RESEP KUE KERING KURMA KEJU ISTIMEWA

RESEP KUE KERING KURMA KEJU

Resep kue kering kurma keju istimewa enaknya. Begitu lezatnya dan gurihnya bila kita menikmati kue kering. Termasuk di dalamnya kue kering ini. Lebaran adalah moment istimewa bagi setiap orang yang melaksanakan puasa selama sebulan penuh. Dalam satu bulan tidak boleh makan dan minum ketika siang hari. Dimulai saat subuh sampai maghrib sore hari. Itulah waktu berpuasa. Akhir dari bulan puasa itu, ya hari Lebaran. Hanya sekali dalam satu tahun. 

Sangat spesial hari tersebut. Sebuah hari yang istimewa tentu saja melakukan yang tidak seperti hari-hari biasa. Ada beberapa kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun oleh masyarakat umum. Banyak barang baru yang dibeli. Peralatan dapur baru, kendaraan, pakaian dan lain-lain. Kebetulan juga pada lebaran banyak tempat bekerja seperti perusahaan dan instansi yang memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) kepada para karyawan. Sehingga, mengeluarkan uang lebih pun tentu tidak menjadi masalah. Tetapi berhemat juga baik. hehehe....

Saling berkunjung ke tempat saudara atau handai taulan sudah merupakan agenda rutin. Pada hari tersebut saudara saling bertemu. Bahkan di tempat yang jauh pun mudik pulang kampung. Tentu, saat ada tamu baik saudara maupun orang lain, maka tidak pantas kalau tidak ada sajian di meja tamu kita. Sajian tersebut antara lain kue kering kurma.

Hari-hari menjelang lebaran bahkan banyak dijumpai masyarakat yang mulai menyiapkan bermacam-macam sajian atau makanan. Dari camilan, gorengan, cake, aneka kue basah, maupun kue kering. Semakin beragam tentu para tamu akan jadi lebih suka menikmatinya. Tak ingin terlewatkan menyajikan makanan yang enak. Ada satu sajian yang cukup istimewa, yakni kue kurma. Tentu Anda semua pun tidak ingin melewatkannya bukan. Sebab rasanya yang gurih dan enak. 

Apalagi bahannya salah satunya dari buah kurma. Buah yang terkenal sebagai buah untuk berbuka puasa. Bukankah di bulan ramadhan kita sering disuguhi kurma di saat berbuka? Itu menjadikan kita semakin mengenal dan tidak asing lagi terhadap rasanya. Meskipun buah kurma itu juga bermacam-macam jenisnya.

Nah, kalau buah itu dibuat kue akan semakin mantap lagi. Seperti kue kurma keju ini. Cocok sekali bila dipake untuk hidangan keluarga maupun acara-acara tertentu lainnya. Pastikan kita memilih buah kurma yang masih bagus kondisinya. Bisa dicari di tempat tertentu. Misalnya di toko khusus buah kurma atau toko herbal dan busana muslim biasanya tersedia. Mari kita lihat dulu resep kue kering kurma keju istimewa ini sebelum kita membuat sendiri di rumah.

Bahan-bahan Kue Kering Kurma Keju:
  • 50 gr tepung gula
  • 150 gr butter (50 margarine + 100 gr butter)
  • 50 gr palm sugar
  • 25 gr maizena
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 100 gr keju, parut kasar
  • 25 gr susu bubuk full cream
  • 100 gr kurma, potong kecil
  • 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah
  • 1 butir kuning telur


Bahan Toping:
  • 100 gr dark chocolate classic, lelehkan.
  • 200 gr coklat rasa minty warna biru, lelehkan


Cara membuatnya kue kering kurma yakni:
  1. Kocok margarine, butter, tepung gula, palm sugar , vanili sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Masukkan telur aduk rata.
  3. Selanjutnya, masukkan keju parut, dan kurma, aduk rata.
  4. Kemudian masukkan secara bertahap campuran tepung terigu,susu dan maizena ke dalam adonan, aduk menggunakan sendok kayu, lakukan hingga adonan tepung habis.
  5. Bentuk adonan bulat panjang.
  6. Panggang dengan suhu 160 derajat hingga kue matang, dinginkan.
  7. Celupkan kue ke dalam coklat rasa mint warna biru, hingga seluruh permukaan kue tertutup, diamkan hingga coklat mengeras.
  8. Terakhir, masukkan dark chocolate class.

Nah kini siap untuk disajikan. Kehadiran kue ini dan resep masakan yang lainnya di rumah kita akan menambah kebahagiaan tersendiri. Semoga bermanfaat atas apa yang tersaji di sini. Semakin mantap menghadapi hari raya lebaran di tahun ini.
Baca juga : Resep Opor Ayam Kuning Spesial.

Related : RESEP KUE KERING KURMA KEJU ISTIMEWA