RESEP KUE KERING ALMOND KEJU ENAK

Resep kue kering almond keju sangat terkenal di jagad makanan nusantara. Utamanya bila sudah mendekati hari raya lebaran. Di awal bulan puasa saja sudah banyak orang yang mulai mencari sajian khas hari raya. Memang ada berbagai macam kreasi resep kue almond ini. Misalnya  saja : resep kue kering almond kismis, resep kue almond london, dan resep kue almond cheese coklat. Dari namanya kue ini, kita bisa tahu sebuah bahan spesial yang ada di dalamnya. Itulah kacang almond.
Bahan yang satu ini sebetulnya tidak termasuk tanaman kacang kacangan. Nama latinnya Prunus dulcis. Tetapi di dalam masyarakat kita sudah terlanjur memberi nama depannya kacang. Sehingga banyak yang menyebutnya kacang almond. Almond sendiri adalah bagian dari subkeluarga dari Prunoidae dan bagian dari famili Rosaceae. Sangat dekat dengan jenis buah persik dan ceri. Tanaman almond sendiri berasal dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Pohon almond menghasilkan buah almond. Bagian buahnya terdiri dari cangkang keras dengan biji serta lambung luar. Nama almond berbeda beda untuk tiap negara. Misalnya : almond terkait lainnya termasuk mandel atau knackmandel (Jerman),  almendra (bahasa Spanyol), mandorlo (bahasa Italia untuk pohon), mandorla (bahasa Italia untuk buah), dan amĂȘndoa (bahasa Portugis).
Di hari raya memang sangat identik dengan kue kering. Bila seorang anak ditanya, apa saja sajian lebaran yang sering ia temui. Maka jawabannya dapat kita perkirakan kurang lebih adanya makanan kue nastar, kue semprit, kue putri salju, dan kue kastangel. Ini memang sudah seperti budaya yang tidak tertulis. Tetapi tidak salah juga bila kita menyajikan kue yang lainnya. Malahan itu akan menambah aneka kue yang ada di meja tamu kita. Seperti halnya kita mau mempraktekkan resep kue kering almond tersebut. Untuk membuat sendiri kue dengan bahan utama kacang almond ini, mari kita cek aja uraian resepnya berikut ini.

RESEP KUE KERING ALMOND SEDERHANA

KUE KERING ALMOND SEDERHANA

Bahan-bahan :
250 gram mentega
150 gram kecang almond 
75 gram margarin
250 gram gula halus
1/2 sdt vanilli
5 kuning telur
500 gram tepung terigu
4 sdm susu bubuk

Bahan untuk olesan :
1/2 sdm mentega cair
2 kuning telur kocok

Cara membuat kue almond sederhana :
Pertama kocok mentega, gula halus, margarin dan vanilli hingga gula larut. Kemudian tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok selama kurang lebih 2 menit.
Masukan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan susu bubuk, aduk hingga rata. Bungkus adonan dengan pelastik, lalu simpan adonan dalam kulkas selama 60 menit, kemudian keluarkan adonan.
Tipiskan adonan dengan tebal 1/2 cm, Kemudian bentuk dengan menggunakan cetakan kotak (boleh dengan model cetakan lainnya). Pindahkan ke dalam loyang kue yang telah diolesi margarin.
Olesi permukaan kue dengan campuran kuning telur dan mentega cair, lalu beri hiasan dengan taburan kacang almond di atasnya.
Yang terakhir, panggang kue dalam oven bersuhu 170 derajat Celcius selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Keluarkan kue dari oven, dinginkan dan sajikan. Untuk lebih menjaga kualitas, simpan di wadah kedap udara.


RESEP KUE KERING ALMOND KEJU

KUE KERING ALMOND KEJU

Bahan yang dibutuhkan :
50 gr kacang almond yang sudah dicincang kasar
225 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
100 gr gula halus
25 gr mentega
125 gram margarin
25 gr susu bubuk
1 btr kuning telur

Bahan taburan kue :
keju cheddar atau diparut

Bahan olesan :
1 kuning telur

Cara Membuat Kue Almond Keju Sederhana :
Pertama, masukkan margarin dan gula ke dalam wadah lalu kocok secara merata. 
Tambahkan kuning telur, terus diaduk sampai adonan merata.
Masukkan maizena, tepung terigu, kacang almond yang dicincang, susu bubuk. Semuangnya kita aduk hingga menjadi kalis. Setelah itu, ambil sedikit adonan dan cetak dalam bentuk sesuai keinginan Anda. Mencetaknya dengan cetakan kue.
Lalu susun kue di dalam loyang yang sudah diolesi margarin serta pada bagian atasnya diolesi dengan kuning telur yang sudah dikocok.
Kemudian taburilah pada bagian atasnya dengan kacang almond dan keju yang sudah diparut. Lalu masukkan ke dalam oven. Kini tinggal kita panggan selama sekitar 25 menit dengan suhu 140 derajat C atau sampai matang. 
Bila sudah matang, angkatlah dan siap untuk disajikan. Bila sudah dingin, masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.

RESEP KUE KERING ALMOND ISTIMEWA

RESEP KUE KERING ALMOND


Bahan-bahan yang perlu disediakan :
200 gram mentega
75 gram margarin
150 gram kacang almond
250 gram gula halus
1/2 sendok teh vanili
5 kuning telur
1 putih telur
500 gram tepung terigu berprotein
4 sendok makan bubuk susu


Bahan-bahan olesan :
2 kuning telur kocok
1/2 sendok makan mentega (dicairkan)

Cara Membuat Kue Kering Almond Istimewa Enak Gurih :
Pertama, kocok mentega bersama dengan margarin, vanili serta gula halus hingga gula larut. Lalu tambahkan telur satu per satu sambil tetap di kocok selama kira-kira 2 menit. Selanjutnya masukkan tepung terigu berprotein yang sudah diayak bersama bubuk susu, kemudian aduk-aduk campuran hingga rata sempurna.
Bungkus adonan kue dengan menggunakan plastik, lalu simpanlah ke dalam kulkas. Biarkan adonan hingga waktu 1 jam, dan keluarkan adonan setelah 1 jam. Selanjutnya pipihkan adonan dengan tebal adonan kira-kira 1/2 cm. Bentuk adonan yang sudah dipipihkan tersebut menggunakan cetakan sesuai dengan selera masing-masing. Pindahkan adonan yang sudah dicetak kedalam loyang yang sudah diolesi margarin.
langkah selanjutnya olesi permukaan kue dengan menggunakan campuran kuning telur dan cairan mentega, berilah hiasan almon dipermukaannya. Pangganglah kue dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama kira-kira 25 menit hingga kue matang. Keluarkan kue yang sudah matang dan dingin kan beberapa saat lalu simpan ke dalam stoples yang rapat.

RESEP KUE ALMOND DENGAN TABURAN WIJEN PUTIH

KUE ALMOND DENGAN TABURAN WIJEN PUTIH

Bahan yang dibutuhkan :
150 gram mentega tawar dingin
50 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking powder
2 butir kuning telur
30 gram maizena
50 gram almond bubuk
175 gram tepung terigu protein rendah

Bahan Olesan :
1 butir kuning telur
1 sendok teh Susu evaporated

Bahan Taburan :
25 gram wijen putih

Cara Membuat Kue Kering Almond Dengan Taburan Wijen :
Kita mulai dengan mengocok mentega tawar dengan gula tepung, dan garam selama 1 menit.  kemudian masukkan kuning telur lalu kocok lagi sampai rata, kemudin  tambahkan almon bubuk, lalu  aduk rata.  Kemudian masukkan tepung terigu, maizena, dan baking powde sambil diayak dan diaduk rata sampai bisa dipulung.
Selanjutnya ambillah adonan sekitar 5 gram. bentuk memanjang 4 cm. kemudian letakkan di atas loyang yang sebelumnya telah dioles  margarin tipis.  Kemudian Olesi kue dengan bahan olesan.  pada bagian ujung-ujung kue ditaburi dengan wijen putih.
Lalu masukkan ke dalam oven selama 30 menit dengan api bawah pada suhu 150 derajat Celcius sampai menjadi kue yang matang.
Setelah matang, keluarkan dari dalam oven, dinginkan beberapa saat, kue kering almond pun siap disajikan. Jika ingin tetap renyah, simpanlah di dalam toples tertutup rapat.
Bahan pada resep kue di atas bisa untuk membuat sekitar 400 gram. Selamat mencobanya di rumah.
Baca juga : Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran.

Related : RESEP KUE KERING ALMOND KEJU ENAK