RESEP SEBLAK MAKARONI PEDAS ENAK MANTAP

RESEP SEBLAK MAKARONI PEDAS ENAK

Resep seblak makaroni pedas enak spesial. Makanan ini asli khas dari kota Bandung Jawa Barat. Bahan dasarnya dari makaroni. Bunda yang selalu memasak untuk keluarga tentu saja tidak asing lagi dengan bahan tersebut. Jajanan ini dikenal luas meski tidak setenar mie ayam dan bakso. Namun, yang menjadikannya makanan favoritt juga tak sedikit. Tentu saja karena rasanya yang lezat. Komposisi berbagai bahan yang dijadikan satu dan ditambah pula dengan bumbu-bumbu pilihan memunculkan rasa istimewa. Di tambah dengan pula pedasnya yang begitu masuk kriteria pencinta kuliner pedas-pedasan. Semula nama masakan seblak hanya satu macam yakni seblak basah. Lalu muncul seblak kering. Semua banyak yang menyukai. Barulah ada seblak makaroni sekarang. Kita bisa buat sendiri kok di rumah. Bahkan, dengan mandiri seperti itu, akan lebih membahagiakan hati. Gak percaya? Cobalah buat agenda di hari libur atau waktu senggang lainnya untuk membuat sendiri. Apa pun hasilnya, pasti istimewa karena buatan sendiri. Selamat mencoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  100 gr makaroni
-  100 gr kerupuk ikan
-  1 btr telur
-  garam secukupnya
-  gula pasir secukupnya
-  kaldu bubuk secukupnya
-  air secukupnya
- bahan tambahan, dapat berupa
 : bakso, sosis, udang,  cumi, atau yang lainnya sesuai selera.
Bumbu Halus
-  3 siung bawang merah
-  1 siung bawang putih
-  2 ruas kencur
-  10 buah cabe rawit (atau jumlahnya bisa ditambah bila kurang pedas,  sesuai selera kita saja)
-  1 btr kemiri
Cara Membuat Seblak Makaroni Super Pedas
1. Langkah yang pertama kita rebus makaroni dan kerupuk ikan hingga lumer betul. Lalu, angkat dan kemudian masukkanlah ke dalam air dingin agar tidak saling menyatu satu sama lain. Atau bisa dengan ketika direbus, tambahkan 1 sendok makan minyak goreng. Sehingga tatkala sudah ditiriskan, makaroni atau kerupuknya tidak saling menyatu.
2. Yang kedua kita tumis bumbu halus hingga matang dan harum aromanya. Masukkanlah bahan tambahan seperti irisan bakso, sosis, udang, cumi atau bahan lainnya sesuai selera (bisa salah satu aja atau beberapa). Lantas kita tumis sebentar.
3. Kemudian kita masukkan telur, masak orak-arik hingga telur menggumpal. Lalu makaroni dan kerupuk mentah yang tadi sudah direbus. Bubuhkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk sebentar.
4. Lantas tuangkan air secukupnya, masak hingga mendidih. Jika suka seblak kuah, tambahkan air lebih bayak. Jangan lupa koreksi rasanya, tambahkan seperlunya jika masih dirasa kurang.
5. Terakhir, kita angkat dan sajikan seblak makaroni pedas selagi masih panas.

Baca juga : Resep Opor Ayam Lebaran 2018.

Related : RESEP SEBLAK MAKARONI PEDAS ENAK MANTAP