RESEP KREATIF KUE BAWANG GURIH RENYAH KHAS LEBARAN

Resep kue bawang gurih renyah gurih pedas enak khas lebaran. Memang pada hari raya idul fitri tahun 1442 Hijriyah atau 2021 ini bunda sudah menyiapkan sajian khusus belum ya? Alhamdulillah, bila sudah. Berbahagia sekali tatkala kita melihat persiapan sajian yang telah lengkap. Segala yang diperlukan untuk kegiatan di hari spesial itu memang perlu jauh-jauh hari direncanakan supaya tak ada yang kelewatan nantinya. Biasanya menu di meja tamu kita ialah mayoritas berjenis kue basah misalnya bolu, kue kering misal nastar, daging seperti opor ayam, nasi, dan minuman, serta sajian yang lainnya. Nah, kue kering bawang menjadi satu referensi kita. Bentuknya pada umumnya tipis dan memanjang. Hampir menyerupai korek api.Terkadang sering dinamakan kue stik. 

Mengenai penamaannya, karena dalam pengolahan dan memasaknya menggunakan bawang goreng. Ciri khasnya adalah renyahnya yang mantap. Banyak orang yang menjual secara kemasan ketengan di warung-warung dan toko-toko. Untuk membuatnya tidaklah sulit, lho. Tinggal kita sediakan semua bahan yang dibutuhkan. Pilih semua bahan yang berkualitas bagus. Bila kita memiliki jiwa wirausaha, akan sangat baik bila kita membuatnya secara banyak jumlahnya. Sehingga menghasilkan keuntungan yang lumayan. Apa lagi kalau ordernya membludak. Wah, mantap deh. Kita langsung baca beberapa varian atau jenis resepnya kue bawang berikut ini.


RESEP KRIUK KUE BAWANG GURIH

RESEP KUE BAWANG GURIH

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  250 gr tepung terigu
-  70 gr tepung tapioka
-  2 butir telur
-  Minyak untuk menggoreng
-  75 ml santan kental
Bumbu Halus :
-  1 batang daun seledri, cincang
-  1 sdm garam
-  4 siung bawang putih
-  2 siung bawang merah

Cara Membuat Kue Bawang Enak :
1. Langkah pertama kita campur 50 gr tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan santan. Aduk dan uleni hingga tercampur rata dan kalis. Kemudian Masukkan daun seledri cincang.
2. Kemudian kita siapkan alat penggiling pasta, giling adonan 4 kali hingga menjadi lembaran setebal 2 mm. Bentangkan di atas talenan, lalu bentuk sesuai selera. Bisa juga dibuat menjadi seperti batang korek api dengan cetakan pasta. Taburi dengan tepung terigu sisinya agar tidak saling lengket.
3. Panaskanlah minyak di wajan, goreng adonan hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskanlah. Bila sudah dingin, simpan dalam stoples kedap udara. Kue bawang kini siap disajikan.


RESEP KUE BAWANG STICK KEJU ENAK

RESEP KUE BAWANG STICK KEJU

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  150 gr Tepung Terigu yang berprotein sedang
-  50 gr Tepung Sagu
-  75 gr Keju Cheddar, kemudian anda parut
-  1 butir Telur Ayam
-  ½ sendok teh Garam
-  ½ sendok teh Baking Powder
-  ½ sendok teh Kaldu Ayam Bubuk
-  2 sendok teh Bawang Putih Bubuk
-  2 sendok makan Air Es
-  Minyak untuk menggoreng
-  1 sendok teh Daun Seledri yang sudah dicincang
Cara membuat kue bawang keju yang enak dan renyah :
1. Langkah yang pertama, kita campurkan tepung terigu, kaldu ayam bubuk, tepung sagu, bawang putih bubuk, baking powder, garam, telur, parutan keju cheddar dan juga air es. Aduk-adukkanlah hingga adonannya menggumpal.
2. Lalu gilinglah adonannya hingga tipis, kemudian anda potong bentuk jajaran genjang bergerigi. Gorenglah dalam keadaan minyak panas.
Angkat dan lalu sajikan. Simpan di wadah tertutup biar tahan lama.


RESEP KUE BAWANG KENTANG MANTAP

RESEP KUE BAWANG KENTANG MANTAP

Bahan-bahan pentingnya :
-  500 gr tepung terigu
-  250 gr kentang
-  Secukupnya air hangat
-  4 sendok makan tepung kanji
-  2 sendok makan mentega
-  8 buah bawang putih (haluskan)
-  secukupnya garam & royco (optional)
-  kanji untuk taburan
Cara Membuat Kue Bawang Kentang Renyah :
1. Langkah yang pertama kita kupas dan cuci bersih kentang, lalu potong-potong kemudian kukus hingga lembut, dan haluskanlah.
2. Selanjutnya, larutkan garam dan royco secukupnya, masukan semua bahan dalam 1 wadah, aduk rata dan beri air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan pas, (sebaiknya tidak terlalu banyak, agar tidak kelembekan), lalu koreksi rasa, kemudian ulen hingga adonan 1/2 kalis dan siap di giling.
3. Kemudian kita ambil adonan secukupnya, lalu giling dengan pasta maker no.4 / botol, sisihkan. Lalu potong kembali dan di giling lagi dengan no.5, dan lakukan hingga adonan habis.
4. Lantas cetaklah kue bawang kentang pada bagian stik di pasta maker. Jangan lupa, taburi piring plastik dengan kanji ya. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang.
5. Kemudian sedikit demi sedikit stik bawang ke dalam minyak lalu siram-siram dan jangan terlalu banyak saat menggoreng supaya tidak terlalu keriting dan kue bawang akan terlihat menarik. Lalu masaklah hingga terlihat kering tapi tidak sampai berwarna coklat. Kemudian kita  angkat dan tiriskan. Lalu taruh pada wadah lebar beralaskan kertas hingga dingin sehingga minyak akan meresap ke kertas. Sesudah itu simpan di dalam toples rapat supaya tahan lama.


RESEP KUE BAWANG SEDERHANA

RESEP KUE BAWANG SEDERHANA ENAK

Bahan-bahan resep kue bawang:
-  250 gr tepung terigu protein sedang
-  50 gr tepung tapioka
-  2 butir telur
-  Minyak untuk menggoreng
-  75 ml santan kental
-  50 gr tepung, untuk taburan

Bumbu halus kue bawang:
-  4 siung bawang putih
-  2 sdm daun seledri dicincang halus
-  1 sdm garam
-  2 butir bawang merah

Cara membuat kue bawang:
1.Pertama kita campur tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan santan. Aduk dan uleni hingga tercampur rata dan kalis.
2. Lalu masukkan daun seledri cincang. Siapkan alat penggiling pasta, giling adonan 3 kali hingga menjadi lembaran setebal 2 mm.
3. Kini bentangkan di atas talenan, lalu bentuk sesuai selera. Bisa juga dibuat menjadi seperti batang korek api dengan cetakan pasta. Taburi dengan tepung terigu agar tidak saling lengket. Lalu panaskanlah minyak wajan, goreng adonan hingga kuning kecoklatan. Angkatlah, tiriskan.
4. Setelah dingin, simpan dalam stoples kedap udara sehingga bisa tahan lama.

RESEP KUE BAWANG PEDAS ENAK

RESEP KUE BAWANG PEDAS

Bahan-bahan yang kita butuhkan :
- 1 kg tepung terigu
- 1/2 kg tepung sagu
-  10 gr Baking Powder
-  2 Butir Telur
- 1 gelas Air santan
- 1 sendok makan Margarin
- Cabai bubuk secukupnya
- 1 sendok teh Lada
- Bawang merah yang sudah diiris atau dihaluskan secukupnya
- Daun bawang secukupnya
- Seledri secukupnya
- 1 sendok teh Garam
- 2 sendok teh Penyedap Rasa
- Air putih secukupnya
- Minyak goreng
- 1 sendok teh Permifan

Cara membuat kue bawang pedas renyah :
1. Langkah pertama kita mMasukkan tepung terigu, tepung sagu dan baking powder ke dalam wadah yang berukuran besar. Penggunaan wadah yang besar ukurannya akan lebih aman digunakan untuk membuat adonan.
2. Kemudian kita campurkan bahan-bahan seperti : telur, lada, irisan seledri, margarine, irisan bawang, irisan daun bawang, permifan, garam, dan cabai bubuk dengan tepung terigu yang sudah siap teraduk di dalam wadah. Jika semua bahan sudah terkumpul dalam satu wadah, maka saatnya untuk mengaduknya hingga tercampur rata dengan memasukkan air santan dan air putih sedikit demi sedikit dan tidak membiarkan adonan terlalu lembek.
3. Lalu tipiskanlah adonan dengan ampia dan bila adonan terlihat masih lengket, kita dapat menaburkan tepung pada permukaan adonan. Adonan untuk resep kue bawang renyah pedas siap dibentuk sesuai keinginan. Lantas kita goreng adonan tersebut ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan jika telah matang, kita dapat mengangkat dan meniriskannya. Kue bawang pedas siap dihidangkan. Sehingga inti dari rasa pedas itu dari penambahan cabai bubuk.



RESEP KUE BAWANG UBI UNGU RENYAH

RESEP KUE BAWANG UBI UNGU RENYAH

Bahan yang diperlukan :
-  100 gr tepung kanji.
-  100 gr margarin atau bisa juga 125 gram.
-  12 hingga 15 siung bawang putih (ukuran bawang kecil)
-  Garam secukupnya
-  2 butir telur
-  2 gelas Air
-  500 gr terigu.
-  500 gr ubi ungu, kukus dan haluskanlah

Cara membuat kue bawang ubi ungu enak :
1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat kue bawang ubi ungu. Ambilah ubi ungu, kupas ubi dan potong-potong, kemudian kukus ubi hingga empuk. Bila ubi sudah empuk maka haluskan ubi.
2. Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih dan garam bersamaan. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung kanji dan margarin, lalu aduh-aduk hingga rata. Tambahkan pula bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian aduk lagi hingga merata. Jika sudah merata, sedikit demi sedikit tambahkan air sambil diaduk-aduk hingga adonan siap diuleni.
3. Kemudian kita uleni adonan hingga kalis. Ambilah sedikit saja adonan untuk mencoba apa rasanya sudah pas, jika belum bisa ditambahkan garam lalu kemudian uleni lagi. Lantas bagi-bagi adonan menjadi beberapa bagian agar mudah digiling nantinya. Lalu giling dengan menggunakan botol atau rolling pin, jika masih belum pipih juga giling di alat giling unttuk mie hingga mendapatkan lembaran yang tipis dari adonan.
4. Apabila sudah potong-potong dengan ukuran yang kalian kehendaki sampai adonan habis. Siapkanlah wajan dan minyak yang agak banyak, sambil dipanaskan diatas api yang sedang. Tatkala minyak terlihat sudah panas masukan adonan yang telah dicetak tadi. Usahakan adonan berpencar satu sama lain agar tidak menggumpal nantinya, sambil diaduk-aduk perlahan. Bila warna adonan kue bawang yang digoreng sudah terlihat lebih tua dari warna sebelumnya maka kue bawang sudah siap diangkat dan tiriskan.
5. Bila sudah dingin kue bawang siap disimpan di tempat yang rapat, agar kerenyahannya dan rasa enaknya terjaga benar. Selamat mencoba.
Baca juga : Resep Kue Cubit

Related : RESEP KREATIF KUE BAWANG GURIH RENYAH KHAS LEBARAN