RESEP KUE KERING NASTAR SEDERHANA

KUE KERING NASTAR SEDERHANA

RESEP KUE KERING NASTAR SEDERHANA - Terkadang perkumpulan keluarga atau saat ada tamu yang datang ke rumah menjadikan kita harus menyediakan sebuah sajian khusus. Apalagi bila di dalam momen atau hari Lebaran misalnya. Dimana banyak orang yang datang ke rumah untuk bersilaturahmi. Berbagai makanan biasa tersaji di meja tamu. Tak hanya makanan, minuman pun juga tersaji. Tak lengkap apabila tak ada makanan spesial. Salah satu makanan spesial tersebut yakni kue kering nastar. Kalau hanya membeli di toko atau tempat lainnya tentu tidak se spesial bila kita yang buat sendiri. Tentunya perlu tahu banyak bagaimana membikinnya. 

Bahan Membuat Kue Kering Nastar:
  • 400 gr mentega tawar/ margarin (bisa pula dengan mencampurkan 70% margarin dan 30% mentega)
  • 500 gr terigu protein rendah
  • 5 btr kuning telur
  • 100 gr gula halus
  • 2 btr kuning telur, untuk olesan
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm maizena


Bahan Selai Nanas:
  • 1 buah nanas, kupas, bersihkan dan parutlah
  • 5 buah bunga cengkeh
  • 150gr gula pasir
  • 10 cm kayu manis


Langkah dan Cara Membuat Kue Nastar:
  1. Pertama untuk membuat Selai Nanas : Masukkan nanas parut ke dalam wajan bersama seluruh bahan selai. Terus kita masak dengan api kecil. Aduklah dengan spatula kayu hingga tidak berair. Kemudian angkat dan dinginkan, apabila sudah dingin, ambilah sedikit adonan dan bulatkan seukuran kelereng.
  2. Kedua untuk membuat Nastar: Kocok gula halus dan margarin dengan speed rendah sampai rata
  3. Masukkan kuning telur, terigu, dan maizena. Kocok lagi hingga rata.
  4. Kini, segera matikan mixer bila adonan mulai berbulir. Terus diamkan adonan sebentar saja.
  5. Panaskanlah oven di suhu 180 derajat Celcius.
  6. Terus untuk mencetak nastar dengan cara ambil sedikit adonan nastar, pipihkan, masukkan selai nanas, dan lalu tutup sampai selai nanas tidak terlihat.
  7. Tatalah di loyang dengan jarak sekitar 1 cm tiap nastar.
  8. Selanjutnya, panggang selama 20 menit, keluarkan dari dalam oven. Oles dengan bahan olesan, kemudian panggang lagi selama 10 menit.
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan sekarang. Bila sudah dingin, simpanlah kue nastar di wadah yang tertutup rapat.


Nah, mudah dan praktis kan membuatnya? Sebenarnya, kita pun bisa membeli selai nanas siap pakai di Toko Bahan Kue. Namun yang perlu di ingat, selai nanas yang digunakan untuk membuat nastar dan untuk dioles ke roti itu berbeda. Selai untuk nastar lebih kesat dan padat.
Bila selai siap pakai yang kita beli ternyata masih terlalu lembek, kita bisa mengolahnya ulang dengan cara memasukkan selai tersebut ke dalam wajan dan kita masak sampai airnya habis. Tidak disarankan menggunakan 100% butter untuk membuat adonan nastar karena bisa dipastikan hasil nastar buatan kita akan sangat rapuh. Terkadang ukuran nastar yang kita bikin tidak seragam. Solusi dalam mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan cara: gilaslah  adonan nastar dengan menggunakan rolling pin dengan batasan tinggi menggunakan penggaris /majalah yang kita tarush di sisi kanan dan kiri adonan. kemudian kita cetak adonan yang telah digilas tersebut menggunakan cookie cutter bulat yang ukurannya sesuai dengan selera kita. Cara ini selain membuat hasil nastar kita seragam juga akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita membuat nastar.
Kenapa kita memoles permukaan nastar setelah nastar kita oven selama 20 menit? Mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Manfaatnya untuk menghindari permukaan nastar yang gosong dan pecah. Untuk hasil polesan yang mengkilap dan cantik, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam adonan olesan. Jika perlu, berikan polesan sebanyak 2 kali sehingga hasil polesannya lebih cantik. Tidak pas bila memixer adonan terlalu lama, sebab akan mengakibatkan nastar yang kita buat menjadi keras. Kita dapat membuat kue kering tanpa mixer. Cukup menggunakan spatula kayu, pisau pastry, maupun ballon whisk. Tunggu nastar sampai kering benar sebelum memasukkan nastar ke dalam toples/ kemasan untuk menghindari nastar cepat melempem.
Karena isian nastar berupa selai, membuat nastar menjadi cepat berjamur. Oleh karena itu, pastikan selai yang digunakan benar-benar kering dan tidak mengandung air. Yang terpenting pula, bikinlah kue kering nastar maksimal dua bulan sebelum dikonsumsi atau dimakan. Semoga bermanfaat resep ini.Selamat mencoba di rumah.

Related : RESEP KUE KERING NASTAR SEDERHANA