RESEP KREATIF MASAKAN BERBUKA PUASA PRAKTIS

RESEP KREATIF MASAKAN BERBUKA PUASA

Menjelang bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah bertepatan ada bulan Mei 2018, kita meski sudah menyiapkan segala sesuatunya sejak saat ini. Apabila masih punya hutang puasa, maka sebaiknya segera untuk menyahurnya. Kala kita sudah di bulan Puasa, sangat penting untuk mulai dari sekarang memperhatikan menu sahur maupun berbuka puasa.  Satu bulan itu meski asupan nutrisi dalam menu kita sangat mencukupi. Sebab kita perlu energi selama seharian beraktivitas. Memperbanyak minuman air putih amat bagus sekali. Sedari waktu maghrib tatkala berbuka hingga waktu sahur sebaiknya minum air putih. Dianjurkan minumnya hingga 1 liter. Apalagi bila kondisi cuaca yang panas. Tentu tubuh akan memerlukan cairan yang lebih banyak lagi sebagai pengganti keringat yang keluar. Meskipun tidak masalah juga bila menikmati minuman teh manis, susu, dan yang lainnya. Makan buah-buahan yang manis begitu penting sekali. Terutama  kalau ada buah kurma. Namun, bila tak memperolehnya, bisa diganti dengan pisang, pepaya, semangka, melon, apel, dan lain-lain. Buah-buahan yang  manis sangat bagus dikonsumsi tatkala kita berbuka puasa di waktu maghrib. Menu-menu makan tatkala berbuka puasa hendaknya juga mengandung nilai nutrisi yang cukup. 

Sayuran sebagai bahan utamanya dalam kita memasak. Rasanya enak dan pas untuk dijadikan lauk tatkala kita makan berbuka puasa.

Buah yang dikombinasikan dengan es memang sangat bagus untuk disantap saat berbuka. Manis dan segarnya menyatu sehingga sayang kalau kita tinggalkan menu ini.

3. Kolak Pisang
Ini merupakan menu berbuka turun temurun. Pasalnya, dari saat saya masih anak-anak hingga dewasa, selalu ada aja sajian yang nikmat ini di bulan Ramadhan. Gak ada istilah bosan menyantapnya.

Masakan daging ayam ini populer sekali. Lauk pauk di saat berbuka puasa memerlukan gizi yang cukup serta rasa menggoda. Lidah akan selalu ingin dan ingin tatkala meja makan sudah terhidang dengan masakan istimewa itu.

Lagi viral sekali di jagad kuliner. Minuman dingin dari negeri jiran itu menjadi bahan perbincangan masyarakat. Segar dan menarik dipandang mungkin salah satu alasannya. Sehingga bila dijadikan menu takjil pun akan menjadi kejutan ramadhan bagi semua.

Labu ternyata memiliki kaya manfaat. Bagi kita yang sedang menjalankan ibadah puasa. Rasanya pas banget untuk mengkonsumsinya saat makan berbuka puasa. 

7. Sayur Lodeh
Menu sayuran ini menjadi pilihan nomor wahid para bunda. Sering kita dengar dan nikmati. Cocok sekali untuk kita jadikan menu utama berbuka puasa. Sebagai temannya makan nasi putih hangat.

8. Tumis Brokoli Bakso Sapi
Masakan ini merupakan campuran bahan bakso sapi dan sayur brokoli. Kombinasi lengkap protein hewani dan nabati. Pas untuk menjadi sumber nutrisi di hari-hari kita berpuasa.

9. Udang Kuah Asam Manis
Jenis seafood menjadi referensi utama kita memasak. Protein tinggi pada udang patut kita perhitungkan guna menyusun menu ramadhan. Keluarga tercinta tentunya juga menyukainya.

Kue basah berupa bolu coklat enak sekali untuk dimakan saat berbuka. Anak-anak yang sedang berlatih berpuasa pun sangat suka dan semangat bila berbuka dengannya tentu.

Kudapan puding dengan kombinasi kurma agaknya cocok sekali untuk berbuka puasa. Kita tahu kurma merupakan satu buah yang paling disarankan untuk berbuka. Kandungan nutrisi paling pas daripada buah yang lainnya. 

Gambas sebagai sayuran yang amat familier. Ngomongin sayur yang satu ini menjadikan teringat pada kesukaan si kecil. Di kala berbuka puasa, cocok sekali bila kita jadikan menu khas.

13. Telur dadar bumbu ulek
Tidak rumit menu ini. Bahan utamanya berupa telur ayam. Dengan kombinasi bumbu lainnya dan proses memasakknya dengan mengulek, rasanya tidak akan mudah dilupa. Mantap sekali untuk berbuka puasa.

Jamur kaya sekali nutrisi. Cocok banget deh sebagai menu kita berbuka. Sebagai lauk nasi putih yang pulen, hmmm enaknya begitu terasa. Kita pun mudah memperoleh bahan jamur merang ini di pasar tradisional atau tukang sayur.

Itulah beberapa alternatif resep untuk berbuka puasa. Sangat banyak menu yang lainnya saya kira. Bunda dan teman-teman bisa mencarinya pula di blog ini. Oke, selamat mencoba mempraktekkannya dan puasa kita semoga sukses. Amiiin. 
Baca juga : resep opor ayam.

Related : RESEP KREATIF MASAKAN BERBUKA PUASA PRAKTIS