RESEP KREATIF TUMIS KANGKUNG TERASI PEDAS ENAK

RESEP TUMIS KANGKUNG TERASI PEDAS ENAK

Resep tumis kangkung terasi pedas enak sederhana sangat cocok untuk kita jadikan menu pilihan. Jenis sayuran ini termasuk yang paling di suka oleh keluarga. Saya sendiri sangat menyukai kangkung yang dimasak tumis. Kangkung memiliki nama latin Ipomoea aquatica Forsk. Termasuk jenis tanaman sayur-sayuran yang dijadikan makanan. Ada dua jenis kangkung, pertama kangkung darat atau alba,  dan yang kedua kangkung air atau sawah. Masa panen dalam penanaman kangkung sangat singkat. Yang lebih disukai ialah tanaman yang masih muda. Tekstur kangkungnya kenyal-kenyal gitu. Kalau suhunya terlalu panas saat masak maka warnanya kangkung menjadi hijau agak kehitam-hitaman. Tetapi klo suhunya pas maka warnanya masih hijau tua. Ditambah dengan bumbunya yang berani menjadi rasa tumisnya gak ada tandingannya.  Tak hanya itu, kuahnya saja yang meskipun sedikit tetap enak untuk ikut dijadikan santapan bersama nasi putih. Cocok juga untuk menu berbuka puasa atau makan sahur saat di bulan puasa. Bisa menjadi pilihan baru di samping menu daging ayam, daging sapi, dan lainnya. Wah, pokoknya tumis kangkung boleh disebut masakan sederhana zaman now. Teman-teman saya sarankan memilih bahan kangkung yang masih segar. Artinya belum lama dari waktu memetiknya. Syukur kalo di sekitar rumah kita tanamani dengan sayuran ini. Sangat memudahkan sekali kalo begitu. Sesuatu yang penting lainnya yakni keberanian dalam memberikan bumbu. Lezatnya masakan ini sangat terpengaruh oleh bumbu yang dipakai. Kalau terlalu sedikit atau kurang dari takaran, jadinya masakan gak begitu berasa. Penambahan terasi akan menjadi rasa tumis semakin lezat saja. Jarang cara ini dilakukan, maka bila dicoba maka pastinya akan ketagihan menikmatinya.  Namun, jangan khawatir bila teman-teman ada yang gak suka dengan bahan terasi ini. Di sini saya juga akan bagi resepnya yang tanpa menggunakan terasi. Sehingga ada  alternatifnya gitu. Sebelum kita langsung membahas bagaimana cara membuat masakan tumis kangkung, kami sampaikan manfaat sayuran kangkung tersebut.
1. Sumber zat besi dari tubuh.
Jika tubuh sering pusing atau lemas, mungkin saja karena kekurangan zat besi. Perlu segera mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Sebab zat tersebut sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.
2. Memperlancar proses pencernaan makanan.
Kandungan seratnya yang tinggi dalam sayuran tersebut sangat membantu pencernaan makanan di dalam tubuh. 
3. Terhindar dari sariawan
Sakit sariawan ini disebabkan karena kekurangan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C di kangkung, maka dengan mengkonsumsinya akan mencegah sariawan.
4. Membuat tidur lebih nyenyak.
Makan sayur kangkung membuat kita merasa kantuk. Sehingga apabila sulit tidur, maka makan sayur ini bisa menjadi solusi.
5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Bukan rahasia lagi sekarang banyak terjadi polusi. Untuk mengurangi dampak buruk masuknya racun dalam tubuh maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mampu membantu detoksifikasi.
6. Mencegah penyakit diabetes
Ekstrak kangkung dipercaya membantu mengobati penyakit diabetes.
7. Menurunkan kadar kolestrol tubuh
Menu masakan kangkung yang dikonsumsi dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh.
8. Membantu mengatasi mual pada ibu yang sedang hamil
Biasa sekali para ibu hamil merasakan mual. Tumisan sayur kangkung dapat membantu mengatasi masalah tersebut. 

Baiklah kita langsung cek uraian resepnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan :
-  1 ikat kangkung
-  1 lombok merah ukuran besar
-   cabe rawit merah, sesuai selera
-  5 siung bawang merah
-  2 siung bawang putih
-  Saus tiram ± 3 sdm
-  Mentega / minyak
-  Tomat
-  Lengkuas 1/3 ruas jari
-  Sedikit garam
-  Gula aren/gula pasir secukupnya
-  Terasi

Cara Memasak Tumis Kangkung Pedas Terasi Lezat :
1. Langkah pertama, kita siapkan adalah kangkung yang telah dibersihkan dan dipetik daunnya. Lalu kita iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabainya. Panaskanlah mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum aromanya.
2. Kemudian kita masukan cabai , terasi, dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir-pinggir bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya. Lalu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. Usahakan tidak menambahkan air ketika menumis sayuran karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci, kecilkan apinya. Tunggu sudah matang.
3. Sesudah matang, kita masukan garam dan gula. Langkah terakhir, kita usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. Sebab biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin. Angkat dan siap untuk disajikan dalam kondisi hangat.


RESEP TUMIS KANGKUNG SEDERHANA ENAK ALA RESTORAN
Resep ini menjadi alternatif bagi yang tidak menyukai terasi.
Bahan dan bumbu yang diperlukan :
-  2-3 ikat kangkung, bersihkan dan siangi, sisihkan
-  2 siung bawang merah, iris tipis, sisihkan
-  2 sendok makan amargarin atau 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
-  kecap manis, secukupnya
-  1 buah cabe merah, iris serong tipis, sisihkan
-  150 ml air
-  3 siung bawang putih, iris tipis, sisihkan
-  Gula putih, secukupnya
-  Garam, secukupnya
Cara Membuat Tumis Kangkung Sederhana :
1. Pertama kita panaskan minyak goreng atau mentega dengan api kecil, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi baunya. Masukkanlah cabe merah iris aduk-aduk lanjutkan dengan memasukkan kangkung yang sudah disiangi. Aduk sebentar, tambahkan air.
2. Kemudian kita tambahkan gula, garam dan kecap manis, aduk hingga rata jangan lupa cicipi. Masaklah hingga bumbu meresap. Angkat dan hidangkan ketika masih hangat.

Related : RESEP KREATIF TUMIS KANGKUNG TERASI PEDAS ENAK