RESEP KREATIF MEMBUAT ROTI TAWAR LEMBUT DAN ENAK

RESEP MEMBUAT ROTI TAWAR LEMBUT DAN ENAK

Saban hari mungkin tidak asing lagi kita dengan roti tawar. Sangat familier sekali untuk dinikmati setiap hari. Lebih sering dinikmati untuk sarapan pagi hari. Maklumlah, waktu yang sering mengejar karena harus segera berangkat kerja atau sekolah. Dengan roti tawar akan lebih praktis dan juga mengenyangkan perut. Namun, klo di luar negeri sana. Bahkan ada yang menjadikannya menu wajib sebab di sana gandum menjadi makanan pokok sebagaimana kita di sini  beras. Roti tawar juga cocok untuk sajian di berbagai suasana maupun kesempatan. Artinya kita bisa kapan aja menyajikannya. Bicara bahannya, bahan utamanya berupa tepung terigu atau gandum punya kandungan gizi yang cukup tinggi. Ada karbohirat dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Sehingga kaya manfaat gitu.

Segala usia cocok untuk mengkonsumsi roti tawar ini. Dari balita, ana-anak, remaja, dewasa, sampai orang yang sudah lanjut usia. Khususnya anak-anak yang lagi gak suka atau sulit makan nasi putih. Maka makan roti tawar bisa menjadi solusi dan alternatif terbaik bagi para bunda. Makan jajanan yang tidak sehat pun akan berkurang.Tekstur yang lemut dan rasa enak menjadi faktor orang menyukainya. Semakin enak dan lembut maka akan semakin banyak yang suka. Dalam menikmati roti tawar ini, ada cara yang cukup sederhana yakni dengan memoleskan mentega pada sisi roti tawar. Boleh juga mengoleskan di kedua sisinya. Untuk menambah selera maka ditambahkan pula kacang, meses, selai, keju parut dan susu. Semua bisa kita pilih. Hmmm... cerita begini malah saya yang jadi kepingin, lho.

Tak perlu kita keluarkan uang banyak untuk membeli roti tawar di pasaran. Sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentu dengan kreatif, inovatif, dan imajinasi kita. Dengan tanpa meninggalkan cara membuat roti tawar yang enak. Memang dalam proses pembuatan roti tawar ini pertama bahan-bahannya perlu kita perhatikan. Artinya usahakan memilih bahan yang bagus dan pilihan. Jenis bahan utama maupun penunjangnya. Apalagi kualitas tepung terigu sebagai bahan pokok. Meski kita cari yang bagus sekali. Agak mahal sedikit tidak apa-apa yang penting hasilnya enak. Baiklah, yuk kita lihat uraian resepnya berikut ini. Ada beberapa aneka resep yang semuanya bisa menjadi referensi untuk membuatnya di rumah :

I. RESEP PERTAMA

Bahan-bahan yang perlu disediakan :
  • siapkan 1 kg (1.000 gram) tepung terigu 
  • siapkan 20 gram Ragi instan
  • siapkan 60 gram Mentega putih 
  • siapkan 2 butir Telur 
  • siapkan 20 gram Susu bubuk
  • siapkan 475 ml Air es
  • siapkan 100 gram Gula pasir 
  • siapkan 15 gram Garam 



Cara membuat roti tawar :
1. Pertama kita campur beberapa bahan, diantaranya yaitu tepung terigu, ragi instan, susu bubuk dan gula pasir. Campur bahan tersebut sampai benar-benar merata dan masukkan telur, aduk kembali sampai merata. Kemudian kita tuang air es secara bertahap, sambil terus diaduk sampai merata.
2. Kemudian aduklah adonan sampai merata. Uleni adonan sampai bergumpal-gumpal hingga adonan sudah tercampur merata.
3.Langkah berikutnya, tambahkan garam dan mentega putih. Uleni kembali adonan sampai benar-benar kalis atau tidak lengket. Bulatkanlah adonan dan diamkan selama sekitar 1/2 jam.
4. Sesudah menunggu selama kurang lebih 1/2 jam, pukul adonan sampai kempis. Lantas bagi adonan, masing-masing sekitar 500 gram.
5. Bulatkan adonan, lalu gilas. Kemudian gulung adonan dengan bentuk memanjang dan letakkan adonan tersebut di loyang. Sebelumnya, olesi loyang menggunakan minyak dan mentega putih. Lantas diamkan adonan selama 1 jam supaya adonan mengembang.
6. Kita bisa  menambahkan beberapa polesan di bagian atas adonan agar lebih nikmat rasanya. Bahan-bahannya yaitu telur 1 butir, susu segar 2 sendok makan dan garam ½ sendok makan. Campur semua bahan tersebut dan gunakan untuk memoles atas adonan yang telah kita diamkan selama 1 jam tadi.
7. Yang terakhir, pangganglah adonan selama kurang lebih 20 menit menggunakan oven atau sampai matang benar. Setelah matang, keluarkan roti tawar dan segera olesi bagian atasnya dengan butter.



II. RESEP KEDUA

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • siapkan 500 gram (½ kg) tepung terigu. Sebelum digunakan sebaiknya disaring dahulu
  • siapkan 650 gram Susu bubuk full cream 
  • siapkan 38 gram Mentega , sebaiknya pilih mentega putih
  • siapkan1 gram Baker Bonus
  • siapkan 300 gram Air es 
  • siapkan 1 gram Ragi instan 
  • siapkan 10 gram Garam 


Cara Membuat Roti Tawar :
1. Langkah pertama, siapkanlah wadah stainless atau alumunium berukuran sedang, kemudian masukkan semua bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi, kecuali air es. Aduk semua bahan sampai rata.
2. Setelah tercampur rata, buat lobang dibagian tengah adonan dengan menggunakan jari, kemudian kucurkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Proses pencampuran bahan-bahan roti tawar ini harus benar-benar sempurna. Hasil adonan yang bagus itu adalah kalis dan tidak lengket.
3. Campur dan remas adonannya sampai kalis, elastis, serta tidak terasa lengket. Selanjutnya simpan adonan dalam wadah tertutup rapat dengan menggunakan kain bersih, lalu diamkan selama kurang lebih 1/2 jam saja.
4. Sesudah mengembang dengan sempurna dan maksimal, remas lagi adonannya sampai kempes kembali, tujuan langkah ini adalah supaya bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam loyang.
5. Ambil loyang dan olesi dengan mentega secara merata, kemudian masukkan adonan yang sudah kempes tadi ke dalam loyang paling tidak ¾ dari isi loyang. 
6. Tunggulah sampai adonan mengembang lagi hingga semua bagian dalam loyang penuh, lalu ditutup, tapi jangan lupa sebelumnya olesi dahulu dengan mentega ya. Bila sudah, masukkan dalam oven dengan suhu sekitar 190° Celcius selama 27-32 menit.
7. Terakhir kita angkatlah, dinginkan, dan potong sesuai selera.


III. RESEP KETIGA
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • siapkan 350 gr tepung terigu protein tinggi
  • siapkan 3 sendok makan gula pasir 
  • siapkan 1/2 sendok teh garam 
  • siapkan 1 sendok makan ragi instant 
  • siapkan 150 ml air dingin atau air es
  • siapkan 25 gr susu bubuk 
  • siapkan30 gr mentega putih 
  • siapkan 1 butir telur ayam 


Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Enak :
1. Pertama-tama, campurkanlah menjadi satu dalam satu wadah tepung terigu, susu bubuk , garam, gula pasir, dan ragi instant, aduk hingga merata.
2. Kemudian tambahkanlah telur ayam lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni dengan tangan sampai membentuk adonan yang menggumpal.
3. Selanjutnya kita masukkanlah juga mentega putih ke dalam adonan dan uleni kembali sampai kalis benar. Lantas kita diamkanlah  adonan selama sekitar 1/2 jam dalam wadah tertutup sampai mengembang.
4. Berrikutnya kita masukkan adonan ke dalam loyang roti tawar dengan cara dikempiskan terlebih dahulu. Lantas diamkanlah kembali adonan selama 1/2 jam kurang lebih.
5. Lalu pangganglah adonan roti dalam oven kira-kira selama 20 menit atau sampai adonan matang betul. Kini keluarkanlah roti dari cetakan lalu siap dipotong dan disajikan.

Perlu untuk kita pahami bahwa komposisi bahan agar kita usahakan pas dan sesuai dengan resep. Campuran-campuran dan adonan yang kita bikin juga agar kita sesuaikan dengan takaran. Bagi teman yang masih ragu atau ada takut klo nanti gak jadi rotinya, yang penting dicoba dulu saja. Untuk yang sudah mahir bisa untuk berpikir membuat usaha produksi roti tawar. Oke, selamat praktek mencobanya ya. Jangan lupa pula membaca resep tempe goreng.

Related : RESEP KREATIF MEMBUAT ROTI TAWAR LEMBUT DAN ENAK