ANEKA RESEP KUE KERING BIJI KETAPANG SPESIAL ENAK

Resep kue biji ketapang enak renyah ini asalnya dari Betawi yang kini daerah tersebut bernama Jakarta. Pada umumnya kita akan banyak menjumpainya tatkala ada moment khusus, seperti hari raya lebaran atau idul fitri. Tidak kalah rasanya dengan kue nastar dan kastengel. Di acara-acara yang banyak mengundang orang pun sering tersaji. Semisal ada acara hajatan walimahan, arisan, rapat, pengajian, atau yang lainnya. Karena memang kue ini banyak digemari. Di rumah, tatkala sedang santai atau ngobro bersama keluarga, cocok sekali kita sembari menikmatinya. Bentuk dari kue ini agak mirip dengan kue bawang, hanya saja rasanya tidak ada aroma bawang sama sekali. Mengapa disebut kue biji ketapang? Sebab bentuknya memang seperti biji ketapang yaitu lonjong dengan bentuk lancip pada kedua ujungnya. Mengenai ketapang atau katapang sendiri nama latinnya Terminalia catappa yakni suatu nama jenis pohon yang hidupnya di tepi pantai dan pohonnya rindang. Namun, ketapang sering dijadikan ponon peneduh di tepi jalan atau ditanam di taman-taman. Dalam bahasa Inggris, ketapang memiliki nama Bengal almond, Indian almond, Talisay tree, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond,dan Umbrella tree. Cara membuatnya tidaklah sulit, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun tidaklah sulit diperoleh. Kita pun tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam proses membuatnya. Ada beberapa kreatifitas pembuatan kue biji ketapang ini sehingga muncullah nama-nama resepnya. Semuanya patut kita coba.

RESEP KUE BIJI KETAPANG KLASIK SEDERHANA

RESEP KUE BIJI KETAPANG KLASIK SEDERHANA


Bahan yang dibutuhkan :
-  400 gram tepung terigu
-  150 gram kelapa dengan kondisi setengah tua, dibersihka dan diparut
-  100 gram margarin
-  1 butir telur, kocok rata
-  150 gram gula pasir
-  1 sendok teh garam
-  Minyak goreng secukupnya
-  1 sachet vanili

Cara Membuat Kue Biji Ketapang Praktis :
1. Pertama, kita campurkan bahan-bahan berikut ini: telur, gula pasir, garam, vanili dan aduk hingga bahan sedikit agak larut.
2. Kemudian siapkan wadah lain yang cukup besar, campurkan tepung dan kelapa parut, aduk hingga benar-benar rata. Terus masukan margarin pada adonan, aduk kembali, lalu uleni dan pastikan bahwa adonan benar-benar tak menempel di tangan. Lalu bentuk adonan hingga berbentuk pensil panjang, lalu dipotong menyerong.
3. Kini siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng. Masukan adonan ke dalam minyak goreng, goreng dalam api sedang hingga adonan berubah warna menjadi kuning keemasan.
4. Bila warnanya sudah berubah, angkat kue dan tiriskan. Maka kue biji Ketapang sudah siap disajikan untuk keluarga atau orang-orang tercinta. Biar bisa tahan lama, masukkan ke dalam wadah tertutup.


RESEP KUE BIJI KETAPANG TANPA SANTAN

RESEP KUE BIJI KETAPANG TANPA SANTAN KELAPA


Bahan Kue Biji Ketapang:
-  600 gram tepung terigu
-  2 butir telur 
-  200 gram mentega 
-  200 gram gula halus 
-  4 sendok makan susu bubuk yang dilarutkan dalam 50 ml air
Baca juga artikel menarik : kumpulan resep gurame enak.

Cara Membuat Biji Ketapang Enak Tanpa Santan:
1. Ayaklah terigu agar tekstur lebih halus. Panaskan mentega sebentar saja sampai larut lalu dinginkan. Kocok telur dan gula dengan pengocok telur/ garpu lalu tambahkan mentega cair.
2. Lalu masukkan tepung terigu dan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan jadi (bisa dibentuk dan tidak lengket). Ambil papan lalu taburi sedikit tepung, taruh sebagian adonan di atasnya. Gunakan telapak tangan lalu giling sampai memanjang mirip pensil. Setelah itu sedikit pipihkan lalu gunting agak menyerong, lakukan terus sampai adonan habis.
3. Berikutnya, siapkan minyak yang banyak lalu panaskan. Goreng biji ketapang sampai berubah warna kuning keemasan. Jangan lama-lama saat mengoreng, terlalu lama bisa bikin kue keras lho. Jadikan proses goreng pertama sebagai percobaan mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Lalu angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam toples agar lebih awet atu tahan lama. 


RESEP KUE BIJI KETAPANG KEJU

RESEP KUE BIJI KETAPANG KEJU MANTAP


Bahan-bahan yang diperlukan :
-  1 sdm gula
-  1 butir telur
-  100 gram mentega cair
-  2 sdm susu bubuk (larutkan dengan air secukupnya)
-  300 gram terigu
-  100 gram keju parut (masukkan ke kulkas supaya agak keras, sehingga hasilnya bisa terasa kres-kres gitu)

Cara Membuat Biji Ketapang Keju Renyah :
1. Pertama, kita campur mentega cair, gula, garam dan telur. Terus aduk-aduklah sampai rata. Masukkan keju, dan susu, lalu aduklah.
2. Yang terakhir, tambahkan terigu sedikit. Aduk dengan spatula apabila adonan sudah tidak lengket dan bisa dipulung.
3. Lalu gulung-gulung adonan kira-kira seperti pensil (boleh lebih besar dari itu). Kemudian potong-potong secara serong menggunakan gunting.
4. Terakhir, kita goreng di minyak yang banyak. Angkat jika sudah kecoklatan warnanya. Lalu tiriskan. Simpan dalam wadah tertutup supaya tahan lama.


RESEP KUE BIJI KETAPANG ASIN WIJEN

RESEP KUE BIJI KETAPANG ASIN WIJEN ENAK


Bahan yang diperlukan : 
-  250 gram tepung terigu
-  Sedikit baking powder
-  1 butir  telur
-  1 bungkus  vanili
-  Santan instant, akan lebih bagus bila santan dari parutan kelapa langsung
-  5 sdm gula pasir
-  seperlunya margarin atau blue band
-  wijen secukupnya
-  garam secukupnya
Baca juga artikel menarik : resep tumis labu siam lezat.

Cara atau Langkah Membuat Biji Ketapang Asin Wijen :
1, Pertama kita panaskan santan dan gula pasir diaduk hingga merata masak memakai api kecil saja.
2. Beri vanili bubuk dan blue band. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. matikan dan sisihkan.
3. Kini siapkan wadah bersih lalu masukkan tepung terigu, masukkan telur, baking powder, wijen, garam dan blue band sedikit. Terus ambil gula pasir, santan, blue band dan vanili yang sudah dilelehkan tadi, lalu tuang ke dalam tepung, aduklah sampai adonan jadi kalis dan tidak lengket.
4. Kemudian adonan dibentuk bulat memanjang kemudian gunting serong kecil kecil. Sebelum digoreng, tambahkan tepung terigu sedikit agar tidak menjadi lengket .
5. Kita goreng dengan minyak banyak dan api sedang, lalu tiriskan. Bila sudah dingin, masukkan ke dalam toples atau wadah tertutup sehingga bertahan lama.
Baca juga : resep kue pukis enak.

Related : ANEKA RESEP KUE KERING BIJI KETAPANG SPESIAL ENAK