RESEP KREATIF ES MANGGA KURMA ENAK

RESEP KREATIF ES MANGGA KURMA SEGAR

Berbuka puasa merupakan kenikmatan yang tiada tara bagi orang yang beribadah puasa. Sebentar lagi kita masuk ke sebuah bulan yang penuh barokah yakni bulan Ramadhan. Semua umat Muslim melaksanakan ibadah puasa. Diawali dari subuh hingga maghrib tidak makan dan minum apa pun. Maka sangat disunahkan untuk makan saat sahur meski nafsu makan agak kurang semangat. Demikian pula tatkala berbuka, agar segera menyegarakan makan atau minum yang manis-manis. Akan lebih baik tatkala kita memakan buah kurma, karena buah inilah kandungan gulanya yang paling bagus untuk orang yang berbuka. Apabila tak menemukan bisa diganti dengan buah yang manis lainnya. Minuman yang menjadi primadona di bulan puasa, khususnya saat waktu berbuka puasa yakni es buah. Nah, kali ini kita akan membuat es dengan bahan utama buah kurma, mangga dan pisang. Dikombinasikan pula dengan bahan lainnya yang tentu akan menambah nikmat sajiannya. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Ya, sambil menunggu datangnya waktu magrib akan sangat pas kita manfaatkan untuk membuatnya. Bahan dan caranya begitu simpel. Buah mangga sendiri memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :
1. Mencegah sakit jantung.
Kalium serta vitamin dalam buah tersebut bermanfaat dalam menangkal munculnya sakit jantung.
2. Mencegah penyakit kanker.
Senyawa anti oksidan di dalamnya melindungi beberapa organ tubuh dari serangan penyakit kanker.
3. Membantu proses pencernaan.
Mangga mengandung enzim yang mampu menghancurkan protein dan lemak di makanan. Demikian kandungan seratnya akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh.
4. Menjaga kadar kolestrol dalam tubuh.
Vitamin C dalam buah ini akan sangat berperan menjaga kadar kolestrol.
5. Manjaga kesehatan mata.
Kandungan vitamain A dalam mangga tersebut akan sangat bagus untuk menjaga mata agar tetap sehat.
6. Membantu melembabkan rambut.
7. Membantu menyembuhkan jerawat, dan banyak manfaat lainnya.

Bahan bahan yang dibutuhkan  :
-  250 gram mangga , potong potong berbentuk kotak kotak ukuran sesuai selera (agar buahnya lebih keras), kalau ada kita pilih mangga gadung (karena buahnya lebih keras)
-  1 buah pisang, potong dadu ukuran kecil ( pilih pisang jenis kepok )
-  3 sdm susu kental manis
-  5 biji kurma kering, cincang kasar
-  100 gram nata de coco
-  1 sdm selasih
-  300 ml air es
-  3 sdm santan kental yang sudah masak
-  2 sdm sirup leci
-  es batu secukupnya
Cara Membuat Es Buah Mangga Kurma untuk Berbuka Puasa :
1. Pertama kali kita campur sirup leci, susu kental manis dan air es jadi satu pada sebuah mangkuk atau gelas khusus yang berukuran cukup besa. Akan lebih baik bila kita menggunakan blender.
2.  Langkah berikutnya, kita tata di dua buah mangkuk, kemudian masukkan buah mangga, kurma kering, nata de coco, dan buah pisang.
3. Masukkan pula es batu, santan dan selasih. Selesailah kita membuatnya dan sudah siap untuk dinikmati. Bagikan resep ini kepada teman-teman yang lainnya.

Related : RESEP KREATIF ES MANGGA KURMA ENAK