakan kreasi tersendiri dari kastengels. keempat, dengan sentuhan jiwa bisnis maka kita bisa memunculkan peluang usaha baru bagi keluarga. Permintaan kue kering ini menjelang hari raya Lebaran dan lainnya meningkat tajam. Kita ambil contohnya saja misalnya kue nastar dan kue kering coklat. Cara penyajiannya dengan memasukan kue tersebut di toples atau jenis wadah yang lainnya, asalkan kedap udara. Hal itu untuk menjaga agar tahan lama dan rasa khas tidak berubah. Menurut situs ensiklopedia wikipedia, asal mula kue ini dari negara Eropa yang memiliki julukan kincir angin. Bisa ditebak itulah negera Belanda. Dari asal katanya, berasal dari kata "kaas" dan "stengles". Yang artinya, kalau kaas itu berarti keju dan stengels berarti batangan. Kalau digabung menjadi batangan keju. Di tempat asalnya, panjang kue ini hingga 300 milimeter. Oleh orang Indonesia, penyebutan kue ini menjadi kastengels. Konon, perkenalan masyarakat nusantara dengan kue enak ini sejak zaman kolonial. Para wanita dari negara tersebut membawa kue dan memperkenalkannya. Di dalam negeri, akhirnya kue kastengels diubah sebagaimana ukuran yang kita temui sekarang ini. Penyebabnya karena ukuran mesin oven yang ada di dalam negeri tak terlalu besar. Nah, di sini kami akan bagikan beberapa kreasi resepnya. 


RESEP KUE KERING KASTENGEL RENYAH DAN GARING

RESEP KUE KERING KASTENGEL RENYAH GARING

Bahan kue kering kastengel  :
-  100 gr keju Parut
-  2 butir kuning telur
-  200 gr terigu
-  50 gr tepung maizena
-  secukupnya margarin
Bahan olesan :
-  1 kuning telur
-  seperlunya keju parut

Cara Membuat kue kering kastengel keju yang enak, renyah dan empuk :
1. Pertama kocok margarine perlahan- lahan kemudian masukkan kuning telur sambil terus dikocok sampai kedua bahan ini tercampur rata.
2. Masukkan keju parut, maizena dan tepung terigu kemudian aduk hingga adonan berbulir. Setelah semua sudah tercampur rata, cetak adonan sesuai dengan selera Anda. Letakkan adonan yang sudah dicetak ke dalam loyang. Lantas panggang adonan tersebut dengan suhu 180 derajat Celcius dalam oven selama kurang lebih 20 menit.
3. Kini kita keluarkan kue dari oven. Lantas olesi kastengel dengan kuning telur dan taburi dengan keju parut secukupnya. Masukkan kembali kue yang telah ditaburi keju parut ke dalam oven dan panggang selama 1/4 jam.
4. Selanjutnya, kita keluarkan kue dari oven, angkat dan didinginkanlah. Siap untuk dihidangkan sekarang.

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU KRAFT PRAKTIS

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU KRAFT


Bahan-bahannya :
-  300 gr margarin (bisa dengan campurkan 200 gram margarin dan 100 gram mentega)
-  2 butir kuning telur suhu ruang
-  100 gr tepung maizena
-  1 butir telur suhu ruang
-  300 gr keju cheddar parut , gunakan keju yang berteksture keras dan aroma yang kuat, sisihkan sekitar 4 sendok makan untuk hiasan atau topping kue kering kastengel (boleh pakai cheddar kraft ).
-  350-400 gr tepung terigu serbaguna atau protein sedang , boleh ditambahkan tepung terigu jika adonan masih terasa berminyak dan lembek
-  2 sendok teh vanilla extract  (optional, bila suka)
-  2 sendok makan susu bubuk full cream  (optional, jika suka)

Bahan Olesan :
-  1 butir kuning telur, untuk mengoles
-  1 sendok teh minyak goreng
-  1 sendok teh air
Cara Membuat Kastengal Keju Cheddar Kraft Enak :
1. Kita siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi dasar loyang dengan kertas baking. Sisihkan. Panaskan oven, lalu set di suhu 165 derajat celcius. Lalu parut keju memanjang, jangan lupa sisihkan 4 sendok makan keju untuk taburan. Sisanya untuk adonan, sisihkanlah.
2. Kemudian ayaklah jadi satu tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan.
Setelah itu siapkan mangkuk mixer, lalu masukkan margarine dan mentega, kocok dengan speed rendah sampai adonan tercampur dengan baik menjadi adonan yang halus, lembut dan berwarna pucat. Masukkan kuning telur dan telur satu per satu sambil terus di mixer/ kocok. Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang dan kocok sampai adonan menjadi berwarna agak putih, mengembang dan lembut. Kurang lebih selama 10 menit.
3. Lalu turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, lalu masukkan parutan keju, kocok sampai tercampur rata lalu matikan miksernya. Lepaskan alat pengocok, campurkan tepung dengan menggunakan spatula. Selanjutnya , masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur dengan baik. Jangan berlebihan mengaduknya, karena akan membuat kue menjadi keras dan bantat. Bila adonan telah tercampur dengan baik, hentikan mengaduknya. Letakkan selembar kertas baking di meja datar. Kemudian ambil sebagian adonan, letakkan di atas kertas baking, lipat kertas sampai sebagian menutupi permukaan adonan, lalu tekan dengan telapak tangan agar agak pipih lalu gilas dengan kayu penggilas sampai ketebalan 1 cm.
4. Berikutnya potong-potonglah memanjang dengan lebar 1 cm, paling mudah memotongnya dengan scrapper adonan yang tipis. Kemudian potong masing-masing adonan sepanjang 4 cm. Tata masing-masing potongan adonan ke loyang yang telah disiapkan tadi. Tidak perlu memberi jarak yang terlalu berjauhan antar adonan kue, olesi permukaanya dengan kuning telur kocok dan taburi dengan keju parut.
5. Yang paling akhir panggang kue kurang lebih selama 20 menit atau sampai permukaannya menjadi kuning keemasan dan bagian dasarnya terlihat agak kecoklatan. Makin lama dipanggang kue akan semakin kering dan renyah. Keluarkan dari oven lalu dinginkan di rak kawat, lalu simpan di dalam wadah atau toples yang kedap udara. Siap untuk disajikan sekarang.

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU EDAM ENAK

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU EDAM


Bahan yang dibutuhkan :
-  800 gr  tepung terigu protein sedang
-  200 gr keju edam, parut
-  500 gr  margarin atau mentega
-  1 sdt  garam
-  60 gr  keju chedar yang sudah diserut untuk taburan
-  100 gr roombutter
-  2 sachet  kaldu bubuk
-  5 butir  telur ayam, ambil kuningnya
-  1 sdt  baking soda (soda kue)
-  2 butir  telur bebek, ambil kuningnya untuk olesan ( caranya dengan mencampurkan dengan minyak sayur 3 tetes saja)
Cara Membuat Kue Kastengel Keju Edam Spesial :
1. Langkah pertama kita kocok mentega, garam, roombutter dan kaldu bubuk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga merata. Masukkan kuning telur ayam satu persatu dan tingkatkan kecepatan hingga adonan mengembang.
2. Lalu kita siapkan wadah kembali, masukkan tepung terigu dan baking soda lalu ayak, terus kita masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan pertama tadi. Aduk bisa menggunakan spatula hingga rata dan kalis, lalu masukkan keju edam, aduk hingga adonan benar-benar rata, tapi jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak keras.
3. Kemudian kita giling dan cetak adonan berbentuk persegi panjang atau sesuai selera, kemudian tata di atas loyang yang sebelumnya diolesi sedikit margarin dan taburi tipis dengan tepung terigu.
4. Terakhir, olesilah dengan kuning telur bebek dan taburi dengan parutan keju chedar sebagi toppingnya, kemudian oven atau panggang dalam oven bersuhu 180°Celcius , lamanya kira-kira 25 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven, lalu masukkan kue kastengel ke dalam wadah yang rapat.

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU PARMESAN ENAK

RESEP KUE KERING KASTENGEL KEJU PARMESAN


Bahan yang dibutuhkan :
-  250 gr tepung terigu protein sedang
-  250 gr keju parmesan
-  3 butir telur ayam
-  100 gr margarin
-  100 gr mentega butter
-  1/4 sdt garam
-  1 kuning telur ayam, bahan olesan
-  100 gr keju permesan yang diparut, untuk taburan

Cara membuat kue kastengel keju parmesan enak :
1. Yang pertama kali, sediakan wadah, lalu masukan mentega butter, margarin, serta garam. Kocoklah adonan mentega dengan mixer selama sekitar 2 menit saja. Masukkan telur ke adonan. Kocoklah sampai merata.
2. Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam adonan sembari kita ayak ke dalam wadah, aduk-aduklah hingga tercampur rata. Masukkan parutan keju ke adonan dan aduklah sampai merata.  Lantas, pulung adonan kue dengan bentuk kotak panjang. Lantas kita potong-potong dengan ukuran antara 3 hingga 4 sentimeter. Boleh juga dibuat ukuran sesuai selera.
3. Kemudian, pangganglah adonan kue di oven dalam panas suhu sekitar 130 derajat Celcius selama 15 menit atau kuenya sampai matang. Angkat kue dari oven dan kita olesi dengan kuning telur. Lalu taburi di atasnya dengan keju yang telah diparut. Kini masukkan lagi kastengel ke dalam oven. Tunggu hingga matang benar.
4. Bila sudah matang, angkatlah dan tiriskan. Tunggulah sampai dingin, lantas masukkan dalam wadah yang kedap udara.


RESEP KASTENGEL TEFLON TANPA OVEN

RESEP KUE KERING KASTENGEL TEFLON TANPA OVEN


Bahan yang dibutuhkan :
-  10 sdm tepung terigu
-  2 sdm susu bubuk
-  2 sdm gula
-  4 sdm meizena
-  5 sdm mentega
-  80 gr keju,  sisakan sedikit untuk taburan
-  1 sdm butter
Cara Membuat Kue Kering Kastengel Teflon Tanpa Oven :
1. Pertama kali, kita campur butter, gula halus kocok sebentar lalu masukkan tepung terigu susu dan meizena aduk sampai tercampur rata.
2. Kemudian adonan simpan sebentar di dalam kulkas, kira-kira 5 menit. Lalu ambilah  adonan, gilaslah lalu cetak oles pakai telor lalu taburi keju.
3. Kemudian oven dengan memakai teflon hingga matang benar.
Baca juga : Resep Rendang Sapi.

Related : ANEKA RESEP KREATIF KUE KERING KASTENGEL RENYAH