RESEP MEMBUAT MASAKAN MANGUT LELE LEZAT

Resep Membuat Masakan Mangut Lele Pedas Sederhana Asli Khas Lezatnya

Resep Membuat Masakan Mangut Lele Pedas Sederhana Asli Khas Lezatnya. Sebenarnya banyak sekali aneka kreatifitas memasak resep ini. Ada mangut lele tanpa santan, lele dengan asap seperti miliknya mbah Marto Jogja, kreasi dengan bumbu kuning dan lele kemangi. Banyak pula chef yang merekomendasikan resep mangut lele miliknya. Misalnya saja Bu diahdi. Mengapa saya selaku admin blog resepkreatifmasakan ini membahas mangut lele? Salah satu alasannya, ingin membantu bunda dan sis yang di rumah untuk bisa memasak mangut lele dengan hasil yang enak. Sebab lainnya, lele merupakan ikan air tawar yang kini menjadi primadona di pasaran. Banyak orang yang menyukainya serta sangat mudah pula memperolehnya. Harga belinya pun amat terjangkau untuk seluruh kalangan. Tak heran kita temukan banyak jenis masakan yang berbahan utama dari lele ini. 
Menurut situs wikipedia, lele adalah ikan air tawar yang gampang dikenal karena memiliki ciri khas tubuh yang licin, punya "kumis" yang panjang di sekitar mulutnya, dan tubuhnya pipih memanjang. Di negara Indonesia, lele mempunyai banyak nama lain tergantung daerahnya. Diantara nama itu, ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan kalang (Sumatera Barat), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan maut (Gayo), ikan keling (Makassar), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur). Ikan lele dimasak dengan bermacam cara. Di Eropa ikan ini dimasak dengan cara yang sama dengan ikan mas namun di Amerika Serikat ikan ini dibalut dengan tepung dan digoreng. Kembali kepada masakan mangut lele tadi. Yang paling populer memang mangut lele Mataraman, Jogja. Akan tetapi, mangut homemade (dibuat di rumah) pun bisa memilki kelezatan yang luar biasa. Harapannya bunda bisa memasak lele ini di rumah sehingga keluarga suka menyantapnya. 

Bahan yanga dibutuhkan :
-  4 ekor Ikan lele segar yang bersih
-  3 buah cabe merah yang besar 
-  1 batang serai 
-  lengkuas dimemarkan
-  2 lembar daun salam 
-  2 lembar daun jeruk 
-  santan kelapa
-  jahe dimemarkan
-  minyak goreng
-  3 buah cabe merah hijau
-  garam dapur
-  1 buah perasan Jeruk nipis 

Bumbu dihaluskan :
-  2 buah cabe merah besar
-  6 siung bawang merah
-  3 siung bawang putih 
-  secukupnya kencur
-  3 btr kemiri 
-  seperlunya ketumbar
-  3 buah cabe rawit 
Baca Artikel Menarik : Resep Sate Kambing

Cara membuat masakan mangut lele istimewa :
1. Pertama kita bersihkan lelenya dan jeroan ikan lele juga dibersihkan dan cuci dengan air. Memakai air yang mengalir akan lebih baik. Setelah ikan lele bersih lalu anda lumuri dengan garam, ketumbar dan perasan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit bumbu tersebut sampai meresap dan menyerap kedalam ikan lele agar bau amis dalam ikan lele hilang. 
2. Kemudian setelah direndam, ikan lele di bersihkan kembali sampai bersih dan kotoran-kotoran yang menempel pada ikan lele juga hilang.
3. Setelah ikan lele bersih, kini ikan lele digoreng dengan minyak yang panas. Goreng ikan lele dengan matang dan rata di usahakan untuk menggoreng ikan lele jangan terlalu kering, angkatlah. 
4. Untuk bumbu yang sudah dihaluskan masak dan tumis hingga harum dan wangi, tambahkan bumbu gula merah, garam, santan aduk hingga rata dan tercampur serta mendidih. Lalu masukan goreng ikan lele dan campurkan hingga merata dan bumbunya meresap.
5. Tereakhir, angkatlah dan siap di sajikan mangut ikan lele pedasnya yang nikmat. Selamat mencobanya di rumah.
Baca juga : Resep Tongseng Ayam.

Related : RESEP MEMBUAT MASAKAN MANGUT LELE LEZAT