RESEP KREATIF KUE SARANG SEMUT ATAU KARAMEL ISTIMEWA

RESEP KUE SARANG SEMUT ATAU KARAMEL

Resep kreatif kue bolu sarang semut memang banyak dicari orang sebab rasanya memang enak. Tidak hanya itu, legit dan lezatnya menjadi favorit.  Kue tersebut menjadi andalan bunda untuk sajian harian bahkan pada hari raya nanti datang. Banyak rumah di meja tamunya terhidang kue sarang semut atau karamel tersebut. Termasuk di rumah kita mungkin. Mengenai bentuk dari kue ini mirik dengan sarang semut yang terkenal itu. Berwarna coklat kehitam-hitaman dikit.

Akan tetapi tak banyak yang mengetahui cara membuat kue spesial ini. Jika penasaran, berikut ini kami ulas resepnya.

Bahan yang kita butuhkan :
  • sediakan 200 gram Tepung Terigu Protein Sedang (lihat keterangan protein pada kemasan)
  • sediakan 7 butir Telur Ayam
  • sediakan 50 gram Tepung Maizena
  • sediakan 200 ml Susu Kental Manis
  • sediakan 450 mililiter Air Panas
  • sediakan 400 gram Gula Pasir
  • sediakan 1 sendok teh Baking Powder
  • sediakan 150 gram Margarine
  • sediakan 2 sendok teh Baking Soda


 Cara mudah membuat kue sarang semut :
  1. Kita buat dulu caramel dengan cara memanaskan gula dalam wajan. Pakailah api kecil dan biarkan gula mencair serta berubah menjadi karamel.
  2. Selanjutnya, kita tambahkan air panas pada wajan yang berisi gula. Penting untuk diperhatikan bahwa gunakan air yang benar-benar panas karena jika menggunakan air dingin, gula yang mencair akan membeku dan sulit untuk kembali mencair. Biarkanlah sebentar dan aduk cairan gula tersebut pelan-pelan dengan menggunakan spatula kayu sampai karamelnya larut. Lantas matikan api dan biarkan suhu caramel turun atau menjadi hangat.
  3. Sesudah karamel hangat masukkan susu dan margarine dalam cairan karamel tersebut. Aduk hingga rata dan biarkan margarinnya mencair, sisihkanlah.
  4. Kini pecahkan telur dan kocok hingga rata dalam sebuah wadah, sisihkanlah.
  5. Lalu campurkanlah tepung terigu, maizena, baking powder serta baking soda dalam wadah lain yang terpisah. 
  6. Lantas sembari membuat adonan kue, jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 hingga 200 derajat celcius. Terus masukkanlah  telur yang sudah dikocok sebelumnya ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit dan aduk dengan menggunakan wisk.
  7. Kemudian sesudah tepung tercampur dengan telur. Masukkan cairan karamel sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan adonan menjadi licin serta tidak ada gumpalan didalamnya. Adonan kue karamel yang baik bertekstur cair dan tidak kental.
  8. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarine dan tepung agar kue yang matang tidak menempel didasar loyang.
  9. Berikutnya tuang adonan ke dalam loyang kemudian panggang dalam oven selama 40 sampai 45 menit.
  10. Saat kue matang biasanya akan terbentuk kulit di atas permukaan kue. Kulit ini sebaiknya dikelupas dengan menggunakan tusuk sate atau dengan menggunakan sendok. Setelah kulit dilepas kemudian akan tampak permukaan kue yang berlubang-lubang mirip dengan sarang semut.
  11. Kue yang sudah matang dapat ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Nah, apabila sudah tak lengket, tandanya kue sudah matang. Barulah angkat dan keluarkan dari oven.
  12. Kue yang matang dapat dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalik diatas piring saji. Tunggu sampai kue dingin baru potong-potong serta siap untuk disajikan.


Kue karamel atau sarang semut sudah siap untuk dihidangkan. Langsung saja kita praktekkan resep masakan itu. Kita lakukan langkah-langkah sesuai dengan petunjuknya. Selamat menikmati kuenya ya....

Related : RESEP KREATIF KUE SARANG SEMUT ATAU KARAMEL ISTIMEWA