RESEP MASAKAN RENDANG TELUR PADANG BUMBU KERING ENAK

RESEP MASAKAN RENDANG TELUR PADANG BUMBU KERING

Resep masakan rendang telur Padang bumbu kering lezat sederhana enak. Kita semua tahu bahwa rendang itu masakan khas Minangkabau Sumatra Barat. Akan tetapi di zaman ini sudah dikenal luas. Bicara tentang rendang akan membuat pikiran kita langsung terbayang rendang daging sapi. Namun, sebetulnya masih luas sekali selain yang berasal dari sapi. Telur salah satu bahan masakan yang akrab sekali di dapur rumah kita. Bahkan di berbagai acara yang dihadiri banyak orang, ada saja masakan berbahan dari telur. Bunda dan remaja putri juga akrab sekali tentu dengan telur. Tetapi admin blog resepkreatifmasakan kali ini mau berbagi resep lagi. Tiada lain adalah rendang telur kering khas Padang. Bahan dasarnya dari telur ayam, yang kita sering kali mendengar dengan telur dadar sebagai masakan harian. Mungkin dalam gambaran Bunda dan pembaca lainnya, tampilan masakan nantinya  masih kelihatan telur yang bulat-bulat itu. Akan tetapi pada kenyataanya nanti, tampilannya tidak seperti itu. Lebih menarik. Ternyata bentuknya seperti keripik yang umumnya jadi makanan camilan sehari-hari. Hal ini mesti jadi penasaran tentunya. Terus bagaimana membuatnya? Kok bisa jadi seperti kripik? Kurang bijak bila saya panjang lebar bicara di sini. Sebaiknya langsung saja kita cek langsung resepnya berikut ya Bunda.

Bahan yang dibutuhkan :
-  150 gram tepung terigu
-  5 lembar daun jeruk
-  300 mililiter air
-  10 butir telur ayam
-  1/2 sendok teh garam
-  1/2 liter santan kental dari setengah butir kelapa
-  seperlunya daun salam
-  beberapa batang serai, lalu ditumbuk

Bumbu yang dihaluskan :
-  1 cm kunyit
-  2 ruas jari jahe
-  1 sendok makan merica
-  2 sendok teh garam
-  10 buah cabai merah keriting
-  8 siung bawang merah
-  4 siung bawah putih
-  1 sendok makan gula pasir
-  1 sendok makan ketumbar
-  2 ruas jari lengkuas
Baca pula : Resep Kue Keranjang Istimewa .

Cara Membuat Rendang Telur Kering Padang Sederhana Nikmat :
1. Langkah pertama, campurkan bahan telur, terigu, garam dan air, lalu aduk hingga rata. Lalu buatlah dadar dari adonan telur tersebut. Kemudian potong-potong dadar telur tersebut.
2. Selanjutnya, gorenglah dengan api sedang atau kecil hingga mekar dan kering, silahkan panggang dengan oven untuk membuat telur benar-benar kering.
3. Lalu panaskan makan minyak goreng, kemudian tumis serai, daun jeruk, daun salam dan bumbu halus, hingga harum. Tuangi dengan santan ke dalam tumisan tadi dan aduk.
4. Kemudian masaklah dengan api kecil sambil di aduk-aduk hingga kering dan bumbu menjadi mengering.
5. Jika sudah kering masukkan telur ke dalam bumbu yang telah mengering tadi, kemudian aduk hingga merata. Angkatlah, terus dinginkan. Kini sudah siap untuk disajikan. Baiklah, selamat mencoba di rumah. 
Baca juga : Resep Kare Ayam Lezat .

Related : RESEP MASAKAN RENDANG TELUR PADANG BUMBU KERING ENAK