RESEP KREATIF KUE KERING LIDAH KUCING RENYAH ENAK

Resep kreatif kue lidah kucing renyah enak sederhana. Sebentar lagi kita memasuki hari istimewa yakni Lebaran atau Idul Fitri 1 syawal 1439 Hijriyah. Beberapa hari sebelum hari spesial itu, kita sudah menyiapkan segala sesuatunya. Dari bahan ketupat hingga daging ayam kampung untuk membuat masakan opor ayam nantinya. Namun, yang hampir tidak pernah absen dalam sajian hari raya yakni kue kering. Entah ini sebuah kebetulan atau apa gitu. Dari dulu sewaktu saya masih kecil memang di meja tamu selalu ada. Seolah kue ini menjadi syarat sajian kue yang lengkap untuk dihidangkan. Tak ada kue lidah kucing berarti boleh dikatakan ada yang kurang begitu. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya. Dari membeli di toko roti, toko bakery, toko kue, dan ada pula yang memesan kepada orang yang biasa membuatnya. Apalagi di zaman modern atau era informasi ini, kita bisa langsung pesan dengan semudah memencet tombol smartphone yang kita miliki. Tidak perlu waktu lama, langsung ada yang mengantarkannya ke rumah sekaligus kita membayarnya. Cukup praktis memang. Kita tentu bisa melakukan hal itu. Akan tetapi, lebih mantap dan menyenangkan bila membuat sendiri di rumah. Ada pengalaman yang berkesan gitu. Apalagi jika kue itu mau disajikan untuk khusus hari lebaran. Menurut situs wikipedia, kue lidah kucing merupakan kue kering yang bentuknya menyerupai lidahnya hewan piaraan kucing. Panjang dan tipis salah satu cirinya. Asal namanya dari bahasa Belanda yaitu "katte tong". Bahan dasar dari kue tersebut antara lain : tepung terigu, tepung maizena, margarin, gula, telur ayam, garam dan lain-lain. Kami berbagi resep lengkapnya berikut ini.

RESEP KUE LIDAH KUCING RENYAH SEDERHANA

RESEP KUE LIDAH KUCING RENYAH


Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  250 gram margarin
-  150 gram gula halus
-  250 gram tepung terigu
-  5 putih telur, kocoklah hingga kaku
-  1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Renyah :
1. Pertama kali kita panaskan oven sampai temperatur 160 derajat celcius dan siapkan loyang pipih atau loyang khusus lidah kucing, olesi dengan margarin, sisihkanlah.
2. Kemudian kita kocok margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan vanili bubuk dan tepung terigu, aduk rata. Lalu kita campur adonan dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk sampai merata.
3. Selanjutnya, masukkanlah adonan ke dalam plastik segi tiga, terus potonglah ujungnya sedikit dan semprotkan kue ke loyang.
4. Lalu pangganglah di oven selama 1/4 jam hingga kecokelatan dan matang, terus boleh kita angkat. Dinginkan terlebih dahulu. Jika sudah dingin maka langsung kita simpan di wadah yang kedap udara, misalkan di toples yang ditutup rapat. 


RESEP KUE LIDAH KUCING RAINBOW ENAK

RESEP KUE LIDAH KUCING RAINBOW


Bahan yang diperlukan :
-  100 gram mentega
-  150 gram margarine
-  100 ml putih telur
-  200 gram gula halus
-  Pewarna makanan, beragam warnanya
-  1 sendok teh vanilli essense
Bahan Adonan Tepung :
-  50 gram tepung maizena
-  200 gram tepung terigu
Cara Membuat Resep Kue Kering Lidah Kucing Pelangi Rainbow :
1. Pertama kali, aduklah rata beberapa bahan yakni gula pasir, mentega dan margarine menjadi satu dalam sebuah wadah besar. Aduk sampai dengan lembut dan mengembang. Sesudah tercampur dengan cukup merata, secara berhati-hati kita masukan vanila dan putih telur hingga semua adonan menyatu dengan baik.
2. Kemudian kita ayak adonan tepung menjadi satu dan campurkan sampai dengan merata. Masukan campuran adonan tepung tersebut ke dalam adonan yang kita buat dari awal. Aduk sampai semua bahan tersebut tercampur dengan benar-benar merata.
3. Sesudah adonan tercampur dengan merata, lalu buatlah menjadi 6 bagian sama rata. Sesudah itu, berikan warna berbeda pada setiap adonan tersebut. Setelah semua adonan memiliki warna sesuai dengan pewarna yang diberikan, kita masukkan ke dalam paping bag, kemudian sisihkan sebentar.
4. Oleskan margarine ke atas loyang kue satu demi satu kemudian taburkanlah terigu ke bagian atasnya. Ambilah adonan yang anda miliki dan dimasukan ke dalam paping bag, lalu spuitkan adonan kue tersebut ke atas loyang yang telah diberi olesan margarine. Susunlah warna yang kita miliki tersebut hingga membentuk paduan warna menarik pelangi yang indah.
5. Bila sudah selesai dengan mencetak kue tersebut sesuai dengan petunjuk di atas sampai dengan bahan menjadi habis, lalu pangganglah kue sampai benar-benar matang. Aturlah suhu hingga sekitar 150 derajat dalam waktu kurang lebih 20 menit atau kuenya sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang.
6. Bila sudah matang, angkatlah dan dinginkan sebentar. Kemudian bisa kita masukkan ke wadah yang kedap udara atau toples yang ditutup secara rapat.

RESEP KUE KERING LIDAH KUCING COKLAT MANTAP

RESEP KUE KERING LIDAH KUCING COKLAT


Bahan-bahan yang kita sediakan :
-  200 gram mentega
-  170 gram tepung terigu (protein sedang)
-  80 gram bubuk gula
-  70 gram gula halus
-  20 gram bubuk susu
-  1/4 sendok teh garam
-  1/2 sendok teh pasta cokelat
-  5 butir telur (ambil putihnya saja)

Penghias kue :
-  100 gram kacang kenari, diiris
Cara Membuat Kue Lidah Kucing Coklat Enak Gurih :
1. Langkah yang pertama kita kocok mentega dengan gula bubuk hingga memutih dan lembut selama sekitar 5 menit. Kemudian masukkan tepung terigu dan bubuk susu sambil diayak, aduk-aduk campuran sampai merata. Lantas, kita masukkan pasta cokelat dan aduk-aduk kembali hingga rata. Kocoklah putih telur dan garam, lalu masukkan gula halus sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok sampai adonan mengembang.
2. Kemudian kita tuangkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata. Terus kita masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, guntinglah dibagian ujungnya sepanjang 1 cm. Tekan dan keluarkan adonan ke dalam cetakan kue lidah kucing yang sudah diolesi dengan margarin. Panggang adonan sebentar saja hingga meleleh, lalu taburi adonan dengan irisan kacang kenari.
3. Lalu pangganglah kembali adonan tadi sampai menjadi matang. Bila sudah matang, segera angkat dan biarkan beberapa saat hingga kue menjadi dingin, lalu simpanlah di dalam stoples supaya bisa tahan lama. Untuk mengangkat kue dari cetakan sebaiknya ketika sudah dingin supaya kue tidak mudah pecah atau rusak bentuknya.


RESEP KUE LIDAH KUCING KEJU RENYAH

RESEP KUE LIDAH KUCING KEJU RENYAH ENAK

Bahan-Bahan yang diperlukan :
- 250 gram mentega
- 140 gram gula halus
- 150 gram keju cheddar, parut
- 225 gram tepung terigu
- 60 gram tepung maizena
- 50 gram keju cheddar, diparut, sebagai bahan taburan
- 77 cc telur, bagian putih

Cara membuat kue lidah kucing keju yang renyah :
1. Pertama kali, campurkan dua bahan dasarnya yakni mentega dan gula. Kocoklah kedua bahan tersebut hingga mengembang dengan sempurna benar. Bila sudah mengembang, masukkan putih telur, lalu teruslah mengocok adonan sampai merata.
2. Jika adonan telah rata, masukkan bahan penting lainnya yakni tepung terigu serta tepung maizena. Aduk lagi adonan hingga merata, kurang lebih selama 1 menit.
3. Sesudah adonan sudah rata, kini masukkan keju cheddar yang sudah diparut, lalu diaduk lagi hingga rata betul. Lantas kita panggang kue adonan kue. Siapkan plastik/ piping bag untuk menyemprot adonan, serta loyang kue yang akan kita gunakan untuk kue lidah kucing keju. Oleskanlah mentega tipis pada loyang kue. Masukkan adonan kue ke dalam piping bag, lantas gunting ujungnya untuk menyemprot adonan kue. Selanjutnya, semprotkan adonan kue lidah kucing keju kita di atas loyang yang sudah diolesi mentega. ( sebaiknya semprotkan adonan kue yang lebih besar atau lebar, agar nantinya kue lidah kucing keju kita nanti tidak terlalu kurus atau kecil). Taburilah dengan keju cheddar parut di bagian atas kue lidah kucing keju kita.
4. Apabila adonan kue sudah siap, panggang adonan kue di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih selama 20 menit hingga matang. Angkatlah loyang kue serta tunggulah sampai dingin. Setelah dingin, simpan di toples yang kedap udara. 


RESEP KUE LIDAH KUCING ORIGINAL NCC

RESEP KUE LIDAH KUCING NCC

Bahan yang diperlukan :
-  300 gr mentega/margarin
-  175 gr gula halus
-  2 butir kuning telur
-  1/2 sdt vanila pasta
-  1 sdm gula pasir
-  250 gr tepung terigu
-  25 gr susu bubuk full Cream
-  25 gr maizena
-  100 ml putih telur

Cara Membuat kue lidah kucing NCC asli :
1. Pertama kali kita kocok mentega/margarin, gula halus dan vanila hingga pucat, masukkan kuning telur, kocok lagi hingga mengembang dan rata. Masukkanlah tepung terigu, susu bubuk dan maizena, aduk rata.
2. Di wadah yang lain, kocoklah putih telur hingga berbusa. Masukkan gula pasir, kocok hingga kaku. Lalu kita masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan mentega, aduk hingga rata.
3. Masukkan ke kantong segitiga, spuitkan kecetakan lidah kucing. Untuk membuat efek zig zag garis warna coklat, campurkan hingga merata yakni 1 sendok makan adonan dengan 1 sendok teh coklat, lantas masukkan ke plastik segitiga, gunting ujungnya dan semprotkan secara zig zag di atas adonan lidah kucing yang telah dispuit. Kemudian kita panggang hingga matang. Angkat dan dinginkanlah. Lalu kita masukkan ke toples yang kedap udara.
Baca juga : Resep Kue Bika Ambon.

Related : RESEP KREATIF KUE KERING LIDAH KUCING RENYAH ENAK