RESEP KUE SRIKAYA KETAN ENAK

KUE SRIKAYA KETAN ENAK

Resep kue srikaya ketan enak sangat pas kita buat sendiri di rumah. Menjadikan satu kebahagiaan tersendiri ketika seluruha anggota keluarga bisa berkumpul dalam satu acara dan tempat. Terkhusus di rumah sendiri. Sebagai pelengkap bahagia dalam sebuah acara yakni sajian yang spesial dan enak harusnya. Kue basah salah satu pilihan yang tepat. Seperti dengan kue srikaya ini. Rasanya yang enak menjadi pas untuk kita sajikan. Srikaya ketan atau biasa disebut srikaya pulut merupakan salah satu jenis kue basah yang digemari oleh banyak orang, ciri khas kue ini adalah adanya nasi ketan (pulut) tepat di bawah kue.Kita bisa kok membikin sendiri di rumah. Sebab tidaklah sulit melakukannya. Mari kita lihat uraian resepnya di bawah ini :

Bahan A (Ketan): 
  • 500 gr Beras Ketan (Beras Pulut),
  • 250 ml santan kelapa dari setengah butir kelapa tua,
  • 1 sdt garam


Bahan B (Serikaya):
  • 300 gr gula pasir,
  • 5 butir telur ayam,
  • 60 gr tepung terigu,
  • ½ sdt vanili bubuk,
  • 50 ml air perasan daun suji/ pandan
  • 300 ml santan kelapa dari setengah butir kelapa tua


keterangan : Bahan diatas untuk porsi 20 Potong.


Cara Membuat Kue Srikaya Ketan atau Srikaya Pulut:
1. Rendamlah dulu  ketan (pulut) dalam air dingin selama 2-3 jam.
2. Kemudian kukus ketan (sama seperti saat kita mengukus nasi), dalam dandang panas selama 1/2 jam hingga setengah matang, setelah itu angkat dari perapian.
3. Terus kita didihkan santan dan garam (sambil diaduk agar santan tidak pecah). Lalu tuangkan santan panas tersebut ke dalam ketan (ketan setengah matang tadi), aduk sampai santan habis terhisap oleh ketan.
4. Kukus kembali ketan tersebut hingga kentan benar-benar matang.
5. Selanjutnya taruh ketan yang sudah masak kedalam loyang segi empat seukuran setengah dari tinggi loyang, lalu ratakan.

Sedangkan untuk membuat srikayanya anda dapat mengikuti langkah di bawah ini :
1. Pertama, kocoklah telur dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga lembut.
2. Campurkanlah kocokan telur dan gula diatas dengan tepung terigu, vanili, air perasan daun suji/pandan dan santan kelapa hingga menjadi adonan yang rata benar.
3. Selanjutnya tusuk-tusuk ketan yang ada dalam loyang (menggunakan garpu), kemudian tuangkan adonan srikaya di atasnya.
4. Kukus adonan dalam dandang panas (suhu 100-120 derajat celcius) selama 40 menit atau hingga kue matang.
5. Bila sudah dirasa cukup, silahkan angkat dan dinginkan sebelum dipotong dan disajikan.

Nah, kini kita sudah bisa menikmati lezatnya kue srikaya ketan. Mudah kan? Yukk langsung saja dipraktekkan resep kue srikaya ketan enak ini di rumah.
Baca pula : Resep Sate Kambing Empuk Lezat.

Related : RESEP KUE SRIKAYA KETAN ENAK