RESEP KREATIF TUMIS LABU SIAM LEZAT

Hari-hari ini, bunda masih baca-baca resep tumis labu siam. Pada dasarnya, kreatifitas memang sangat diperlukan ternyata dalam memasak. Gak perlu berpikir bahwa kreatif itu sulit. Ternyata tidak sama sekali. Cukup mutar otak kita dikit aja akan ketemu dengan sesuatu yang baru.  Lidah manusia kalau hanya makan itu-itu saja maka akan terasa bosan. Manusiawi saja sebenarnya, bukan hal yang aneh gitu. Sekarang tinggal bagaimana kita memasak sesuatu yang beda dari biasanya. Tapi suatu saat, tatkala kita masak menu yang sama pun akan disebut berbeda, lho. Yang penting, ada jeda dalam menampilkan menu sebuah masakan. Tidak melulu itu aja setiap hari. Nah, kali ini kita akan masak tumis dengan bahan dasarnya yaitu labu siam. Sebuah bahan sayur mayur yang sudah akrab bagi para ibu dan para chef. Mengapa memilih labu siam? Sebab selain rasanya khas, ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita dan keluarga. Diantaranya bermanfaat untuk menjaga kadar kolestrol dan mencegah penuaan dini. Disamping ada seabrek khasiatnya namun dua hal tersebut sudah sesuatu yang penting sekali. Masakan tumis ini termasuk masakan harian yang sering dijadikan menu dapur rumah. Bahan sederhana akan tetapi rasa lezatnya pasti. Untuk menghasilkan rasa yang sedap tentu perlu kreatif sedikit dalam memasaknya. Tidak berarti kreatif itu sulit. Cukup kita ikuti cara memasaknya berikut ini. Ada beberapa pilihan resep lho. 

RESEP TUMIS LABU SIAM PEDAS
RESEP TUMIS LABU SIAM PEDAS ENAK

Bahan yang kita perlukan :
-  300 gram labu siam, potong-potong berbentuk korek api
-  100 gram udang segar
-  3 buah cabai merah
-  Minyak goreng secukupnya, untuk menumis
-  100 ml air bersih


Bumbu yang perlu disediakan :
-  2 cm lengkuas
-  1/2 sendok teh merica bubuk
-  Penyedap rasa secukupnya
-  Garam secukupnya
-  Gula pasir secukupnya


Bumbu dihaluskan : 
-  3 butir kemiri sangrai
-  10 buah cabe rawit segar
-  3 siung bawang putih
-  5 butir bawang merah


Cara Membuat Tumis Labu Siam Pedas Lezat : 
1. Kita kupas terlebih dahulu labu siam. Lalu potong panjang labu siam tersebut atau membentuk korek api. Kemudian kita cuci sampai bersih, dan tiriskanlah. Lalu potonglah cabai merah besar yang telah kita siapkan dengan arah menyerong. Terus kita memarkan lengkuas. Kemudian cuci udang sampai bersih agar tidak bau amisnya hilang.
2. Selanjutnya, kita haluskan bumbu halus yang sudah kita sediakan.
3. Langkah berikutnya, siapkan wajan di atas kompor. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Zaman now, sudah sedikit para ibu yang memasak dengan minyak goreng curah. Mereka sudah beralih ke minyak kemasan yang lebih higienis dan sehat. Lalu, tunggu hingga minyak goreng tersebut panas dan mendidih. Kita masukan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi. Terus kita aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma dan tercium harumnya.
4. Kini masukan udang yang telah kita cuci tadi. Aduklah sampai merata dan tumis udang tersebut sampai berubah warna yang menandakan telah matang.
5. Lalu masukan labu siam yang telah kita potong membentuk korek api. Aduklah  sampai merata dan masak hingga labu siam setengah matang saja. Jika sudah setengah matang, tuangkanlah air. Kini kita masukan pula bumbu-bumbu seperti garam, gula dan penyedap rasa (khusus penyedap rasa, tidak harus, tergantung kita yang memilih). Kemudian kita aduk-aduk sampai seluruh bumbu menjadi larut. Kini masaklah lagi hingga semua bahan matang sempurna.
6. Apabila telah matang, kita bisa mengangkat tumisan tersebut dan menyajikannya di atas piring saji atau wadah untuk penyajian. Tinggal kita nikmati sekarang. Apabila kita menginginkan rasa lebih pedas, tambahkan sambal atau potongan cabe rawit dengan jumlah lebih banyak lagi. 

RESEP TUMIS LABU SIAM KECAP MANIS LEZAT

RESEP TUMIS LABU SIAM KECAP MANIS LEZAT

Bahan yang diperlukan : 
-  2 buah labu siam, potong-potonglah
-  3 buah cabai merah, iris serong
-  3 cm lengkuas, memarkan
-  100 gram udang kering
-  Air mineral secukupnya, bisa diganti dengan air bersih
-  1 buah tomat segar, iris
-  Minyak goreng secukupnya
-  Kecap manis secukupnya

Bumbu yang haluskan :
-  1/4 lada bubuk
-  6 butir bawang merah
-  3 siung bawang putih
-  10 buah cabai rawit, bisa sesuai selera kita
-  gula pasir seperlunya
-  garam secukupnya


Cara membuat tumis labu siam kecap enak :
1. Langkah pertama kupas terlebih dahulu kulit labu siam, setelah itu potong-potong sesuai selera kemudian cuci hingga bersih. Biasanya dipotong seperti bentuk korek api. Tapi kalau membuat bentuk kreatif lainnya tentu menjadi pilihan anda. Lalu tiriskanlah.
2. Lantas kita haluskan terlebih dahulu bahan-bahan bumbu halus, kemudian tumis dengan menggunakan 3 sendok makan minyak goreng hingga muncul aroma yang harum. Lalu kita masukan lengkuas, cabai merah besar dan udang kering ke dalam tumisan lalu aduk hingga merata benar. 
3. Kemudian kita tambahkan labu siam yang telah di iris memanjang dan di cuci bersih sebelumnya, aduk hingga semuanya tercampur merata. Masaklah hingga layu dan labu siam matang sempurna, setelah itu beri potongan tomat, sedikit air. Masaklah dengan menggunakan api kecil hingga mendidih sambil sesekali di aduk-aduk. 
4. Yang paling akhir, bubuhi dengan garam, kecap manis dan gula secukupnya. Apabila rasa sudah pas enaknya, langsung saja kita angkat dan siap untuk dihidangkan.

RESEP TUMIS LABU SIAM MASAK TERI ENAK

RESEP TUMIS LABU SIAM MASAK TERI ENAK

Bahan yang dibutuhkan :
-  2 buah labu siam ukuran sedang, kupas, balurkan garam, cuci, potong korek api
-  4 sdm ikan teri nasi, digoreng
-  100 ml air
-  1 sdm margarin

Bumbu yang diperlukan :
-  3 siung bawang merah, iris halus
-  2 siung bawang putih, iris halus
-  4 buah cabai merah, iris serong
-  2 buah cabai rawit, iris halus
-  1 sdt saus tiram
-  1/2 sdt gula pasir
-  Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Tumis Labu Siam Teri Lezat :
1. Langkah yang pertama yakni kita tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
- Tambahkan cabai merah, cabai rawit dan labu siam, aduk-aduk.
- Masukkan air, saus tiram, gula dan garam, aduk rata, tutup, masak sampai labu siam lunak.
- Terakhir tambahkan ikan teri, aduk sebentar, angkat, sajikan

RESEP TUMIS LABU SIAM TEMPE SEDERHANA

RESEP TUMIS LABU SIAM TEMPE SEDERHANA

Bahan yang dibutuhkan :
-  1 labu siam dikupas dahulu kemudian dipotong kecil panjang. Lalu cuci agar getahnya hilang
-  Minyak goreng secukupnya untuk menumis
-  1 papan tempe atau 250 gram tempe dipotong-potong kecil
-  Udang kecil/ rebon secukupnya

Bumbu yang diperlukan :
-  3 siung bawang putih diris tipis
-  4 siung bawang merah diris tipis
-  2 biji cabe rawit diris tipis
-  1 buah tomat diiris menjadi 8 bagian
-  Lengkuas yang dimemarkan secukupnya
-  air matang secukupnya
-  Gula merah secukupnya
-  ½ sendok teh bumbu penyedap (bila suka saja)
-  1 sendok teh garam garam
-  1 lembar daun salam
-  2 cabe merah besar diris tipis
-  ½ sendok teh lada bubuk

Cara Membuat Tumis Labu Siam Tempe Enak :
1. Langkah pertama kita panaskan wajan dan tambahkan 4 sendok makan minyak goreng untuk menumis. Lalu masukan bumbu yang telah diiris seperti bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum aromanya.
2. Kemudian masukkan cabai, gula, garam, saun salam, dan lengkuas. Tambahkan juga air sedikit saja dan masukan tempe. Aduk-aduk hingga merata. Setelah jeda setengah menit kemudian masukkan labu siam. Aduk-aduk sampai merata. Tambahkan lada bumbuk dan bumbu penyedap (jika suka). Aduk lagi sampai merata dan labu siam sampai setengah matang. Cicipilah rasa tumis labu siamnya. Bila kurang asin bisa ditambahkan gula sedikit saja. Kalau kurang manis tambahkan gula gitu.
3. Sesudah benar-benar matang segera angkat dan di atasnya ditaburi dengan bawang goreng agar semakin sedap baunya. Siap untuk kita hidangkan sekarang. Baca juga resep kue kering coklat.

Related : RESEP KREATIF TUMIS LABU SIAM LEZAT