RESEP KREATIF KUE MUFFIN COKLAT LEMBUT RENYAH ENAK

RESEP KUE MUFFIN COKLAT LEMBUT RENYAH ENAK

Resep kreatif kue muffin coklat enak renyah manis. Pas sekali bila hari lebaran kita penuh dengan hidangan istimewa. Setiap tahunnya hari raya idul fitri menjumpai kita. Kue muffin coklat merupakan kue kering yang sangat disukai. Tatkala menghidangkan sajian di meja tamu, alangkah baiknya kita ikutkan kue tersebut. Dalam situs wikipedia, muffin adalah kue khas orang Inggris. Muncul di zaman Victoria. Di sana termasuk ue tradisional. Kala itu, banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan dan di atas kepala. Untuk, bahan dasarnya dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh dan kopi. Banyak orang memiliki cara makan kue muffin yang unik, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar citarasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri. Di Amerika juga punya muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dengan proses dipanggang. Untuk bahan utama tepung biasanya dapat diganti dengan tepung jagung. Di negeri kita, untuk memperolehnya tidak harus kita membeli di toko roti. Kita bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Dalam penulisan artikel blog resep masakan ini kita akan mencoba untuk membuatnya secara mandiri. Bahan yang kita butuhkan tidaklah begitu banyak. Kita akan menggunakan cupcake atau mangkuk kue. Proses membuatnya juga identik atau mirip dengan kue kering lainnya, seperti : kue semprit , kue kastengel , kue wafer, kue emoticon, dan kue putri salju.

Bahan utama yang diperlukan :
-  250 gram tepung terigu
-  2 sendok teh baking powder
-  250 ml susu segar
-  ½ sendok teh soda kue
-  4 sendok makan cokelat bubuk
-  ½ sendok teh garam
-  90 ml minyak sayur
-  100 gram gula pasir
-  1 sendok teh vanili esens
-  75 gram cokelat chips
-  75 gram keju cheddar, lalu potong kecil-kecil
-  1 butir telur ayam

Bahan Taburan:
-   50 gram cokelat chips
-   50 gram keju cheddar, dipotong kecil-kecil.

Cara membuat kue muffin coklat lembut enak :
1. Panaskan oven dan atur suhu hingga 180° Celcius. Sediakan cupcake atau mangkuk kue yang terbuat dari kertas, susun secara rapi di atas loyang datar.
2. Siapkan wadah cukup besar, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder dan soda kue menjadi satu. Tambahkan gula, cokelat chips serta keju. Aduk semua bahan ini menjadi satu dan pastikan ke semua bahan ini benar-benar rata. Lalu , siapkan wadah lain, masukan telur, susu, minyak dan vanili dan aduk menjadi satu. Kocok hingga semua bahan tersebut benar-benar menjadi satu.
3. Selanjutnya, tuangkan adonan telur tadi ke dalam wadah besar yang berisi tepung terigu sembari di aduk hingga merata. Setelah merata, tuangkan adonan tadi ke dalam cupcake atau wadah kertas hingga tiga per empat penuhnya.
4. Kini, taburi dengan cokelat chips dan keju. Lalu, panggang di dalam oven selama kurang lebih 1/2 jam. Angkat dan dinginkan. Kue muffin kita masukkan ke dalam wadah tertutup sehingga akan bertahan lama. Selamat mencoba ya. Bila hasilnya sudah enak bagusnya dibagi sama teman dan tetangga. Agar mereka ikut menikmati enaknya kue kita.
Baca juga : resep opor ayam.

Related : RESEP KREATIF KUE MUFFIN COKLAT LEMBUT RENYAH ENAK