TIPS KREATIF MEMASAK NASI AGAR ENAK

TIPS KREATIF MEMASAK NASI AGAR ENAK DAN NIKMAT

Tips praktis kreatif cara memasak nasi agar enak rasanya. Masyarakat di negeri kita menjadikannya sebagai makanan pokok setiap hari. Di negara-negara Asia juga demikian. Nasi dijadikan makanan utama karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Tatkala berbuka puasa maupun sahur pun nasi tetap menjadi menu paling utama. Nasi sendiri merupakan beras yang direbut hingga matang atau tanak. Beras ialah produk dari padi yang telah diolah. Padi memiliki nama latin Oryza sativa L.. Beras yang direbus sampai tanak akan menjadikannya lebih lunak sehingga gampang dimakan. Warna dari nasi ini bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tergantung jenis beras yang dimasak. Beras yang putih akan menghasilkan nasi berwarna putih. Demikian juga bila beras merah maka nasinya nanti juga akan berwarna merah. Jika dalam pemasakan beras menjadi nasi ini menggunakan air yang banyak maka akan menjadi bubur. Kandungan zat amilosa yang rendah di pati beras menjadikan nasi lebih lengket dan transparan. Untuk beras ketan kandungan amilosanya sedikit. Beras yang memiliki kandungan lebih dari 24 % amilosa akan menjadikan nasi tidak lekat, mudah berpisah-pisah, dan keras. Orang menyebutnya dengan nasi "pera". Nasi pun dapat diolah menjadi berbagai kreasi masakan yang bermacam-macam. Diantaranya, dimasak menjadi nasi kebuli, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, nasi ketupat, lontong, dan sebagainya. Agar nasi rasanya enak, ternyata ada tips saat memasaknya.

A. MEMASAK NASI DENGAN PANCI BIASA

1. Pilihlah beras yang berkualitas
Ada memang beberapa merk yang dikenal masyarakat. Merk tertentu itu kalau dimasak nanti rasanya enak sekali.
2. Cuci beras dengan cara merendamnya pada air kemudian anda aduk-aduk beras dengan tangan hingga air menjadi keruh aga putih (air tajin) dan ulangi hingga 3-4 kali, sebaiknya jangan sampai terlalu bersih agar nutrisi nasi yang di hasilkan masih banyak. Fungsi dari mencuci beras agar nasi tidak terlalu bau.
3. Siapkan panci yang telah bersih, kemudian beras di masukkan kedalamnya. Isi dengan air hingga 1 setengah ruas di atas permukaan beras.
4. Masak di atas kompor dengan api sedang dan tutup hingga mendidih (kurang lebih 20 menit ini tergantung banyaknya nasi dan panas api) setelah mendidih jika nasi mulai membesar maka aduk-aduklah hingga permukaan bawah untuk mencegah kegosongan dan timbulnya kerak. Tambahkan air jika nasi setengah matang jika dirasa perlu.
5. Lakukan cara ke empat hingga rasa nasi sudah benar-benar lembut dan enak. Maka nasi telah siap di makan. 
Baca juga artikel : resep martabak manis enak.

MEMASAK NASI DENGAN MENGGUNAKAN PANCI KUKUS

Cara ini lebih mudah dari pada dengan panci biasanya. Untuk langkahnya pertama dengan memilih beras yang berkualitas dan kemudian cuci beras dengan cara yang sama seperti menanak nasi di panci biasa. Selanjutnya siapkan panci kukus dan isi air hingga hampir mendekati pembatas saringan kukus dan tuangkan beras di atas saringan dan masak hingga benar-benar matang. Di sini Anda tidak perlu capek-capek mengaduk dan mengontrol beras tetapi tinggal anda perhatikan saja setelah 20-30 menit apakah nasi sudah mulai matang atau belum. Perlu di perhatikan jangan sampai air terlalu sedikit karena dapat menghasilkan nasi yang keras dan bila terlalu banyak air beras bisa menjadi bubur. kalau mau hasilnya menjadi pulen dan lembut dan lebih enak kita dapat menambahkan agar-agar warna putih pada beras saat di masak bersama air.

MEMASAK NASI DENGAN MEMAKAI ALAT RICE COOKER

Cara ini cukup moderen dan sangat praktis di bandingkan cara di atas, karena hasil nasi yang bagus dan lebih cepat. Selain itu tidak perlu kita tungg karena sudah ada alat otomatis yang akan menghentikan proses memasak ketika nasi telah matang.Biasanya tiap rumah tangga di zaman modern ini lebih suka dengan cara ini. Apalagi kalau di bulan puasa. Menyiapkan makan sahur dan berbuka lebih banyak memakai cara yang satu ini.
1. Caranya adalah siapkan nasi yang baik berkualitas dan cuci seperti langkah tradisional 1 dan 2 di atas.
2. Wadah stainless bawaan rice cooker atau magic com kita cuci hingga bersih dan tuangkan beras yang telah di cuci dengan air di atas 1 ruas jari telunjuk sedikit di atasnya. Sekarang tinggal kita tutup dan nyalakan di mode cook dan tinggal tunggu hingga matang. Jika kita ingin hasil nasi lebih pulen dan lembut berikan air sedikit lebih banyak dan tambahkan agar-agar warna putih bersama air kemudian aduk menyatu dengan beras dan masak. Supaya nasi tidak mudah basi, tambahkan jeruk nipis atau lemon. Sebagai perbandingan, gunakan setengah jeruk nipis atau lemon untuk satu liter beras jenis apapun. Jeruk nipis dan lemon mengandung anti bakteri yang dapat memperlambat nasi menjadi basi. Bumbu ini ditambahkan sebelum anda tekan tombol “cook” pada rice cooker Anda.
Baca juga artikel menarik : resep opor ayam kuning lezat.

CARA MENANAK NASI KREATIF SUPER ENAK UNTUK ANEKA ALAT

1. Cucilah beras maksimal tiga kali saja
Biasanya kita kurang yakin saat mencuci beras. Padahal cuci beras tiga kali saja sudah cukup. Terutama kalau masak beras organik, cuci maksimal tiga kali dimaksudkan agar seratnya tidak hilang. Caranya, tuang atau alirkan air ke dalam wadah rice cooker sambil mengaduk beras, hingga seluruhnya terendam air. Buang kotoran yang berada di permukaan, lalu tiriskan beras dengan saringan atau tahan dengan tangan anda di mulut wadah rice cooker. Sebaiknya, jika kita memakai panci anti lengket untuk masak nasi, cuci beras anda dalam wadah lain. Tanpa sadar, lapisan panci anti lengket bisa tergores-gores saat mencuci beras.
2. Perbandingan air dan beras harus pas
Nasi bisa lembek karena kelebihan air, oleh karena itu penting untuk memperhatikan takaran air dan beras. Pakai rasio 1:2 untuk beras dan air. Artinya, satu gelas beras ditambahkan dua gelas air. Pastikan gelasnya memiliki ukuran yang sama. Tapi kalau anda pakai beras pera, tambahkan airnya sedikit lebih banyak.
3. Kita Tambahkan bumbu tambahan supaya nasi bercita rasa dan wangi
Untuk nasi putih yang pulen dan wangi, kuncinya adalah tambahan bumbu saat memasak nasi. Untuk cita rasa yang gurih, anda bisa tambahkan secuput garam atau beberapa tetes minyak. Bisa pakai minyak kelapa atau minyak zaitun sesuai selera. Untuk nasi wangi, tambahkan sedikit cuka atau beberapa helai daun pandan. Bahkan beberapa resep menambahkan bumbu-bumbu khusus. Misalnya seperti Nasi Liwet Sunda yang memakai berbagai macam rempah seperti daun salam, serai, potongan cabai, irisan bawang.
Baca juga artikel menarik : resep kue kastengel renyah gurih.
4. Lama Memasak beras sekitar 20-30 menit,  lantas diaduk
Jika masak dengan rice cooker, anda bisa tahu nasi yang matang saat tombol “cook” berubah jadi “warm”. Namun jika pakai panci, masak beras selama 20-30 menit dan pakai api kecil saja. Setelah kira-kira matang, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit agar beras di dasar panci juga ikut matang. Mau masak dengan rice cooker atau panci, nasi matang perlu diaduk secara merata hingga uap air keluar agar nasi tidak cepat basi karena uap yang tertinggal di antara nasinya.

MEMASAK NASI PULEN DAN KENAL ALA CHEF KIKY CERIA

Caranya tidak jauh berbeda dengan memasak nasi pada umumnya. Hanya saja kita tambahkan satu sendok makan tepung maizena untuk memasak 2 cangkir beras . Untuk jumlah lebih dari itu kita sesuaikan tepung maizenanya. Kemudian kita aduk rata hingga larut, barulah kita masak seperti biasa. Perlu diperhatikan, langkah ini dilakukan sebelum menyalakan alat penanak nasi. 

CARA MEMASAK DENGAN DIARONKAN

Cara ini merupakan cara yang paling umum yang digunakan dalam memasak oleh para keluarga di Indonesia, yaitu beras setelah dicuci ditaruh kedalam panci berisi air dengan volume tertentu terserah apakah airnya itu panas atau tidak, lalu dimasak di atas api sedang agar tidak terjadi kerak pada bagian bawah, dimasak sampai air nya habis dan nasi menjadi setengah matang. Setelah itu nasi di pindahkan ke kukusan atau ke dalam langseng untuk proses selanjutnya agar nasi menjadi lebih matang dan siap untuk dimakan, cara ini memang pas untuk porsi keluarga, tetapi jika memasak dalam jumlah banyak akan sedikit agak repot, harus lebih diperhatikan ukuran api nya sehingga tidak gosong bagian bawah.

MEMASAK DENGAN CARA DILIWET

Cara ini yang biasa dilakukan di masyarakat pedesaan. Di waktu kecil, ibu saya memakai cara seperti ini. Hasilnya pun nikmat. Hampir sama dengan dengan cara diaron, hanya saja nasi langsung matang dalam sekali proses, tidak perlu dipindah ke dalam langseng atau kukusan, cara ini juga harus extra hati-hati, pastikan beras yang kita masak tahu jenisnya, beras yang pulen cocok untuk dimasak cara liwet,dan api yang digunakan juga harus kecil.

Nah, itulah beberapa tips kreatif memasak nasi supaya enak. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Keluarga tentu semuanya akan lebih suka makan di rumah daripada harus makan di luar. 
Baca juga : resep kue cubit enak.

Related : TIPS KREATIF MEMASAK NASI AGAR ENAK