RESEP PISANG GORENG ENAK SEDERHANA

RESEP PISANG GORENG ENAK

Resep olahan pisang goreng enak sederhana menjadi pilihan makanan kesukaan keluarga. Jajanan unik ini sudah sejak lama sekali hadir di tengah masyarakat. Nikmat  dan renyah. Di Indonesia , Malaysia , dan Singapura mudah kita menemuinya. Teringat tatkala saya masih kecil. Saat masuk sekolah SD sekitar di usia 7 tahun. Sering dibuatkan makanan sederhana berupa pisang goreng. Di kampung saya banyak pohon pisang. Kalau dimakan langsung saja juga enak sebetulnya. Namun, kalau digoreng akan tambah nikmat. Apalagi , ditemani dengan teh dan kopi atau jahe panas. Sambil ngobrol, mantap sekali. Bahkan hingga tulisan ini ditulis, saya masih gemar sekali makan pisang goreng. Di kantor, sering sekali dihidangkan pisang goreng. Di rumah pun demikian. Kalau mau beli pun banyak yang menjajakannya di sepanjang pinggiran jalan. Kalau ada yang jual gorengan. Nah, hampir pasti menu pisang goreng juga ada di situ. Di samping mendoan dan tahu goreng. Jajanan pasar pun di dominasi oleh gorengan. Salah satunya ya pisgor (pisang goreng) ini. Biasanya dari jenis kepok yang dipilih. Paling cocok memang. Faktor yang menentukan enaknya dari bahan dasarnya yakni pisang. Kalau kondisi pisangnya kurang bagus sebaiknya segera ganti yang bagus. Kemudian pula tepung terigunya. Terkadang kurang mendapat perhatian bunda dan remaja putri yang mau membuatnya. Padahal, ini juga penting sekali. Selain itu, masih banyak lagi bahan yang meski disiapkan untuk menghasilkan cita rasa gorengan pisang. Satu demi satu kita pilih yang terbaik. Proses pengolahannya pun cukup praktis. Pada dasarnya, pisang kita kelupas kulitnya lalu dibelah menjadi dua atau boleh juga dipotong-potong. Kemudian masukkan ke adonan dan langsung digoreng.

Bahan bahan yang dibutuhkan :
  • 10 buah pisang kepok kecil
  • 1 1/2 sendok teh gula palem
  • minyak , untuk menggoreng
  • 1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Anda bisa baca juga : Resep Kue Lidah Kucing .
Bahan pencelup :
  • 1 kuning telur
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • 25 gram tepung beras
  • 1 sendok teh gula tepung
  • 175 ml air es
  • 1/2 sendok teh garam


Bahan pelapis :
100 gram tepung panir kasar

Cara membuat pisang goreng spesial :
1. Pertama, siapkanlah bahan bahan yang ingin di gunakan. Pisang kepok kita iris sesuai selera.
2. Kemudian aduklah kayu manis bubuk yang telah disiapkan beserta gula palem hingga merata, dan taburkanlah ke pisang yang telah di potong potong tersebut, pastikan merata benar.
3. Untuk bahan pencelupnya, anda dapat menjadikan satu dalam satu wadah, masukan seluruh bahan bahan pencelupnya dan aduk hingga merata.
4. Lalu tambahkan air secukupnya, jangan terlalu encer dan jangan juga terlalu keras.
Setelah pencelup siap, maka kita bisa langsung mencelupkan pisang tersebut. Celupkan pisang hingga seluruh bagian pisang mendapatkan bahan pencelup tersebut.
5. Bila sudah rata, maka kita dapat menggulingkan pisang tersebut ke bahan pelapis, yaitu tepung panir kasar. Gulingkan hingga pisang terbaluti tepung panir tersebut.
6. Selanjutnya, gorenglah pisang tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat pisang, tiriskan dan siap dihidangkan sekarang. 
Baca juga : Resep Kue Bika Ambon Enak .

Related : RESEP PISANG GORENG ENAK SEDERHANA