RESEP KUE CIMPLO KHAS INDRAMAYU

RESEP KUE CIMPLO

Resep kue cimplo khas Indramayu asli sederhana spesial enaknya perlu kita bahas hari ini. Lho, mungkin saja diantara teman-teman pembaca ada yang belum tahu sama sekali kue cimplo itu apa. Kalau teman-teman rumahnya ada di daerah Indramayu Jawa Barat mungkin sudah tidak asing lagi. Termasuk di daerah sekitarnya juga sudah mengenal kue tersebut tentunya. Akan tetapi, kalau tempat tinggalnya jauh dari daerah tersebut maka sangatlah mungkin tidak tahu akan kue cimplo yang mantap rasanya ini.


Secara bentuk fisiknya, kue cimplo sangat mirip dengan kue apem. Orang-orang tentu sudah mengenal betul mengenai apem ini. Kue apem sudah amat terkenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan pada hari raya lebaran atau idul fitri kue apem ini banyak yang membuatnya dan juga menyajikannya. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Gak perlu keahlian khusus untuk bikin kue ini. Mengenai bahan dari kue cimplo ini tidaklah sulit untuk mencarinya. Bahkan di dapur kita mungkin sudah tersimpan setiap saat. Jadi tidak perlu susah-susah mencari keluar rumah semua bahannya. Hanya saja memang mungkin ada yang perlu dicari diantara bahan itu bila kita tak memilikinya.


Untuk bisa membuat sendiri, kita perlu menyimak caranya. Mari kita simak di bawah ini. Setelah paham tinggal langsung dipraktekkan. Gak pake lama deh.


Bahan-bahan yang kita perlukan:

  • 1.000 gr tepung beras
  • 250 gr tape singkong
  • 1 buah air kelapa setengah tua 
  • 1,4 sdt bibit roti


Cara Membuat Kue Cimplo Enak Khas Indramayu :

  1. Yang pertama, masukan satu persatu bahan dalam wadah dan tambahkan air secukupnya, aduk hingga rata.
  2. Lalu aduk-aduk terus sampai terlihat encer lalu diamkan, kurang lebih 5 sampai 6 jam sampai mengembang. Kemudian siapkan api sedang untuk memasak cimplo.
  3. Lantas oles cetakan dengan minyak biar tidak menempel, kemudian masukan adonan tadi yang sudah mengembang dan jangan lupa setelah mengembang diaduk dahulu.
  4. Berikutnya, tuangkan adonan cimplo dalam cetakan. Jangan lupa balikan apem cimplo tersebut agar bagian atasnya matang.
  5. Terakhir, angkat dan sajikan bersama air gulanya.


Kemudian untuk Cara Membuat Air Gula Kue Apem Cimplo :

  1. Siapkan parutan kelapa. Lalu masukan gula dan biarkan hingga mencair.
  2. Campurkan gula merah.
  3. Lalu tambahkan juga dengan daun pandan.
  4. Selanjutnya, masak hingga mencair.


Nah, selesai juga kita memasaknya. Mudah dan tidak terlalu rumit membuat kue cimplo ini ternyata. Sampai di sini kami berharap teman-teman bisa mempraktekan sendiri resepnya. Selamat mencoba di rumah.

Related : RESEP KUE CIMPLO KHAS INDRAMAYU