RESEP KUE APEM JAWA ENAK

RESEP KUE APEM JAWA ENAK

Kue apem jawa memang enak rasanya. Biasanya pada hari lebaran kita sering menemui kue ini. Tidak hanya di sebuah rumah saja yang menyajikannya. Akan tetapi, hampir seluruh rumah di daerah Yogya dan Jawa Tengah menghidangkan menu kue apem jawa di ruang tamu. Apem identik dari kata 'afuwwun' yang artinya ampunan. Kata 'afuwun ini berasal dari bahasa Arab. Mengapa disajikan di hari lebaran atau idul fitri? Terdapat makna yang mendalam dalam hal itu. Pada hari raya idul fitri kita saling bermaaf-maafan atas segala kesalahan. Dengan saling meminta maaf tersebut maka dosa-dosa akan berguguran. Kita akan mendapat ampunan dari Allah subhanahu wa ta'ala atas dosa yang telah dilakukan. Makna filosofis dari kue apem ini sungguh luar biasa. Ditambah lagi dengan rasanya yang kayaknya tak ada bandingnya. Enak dan mantap gitu. Kita kayaknya perlu tahu tentang bagaimana cara membuat kue apem jawa ini. Sehingga bisa membuat sendiri di rumah. Membuat kue apem jawa bisa kapan saja sesuai keinginan kita. Meskipun di hari lebaran kita pun juga membuatnya. Mari kita simak langsung uraian pembuatan kue apem jawa berikut.


Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 275 gr tepung beras
  • 250 ml santan kental
  • 100 gr tape singkong
  • ½ sendok makan ragi instan
  • ¼ sdt garam
  • 100 gr gula merah, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 150 ml air kelapa


Cara Membuat Kue Apem Jawa Enak :

  1. Yang harus kita lakukan untuk pertama kali yakni dengan menghaluskan tape singkong. Lalu kita campurkan dengan gula dan ragi instan.
  2. Selanjutnya kita remas-remas higga gula menjadi tercampur rata dan terlarut betul.
  3. Tambahkan tepung beras pada adonan, lalu diaduk hingga rata.
  4. Kemudian tuang air kelapa sedikit demi sedikit sembari diuleni dengan tangan selama seperempat jam kurang lebihnya.
  5. Terus kita masukkan garam dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan rata.
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang. Kemudian panaskanlah cetakan apem jawa ini. Lalu olesi dengan sedikit minyak goreng.
  7. Lalu kita tuang adonan apem jawa tersebut. Tunggulah hingga tampak lubang-lubang, terus tutup balik hingga sisi bawahnya menjadi matang.

Nah, begitu praktis dan tidak sulit kan? Besok sudah bisa kita mencoba untuk mempraktekkannya sendiri di rumah.

Related : RESEP KUE APEM JAWA ENAK