RESEP KREATIF MASAKAN RENDANG DAGING SAPI LEZAT

RESEP KREATIF MASAKAN RENDANG DAGING SAPI

Resep rendang daging sapi lezat enak istimewa. Banyak dari kita yang menganggap bahwa daging adalah bahan masakan terlezat yang ada di muka bumi. Hampir gak ada yang tak menyukainya. Rendang daging sapi adalah salah satu cita rasa sajian yang sangat familier di masyarakat Indonesia. Masakan ini berciri khaskan pedas dan lezat. Berbahan utama dari daging sapi. Bumbu rempah yang berani dan santan kentalnya menjadi penentu bertambah lezatnya masakan. Sebetulnya rendang merupakan masakan khas Padang, Sumatra Barat. Sepertihalnya banyak warung padang di sekitar kita. Namun, kini masakan tersebut sudah tersebar di mana-mana. Banyak orang menyukainya. Terbukti dari tiap adanya perhelatan pesta pernikahan maupun lainnya, makasan ini hampir gak pernah absen. Selalu menjadi sajian utama di tiap kali ada acara. Daging sapi juga amat bagus bagi kesehatan. Apalagi mereka yang banyak bekerja berat dan mengeluarkan energi yang besar, penting untuk mengkonsumsinya. Baiklah, langsung aja kita cek resepnya berikut ini :

Bahan yang dibutuhkan :
1/2 kg daging sapi  ( kualitas daging sesuai selera, tapi sebaiknya yang bagus)

Bumbu untuk bumbu :
  • 5 cm Jahe kecil 
  • Santan yang berasal dari Kelapa tua (parut lalu jadikan santan), lebih baik tidak memakai santan instan namun bila terpaksa tak mengapa
  • 6 siung Bawang putih 
  • 2-3 lembar daun jeruk 
  • 3 siung Bawang merah 
  • 3-5 cm Lengkuas sedang
  • 1 ons  cabe merah keriting  sesuai selera
  • 2-3 cm  kunyit ukuran kecil 


Cara Memasak masakan kreatif rendang daging spesial :
  1. Siapkan daging lalu potong - potong dengan ukuran sesuai selera. Buang urat daging berwarna putih, gunakan daging merah saja supaya daging lebih cepat matang.
  2. Siapkan santan dari kelapa yang sudah di parut.
  3. Haluskan semua bumbu yang disiapkan tadi :
  4. ( bawang putih & merah, cabe merah, jahe, kunyit, lengkuas daun jeruk, dan daun salam dan lainya.
  5. Persiapkan semua bumbu tadi lalu sangrai menggunakan api kecil dan juga sedikit minyak goreng , hingga di rasa cukup matang dan angkat.
  6. Kemudian kita rebus air di wajan sebanyak 250 ml ( sesuai banyak daging ) setelah air mendidih masukan daging yang telah di potong-potong.
  7. Lalu masaklah daging hingga air terus susut , tapi jangan sampai air habis. Ketika daging di rasa mulai matang, kecilkan api 
  8. Masukan semua bumbu secara bersamaan dan juga santan ( cabe juga kalau memang ingin rendan pedas ) .
  9. Kini pada proses ini air akan terus berkurang , lalu masukan garam sedikit demi sedikit.
  10. Di sini proses penyesuaian rasa dimulai, Kita bisa menyesuaikan rasa sesuai selera kita. Aduklah terus secara perlahan kuah dan daging agar air santan tidak pecah. Apabila dirasa bumbu sudah meresap ke dalam daging , silakan angkat dan rendang siap dihidangkan sekarang.

Nah, mudah dan praktis kan? Secara umum memang semua jenis daging terutama daging sapi bisa untuk di buat masakan rendang, namun ada beberapa bagian daging sapi yang pas untuk masakan rendang. Saya lebih menyarankan menggunakan daging sapi bagian paha, sebab paha sapi ini mempunyai tekstur yang lebih mudah dicerna dan tanpa ada lemak maupun serat serat yang susah hancur. Jika bunda menggunakan sembarang daging tentunya saat di gigit kurang empuk dan cenderung alot. Berbeda dengan masakan gulai kambing yang semua bahan daging bisa masuk. Selamat mencobanya di rumah ya... Jangan lupa baca resep ayam bumbu balado .

Related : RESEP KREATIF MASAKAN RENDANG DAGING SAPI LEZAT