RESEP KREATIF OPOR AYAM KUNING PILIHAN BUNDA

Resep opor ayam kuning jawa sederhana menjadi pilihan bunda di hari Lebaran Tahun 2018 atau bertepatan pada 1 Syawal tahun 1439 H (Hijriyah). Tidak pernah ditulis di buku catatan siapa pun mungkin bahwasannya masakan opor ayam menjadi menu wajib. Tetapi nyatanya ada yang kurang gitu tatkala di meja makan gak ada yang satu ini. Kuliner rumahan ini sudah sepertir tradisi di tiap hari raya. Saya sendiri klo budhe dan padhe datang selalu pingin masak menu kesukaan mereka ini. Bagi anak-anak atau dewasa, semuanya merasa pas dan suka menyantapnya. 

RESEP KREATIF OPOR AYAM KUNING BUNDA

Ciri khas dari tampilan masakan opor yakni warna kuahnya yang kuning. Hal tersebut karena bumbu kunyit yang kita haluskan. Santannya yang kental juga menjadikan rasa dari masakan opor semakin lezat. Akan lebih baik, kami sarankan bunda agar menggunakan santan alami atau dari perasan kelapa yang sudah tua. Meskipun bila mana agak terpaksa ya gak apa-apa... Untuk bahan dasarnya paling bagus bila pilih menggunakan ayam jawa atau kampung. Karena memang dagingnya punya kualitas rasa yang beda dengan ayam jenis lainnya. Dalam menyajikannya nanti, usahakan masih hangat dan nasi putih pun belum dingin. Klo pake ketupat tentu tidak harus hangat. Hehehe.. tentunya klo sudah masak dan matang lho, saya yakin ini bunda kan masih baca resep dulu. Jika menginginkan rasa yang pedas, cukup iris-iris cabe rawitnya untuk ditambahkan. Bisa pula dengan dijadikan lalapan cabenya. Atau juga memakai sambal. Bawang goreng juga jangan lupa ditaburkan di atasnya. Oke, yuk bersama-sama kita lihat uraian resepnya berikut.

RESEP OPOR AYAM KUNING LEZAT

Bahan-bahan untuk membuat opor ayam lezat :
- Kentang 2 buah, kupas kemudian belah menjadi 4 bagian dan cuci bersih,
- Daging ayam 1/2 kg potong-potong lalu cuci bersih, setelah itu lumuri selama 15 menit dengan air perasan jeruk nipis 1 buah,
- Kelapa 250 gram, parut dan buat santan hingga 700 ml
- Serai 2 batang, geprek
- Daun salam 2 lembar
- Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Lada bubuk/ merica 1 sendok teh
- Bawang goreng secukupnya, sebagai taburan
- Minyak goreng 5 sendok makan, untuk menumis


Bumbu yang di haluskan:
– Bawang merah 6 butir
– Kemiri 4 butir
– Bawang putih 4 siung
– Kunyit 20 cm
– Jinten 1/2 sendok teh
– Lengkuas 4 cm
– Ketumbar 1 sendok makan

Cara Membuat Spesial Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat :
1. Langkah yang pertama kita panaskan minyak goreng kemudian tumis daun salam, bumbu halus dan serai. Lantas aduk-aduklah sampai tercampur rata dan wangi. Setelah itu masukkanlah potongan ayam, aduk-aduk serta masak sampai berubah warna.
2. Kemudian kita siapkan santannya.  Kemudian tuangkan santan, lantas aduk terus supaya santan tak pecah kemudian masukkan kentang serta tambahkan gula pasir, kaldu bubuk, merica dan garam. 
3. Kemudian masaklah sampai matang dan hingga tekstur daging ayamnya empuk. Sekali dua kali kita aduk-aduk supaya santannya tidak pecah.
4. Terakhir, kita angkat dan siap untuk kita sajikan opor ayam spesial bumbu kuning. Jangan lupa ketupat atau nasi putih hangatnya kita sertakan dalam penyajiannya. Selamat untuk menikmati.

Related : RESEP KREATIF OPOR AYAM KUNING PILIHAN BUNDA