ANEKA RESEP KUE SEMPRIT RENYAH DAN LEMBUT ENAK

Kumpulan resep kue kering semprit renyah dan lembut enak dinikmati. Kerenyahannya memang tidak kalah dibanding yang lainnya. Sudah sejak lama hadir bersama berbagai nama kue yang lainnya. Cocok untuk disajikan di hari istimewa Lebaran. Apabila dilihat menarik hati, dinikmati mantap rasanya pula. Disukai oleh anak-anak hingga orang tua. Karena bentuk yang memiliki ciri khas warna yang coraknya indah, maka anak-anak klo hadir dalam sebuah acara maka kue tersebut menjadi incarannya. Yang pertama diambil biasanya kue yang menarik. Beraneka ragam model dari kue spesial ini. Bentuk yang beraneka tidak lepas dari berbagai cetakannya. Istilah untuk menyebut cetakan kue semprit ini yakni "spuit". Dalam membuatnya mesti memakai alat itu, meskipun varian kuenya berbeda-beda. Inilah salah satu sejarahnya mengapa disebut kue semprit. Bentuk spuit mirip peluit. Orang menyebut peluit dengan nama lain semprit. Begitulah ceritanya.

Kita semua bisa membuatnya sendiri di rumah kok sebagai persiapan hari raya Idul Fitri di tahun 2018 ini. Beberapa bahan yang perlu kita sediakan diantaranya : tepung terigu, mentega, tepung maizena, telur ayam, susu kental manis, vanilli, gula, garam, coklat bubuk, dan lain-lain. Di sini, blog resepkreatifmasakan akan berbagi beberapa varians dari resep kue semprit. Terkenang memang hari-hari sebelum idul fitri itu. Bunda dan semua anggota keluarga sedang sibuk bersiap-siap menyambutnya. Apalagi bila terdengar kabar bahwa seluruh kerabat akan berkumpul di rumah kita pada hari H. Pastinya persiapan mesti matang. Tak hanya kue nastar yang terkenal itu. Ada kreasi sajian dengan kita menghidangkan yang lain. Terlebih lagi pertemuan di hadiri oleh sesepuh keluarga. Baiklah, mari kita cek kumpulan resepnya berikut.

RESEP KUE SEMPRIT SEDERHANA ALA NCC
RESEP KUE SEMPRIT SEDERHANA NCC
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
- 350 gr tepung terigu protein sedang
- 50 gram sukade/ buah kering, untuk hiasan
- 100 gr tepung maizena
- 200 gr mentega
- 4 kuning telur
- 2 putih telur
- margarin, untuk olesan
- 200 gr gula bubuk
- 1 sdt vanila bubuk
- ½ sdt garam
Cara Membuat Kue Semprit NCC Istimewa :
1. Langkah pertama kita kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
3. Kemudian kita masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Hias bagian atasnya dengan sukade.
4. Yang terakhir, pangganglah dalam suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan ke dalam stoples kedap udara untuk bisa bertahan dalam waktu lama.


RESEP KUE SEMPRIT SUSU ENAK 
RESEP KUE SEMPRIT SUSU

Bahan yang diperlukan :
- 125 gram butter (mix 100 gram butter dan 25 gram margarin)
- pasta warna pink (pilihan anda)
- 200 gram tepung maizena
- daun pandan secukupnya (boleh tidak)
- 80 mil susu kental manis
Bahan Topping :
- springkle, sesuai selera
Cara membuat kue semprit susu enak :
1. Pertama kali kita sangrai maizena serta selembar daun pandan. Lalu angkat dan biarkan dingin.
2. Di sebuah mangkuk, campurlah susu kental manis dan butter, terus aduklah hingga merata. Tambahkan maizena dan ulenilah sampai merata benar.
3. Kini, kita bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang satu dengan kita beri pasta berwarna pink serta satunya lagi biarkan netral tanpa kita beri pasta.
4. Masukkan ke plastik segitiga atau pembuat biskuit secara selang seling. Spuit di atas loyang yang telah kita dengan alasi kertas baking dan berilah topping.
5. Sekarang, panasi mesin ovennya dan kita oven sampai matang benar.


RESEP KUE SEMPRIT VANILLA LEMBUT 
RESEP KUE SEMPRIT VANILLA

Bahan-bahan Kue Semprit Vanila :
- 120 gram tepung terigu protein rendah
- 100 gram margarin
- 50 gram mentega
- 80 gram tepung custard
- 100 gram gula halus
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 butir kuning telur
- 50 gram tepung maizena

Bahan Toping :
- Manisan cherry merah atau hijau secukupnya
Cara Membuat Kue Semprit Vanila :
1. Pertama kita sangrai semua tepung hingga kering dan ringan kurang lebih selama 10 menit dengan menggunakan api kecil, ayaklah.
2. Kemudian kocoklah margarin, mentega dan gula sampai lembut. Masukkan kuning telur, kocok rata. Masukkan campuran tepung dan aduk perlahan sampai rata.
3. Lalu spuitkan ke loyang yang sudah di oles margarin dengan bentuk bunga sesuai selera. Hias di tengahnya dengan cherry merah atau hijau lalu oven sekitar 15-20 menit di suhu 160 derajat Celcius ( tetapi bisa disesuaikan panas oven masing-masing) hingga matang dan menjadi kering. Angkatlah, dinginkan.
4. Kini kue semprit vanila siap dikemas di toples dan siap untuk disajikan.


RESEP KUE SEMPRIT KEJU SPESIAL 
RESEP KUE SEMPRIT KEJU 
Ada banyak jenis keju. Bisa menggunakan keju kraft, blueband, atau tepung larut. Semua diserahkan kepada Anda tentunya.

Bahan yang dibutuhkan :
- Margarin sebanyak 150 gram
- Gula tepung sebanyak 100 gram
- Garam sebanyak 1/4 sendok teh
- Kuning telur sebanyak 2
- Cokelat pasta sebanyak 1/4 sendok teh
- Pasta vanila sebanyak 1/4 sendok teh
- Keju cheedar sebanyak 100 gram, diparut dan diangin-anginkan
- Tepung terigu protein rendah sebanyak 175 gram
- Cherry merah sebanyak 50 gram , dipotong-potong
- Susu bubuk sebanyak 30 gram
- Maizena sebanyak 30 gram
- Baking powder sebanyak 1/2 sendok teh
Cara Membuat Kue Semprit Keju Pilihan  :
1. Pertama kita kocok margarin, gula tepung, dan garam  jadi satu dalam satu menit. Masukkanlah  telur dan pasta vanila. Kocok rata. Tambahkan juga keju cheddar, lantas kita aduk merata.
2. Kemudian tambahkan tepung terigu, susu bubuk, maizena, dan baking powder sambil diayak dan diaduk merata. Bagilah menjadi  2 bagian adonan. Satu bagian diberikan cokelat pasta. Lalu masukkan masing-masing adonan dalam plastik segitiga.
3. Selanjutnya, semprot bersamaan dengan spuit di atas loyang, yang sebelumnya telah dioles margarin. Jangan lupa tambahkan cherry merah di atasnya.
4. Terakhir kita panggang menggunakan oven dengan api bawah suhu pada 130 derajat celsius selama kurang lebih 1/2 jam sampai kue menjadi matang. Angkat dan dinginkan untuk bisa disimpan di wadah kedap udara sehingga bertahan lama.


RESEP KUE SEMPRIT SAGU ISTIMEWA 

RESEP KUE SEMPRIT KEJU 
Bahan yang dibutuhkan :
- 600 gram tepung sagu tani / tepung tapioka
- 350 gram margarin
- 300 gram gula halus
- 1/2 sdt garam halus
- 60 ml santan kental
- 60 gram keju edarm parut
- 3 btr kuning telur
Cara Membuat Kue Kering Semprit Sagu :
1. Sangrailah tepung sagu / kanji dengan api kecil selama 1/4 jam, sisihkan. Kocoklah margarin, gula halus, dan garam halus hingga lembut. Tambahkan kuning telur, kocok rata kembali.
2. Kemudian masukkan tepung sagu dan keju parut, ke dalam campuran margarin, aduk hingga rata. Tambahkan santan kental sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
3. Lalu masukkan adonan ke dalam plastik segitiga / piping bag yang telah diisi sepuit bintang. Semprotkan ke dalam loyang beroles margarin, taburi atasnya dengan keju edam parut. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
4. Langkah berikutnya kita panggang adonan yang telah dicetak ke dalam oven bertemperature 150 derajat Celcius selama kurang lebih 1/2 jam hingga kue matang dan kering. Angkat, dan dinginkan. Kini masukkan kue kering semprit sagu ke dalam toples kedap udara supaya awet tahan lama.

RESEP KUE SEMPRIT COKLAT 
KUE SEMPRIT COKLAT

Bahan yang dibutuhkan :
- 400 gram tepung terigu
- 50 gram keju parut
- 250 gram gula bubuk
- 100 gram coklat bubuk
- 350 gram margarin
- 1,5 sdt vanilli
- chocolate chips
- 3 btr kuning telur

Cara Membuat Kue Semprit Coklat Enak :
1. Pertama kita masukkan gula bubuk dan mentega, lantas kocok sampai benar-benar lembut. Campurkanlah kuning telur ke dalam adonan tersebut. Kemudian kocok hingga rata. Lalu masukkan vanilla, tepung terigu, dan coklat bubuk. Aduklah sampai rata tercampurnya.
2. Selanjutnya masukkan ke dalam plastik segitiga dan tambahkan spuit di ujungnya. Lantas kita potong.
3. Kini siapkan loyang, kemudian kita semprotkan di atas loyang. Tambahkan choco chips serta parutan keju. Kemudian pangganglah dalam suhu 145 derajat Celcius hingga matang. Bila sudah benar-benar matang, maka angkat dan dinginkanlah. Simpan di dalam wadah yang kedap udara untuk bisa bertahan lama.
Oh iya, kalau penasaran dengan alat spuit, berikut ini gambarnya :

alat Spuit dalam membuat Kue Semprit
alat Spuit untuk membuat Kue Semprit
Kami berharap apa yang tulis memberikan manfaat buat bunda dan teman-teman semua yang ingin membuat kue kering semprit sendiri di rumah. Sukses ya.

Related : ANEKA RESEP KUE SEMPRIT RENYAH DAN LEMBUT ENAK