RESEP KREATIF KUE LUPIS MANIS MENARIK ENAK

RESEP KREATIF KUE LUPIS MANIS MENARIK

Kue Lupis yang sering disebut dengan kue Lapis atau Lopis di kota kami ini merupakan salah satu kue basah tradisional Indonesia. Punya tekstur empuk seperti lontong dan umumnya berbentuk segitiga. Meski ada juga yang dikreasikan bentuk yang lain. Untuk ciri khas yang melekat dari Kue Lupis Manis ini yaitu bentuknya yang segitiga. Bagi kita yang senang dengan aneka jajanan pasar tradisional tentu saja sudah tak asing lagi dengan Kue yang satu ini. Termasuk jenis kue basah.
Bahan utama pembuatan kue lupis tentu saja adalah beras ketan. untuk Kue Lupis yang berwarna putih dan hijau, biasanya dalam pembuatannya memakai beras ketan putih. Pada warna putihnya, adonan beras ketan putih dibiarkan putih alami tanpa pewarna lalu di kukus hingga matang. sedangkan warna hijaunya diberi pasta pandan, atau pewarna makanan hijau alami seprti daun suji atau bisa pula yang buatan lalu dikukus sehingga kue lupis menjadi warna hijau. Namun kini Kue Lupis tidak lagi berwarna putih dan hijau saja. karena saat ini banyak orang yang memakai beras ketan hitam dalam pembuatan kue lupis sehingga kue lupis yang dihasilkan menjadi warna hitam. Seringkali disebut lupis ketan hitam. Semuanya tetap enak, hanya sedikit beda sensasi ketika kue lupis mulai digigit. Namun, tentu saja legit dengan tambahan kelapa parut beserta toping saus gula merah kental atau yang sering disebut dengan nama kuah kinca. Pada saus gula merah atau kuah kinca selain memakai gula merah asli untuk penambah rasanya bisa ditambahkan dengan potongan buah seperti buah duren ataupun buah nangka. Untuk para pedagang kue lupis ketan hitam putih di pasar tradisional biasanya kue lupis di jajakan dengan di jejerkan dengan aneka kue basah tradisional lainnya, seperti kue cenil, kue gemblong, dan sebagainya. Baiklah kita cek resep kue lupis di rumah sendiri.


Bahan-bahan utama kue lupis:
- 1 lembar daun pisang atau plastik dan lidi untuk menyemat
- 1 liter beras ketan putih
- 1 sendok makan air kapur sirih
- 3 lembar daun pandan


Bahan Kuah lupis:
- 1/2 butir kelapa berumur sedang (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
- 200 mililiter air putih (1 gelas)
- 1/4 sendok teh garam beryodium
- 1/2 kg gula merah


Cara membuat kue lupis manis enak lezat :
1. Pertama, kita cuci bersih beras ketan kemudian rendam di air selama 1 jam kemudian masukkan kapur sirih.
2. Kemudian tuanglah beras ketan kedalam daun pisang atau plastik kemudian bungkus dan sematkan menggunakan lidi. Buat menyerupai lontong atau bentuk segitiga.
3. Rebus beras ketan ke dalam air mendidih hingga matang. Biasanya memerlukan waktu 3-5 jam.
4. Siapkan panci terpisah, tuangkan air dan rebus gula merah beserta 2 lembar daun pandan dan garam selama 15 menit hingga gula merah mencair kemudian angkat dan pisahkan.
5. Parut kelapa dengan menggunakan parutan kemudian kukus bersama dengan 1 lembar daun pandan yang tersisa selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan pisahkan.
6. Yang terakhir, angkat kue lupis yang sudah matang kemudian potong potonglah. Tuangkan kuah gula merah dan taburi dengan kelapa parut kemudian hidangkan kepada keluarga tercinta.

Mudah sekali kan ? Dengan sering mencoba berbagai resep masakan maka kita akan semakin mahir dalam memasak. Tanpa menunggu lama yuk kita langsung praktekkan di rumah. Jangan lupa pula baca resep rempeyek bayam enak.

Related : RESEP KREATIF KUE LUPIS MANIS MENARIK ENAK