RESEP KUE KERING KOPI ENAK

Resep kue kering coklat rasa kopi

Resep kue kering coklat rasa kopi enak mantap renyah spesial lebaran. Mungkin banyak dari teman-teman belum mengenal kue istimewa ini. Namun, tidak sedikit pula yang sudah merasakannya. Bahan dasarnya kopi. Nah, kalau yang satu ini tentu sudah sangat akrab sekali. Kopi merupakan bahan komoditas yang sangat terkenal di dunia. Kurang lebih ada 50 negara yang membudidayakannya. Jenis pohon kopi yang terkenal ialah varietas Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Kopi Robusta (Coffea canephora). Sejarah telah mencatat bahwa kopi ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu dan dipercaya menjadi minuman berkhasiat serta berenergi. Kopi dapat diminum dengan melalui proses yang lumayan panjang. Pertama dengan melalui pemanenan biji kopi. Bisa dilakukan dengan manual atau pun mesin canggih. Kemudian dikeringkan untuk menjadi kopi gelondong. Lalu disangrai dengan suhu  yang bervariatif. Setelah selesai penyangraian, proses selanjutnya digiling sehingga tercipta bubuk kopi pilihan. Siap untuk diseduh dengan air panas menjadi segelas kopi nikmat. Di Indonesia ada kopi Lampung yang banyak disukai.
Kopi juga bisa dijadikan bahan membuat kue kering. Sekelas enaknya dengan kue semprit, kue nastar, kue kastengel, dan kue putri salju . Wah, mesti jadi penasaran tentunya bunda. Bagaimana kemudian membuatnya? Pas untuk menjadi sajian di hari lebaran yang beda dari biasanya, nih. Oke, yuk kita cek resepnya berikut.

Bahan-bahan yang disediakan:
  • 1 bungkus capuccino (bisa memilih yang sesuai selera)
  • 100 gram cokelat masak susu
  • 250 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 25 gram tepung maizena
  • 25 gram gula tepung
  • 2 kuning telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 150 gram margarin


Cara Membuat Kue Kering Rasa Kopi Spesial Enak :
  1. Langkah pertama, cairkan kopi dengan sedikit air hingga mengental.
  2. Kocok margarin, gula, dan garam hingga rata. Tambahkan kuning telur dan kopi yang sudah dicairkan, kocok rata.
  3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk, masukkan juga baking powder.
  4. Setelah diaduk rata dan jadi aonan, ambil adonan sekitar 4 gram untuk dibentuk bulat seperti bola atau datar juga boleh. Letakkan pada loyang yang diolesi margarin secukupnya.
  5. Panggang pada oven dengan suhu 130 derajat celsius dengan waktu tunggu selama setengah jam. 
  6. Sementara itu lelehkan coklat masak susu. Kue kering yang sudah matang celupkan, lalu dinginkan sebelum dikemas. Simpan dalam wadah yang rapat. 

Mudah dan praktis juga kan , Bunda ? Yuk, kita coba resep kue kering kopi enak ini di rumah. Baca juga : Resep Kue Lupis Sederhana Enak .

Related : RESEP KUE KERING KOPI ENAK