MENGENAL 8 JENIS TEPUNG UNTUK MEMASAK

MENGENAL JENIS TEPUNG

Kita perlu mengenal jenis tepung untuk memasak Bunda. Bisa dikatakan segala masakan kue dan makanan itu tidak lepas dari bahan tepung. Kita bisa sebutkan berbagai macam resep makanan dan kue itu. Misal saja resep kue semprit , resep kue kastengels , resep kue putri salju , resep kue nastar , resep kue bawang , dan lain-lain. Itu dari beberapa jenis kue kering saja. Kalau kue basah misalnya saja : resep kue bolu, resep kue lupis , resep kue keranjang, resep kue apem selong , resep kue bika ambon , resep kue dadar gulung , dan sebagainya. Ada pula resep masakan lainnya yang memakai tepung dalam bahan pokoknya. Sebagai contoh adalah resep bakso goreng dan resep mendoan. Apabila kita mau mencari contoh lainnya akan sangat banyak sekali.

Menurut situs wikipedia, tepung adalah partikel padat yang bentuk fisiknya butiran halus atau sangat halus. Amat tergantung dengan proses penggilingannya. Tepung sangat penting untuk bahan makanan dan masakan. Bahkan industri kecil tingkat rumah tangga sampai industri yang sudah raksasa tak pernah meninggalkannya. Tepung bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu, tapioka, dan maizena.  Untuk tepung yang berasal dari hewan contohnya tepung tulang serta tepung ikan.

Kita perlu sekali mengetahui berbagai jenis tepung. Sebab, jika kita hendak masak perlu mengenal bahan apa yang akan digunakan atau disiapkan. Macam-macam jenis tepung itu adalah :

1. Tepung Maizena
Tepung maizena berasal dari biji jagung. Jenis tepung ini banyak digunakan dalam pembuatan kue dan sebagai pengental masakan sup atau saus. Tepung jenis ini juga biasa dicampurkan dengan tepung terigu dan digunakan sebaga pelapis makanan yang digoreng. Makanan yang dihasilkan umumnya akan renyah.

2. Tepung Terigu
Berasal dari biji gandum. Tepung terigu merupakan jenis tepung yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Aneka jenis makanan seperti mie, roti, kue basah, maupun kue kering juga banyak yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu. 

3. Tepung Tapioka
Tapioka merupakan tepung yang berasal dari singkong atau bisa dari gaplek. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai aci sampeu. Disebut pula tepung kanji. Tepung ini sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan bakso, siomay, atau kue basah. Fungsi penambahan tepung tapioka adalah untuk menambah kekenyalan makanan. 

4. Tepung sagu
Tepung ini berasal dari hasil pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu" (Metroxylon sagu Rottb). Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Bentuk fisik tepung ini amat mirip dengan tepung tapioka. Apabila kita tak jeli bisa salah menamakannya.

5. Tepung Hunkue
Tepung ini berasal dari  pati dari kacang hijau.

6. Tepung beras
Tepung yang berasal dari beras yang dihaluskan. Beras sendiri berasal dari penggilingan gabah yang dihasilkan dari tanaman padi. Beras pada umumnya dimasak menjadi nasi, bubur nasi , dan lain-lain. Beras dijadikan makanan pokok masyarakat Indonesia dan sekitarnya. 

7. Tepung panir
Tepung ini dibuat dari penumbukan roti tawar yang dikeringkan.

8. Tepung ketan
Tepung ini berasal dari beras ketan. Ketan sebetulnya adalah salah satu jenis beras.

Demikian berbagai jenis tepung yang perlu sekali kita mengenalnya. Akhirnya, sampai di sini dahulu. Semoga memberikan manfaat untuk para pembaca semua.
Baca pula : Resep Rendang Telur Padang Lezat .

Related : MENGENAL 8 JENIS TEPUNG UNTUK MEMASAK