RESEP PECEL KHAS SURABAYA LEZAT

RESEP PECEL KHAS SURABAYA

Resep pecel surabaya bumbu sambal khas enak lezat. Mendengar kata kota Surabaya maka teringat dengan pengorbanan para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan. Arek-arek Surabaya sangat terkenal dengan semangatnya. Namun, ada sisi lain dari kota yang merupakan ibukota Propinsi Jawa Timur ini. Kuliner pecel khasnya kini sedang menjadi bahan cerita para pelancong dan mereka yang mudik ke sana. Hari Lebaran kemarin tak hanya dimanfaatkan untuk silaturahmi dengan keluarga tercinta di kampung. Akan tetapi, mencicipi dan berburu kuliner juga tidak dilupakan para pemudik. Pecel memang sudah tak asing lagi bagi semua orang. Jajanan yang sudah menjadi favorit bagi banyak insan. Tak hanya bakso bakar , kue godok pisang , atau cilok goang saja yang terkenal. Banyak orang yang bercerita tentang asalnya masakan pecel ini. Misalnya saja versi yang mengatakan bahwa pecel berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Pecel bisa dinikmati untuk lauk bersama nasi putih. Misalnya untuk sarapan pagi, makan siang, atau makan malam. Bahkan, langsung disantap pun tak mengurangi enaknya. Boleh pula ditambahkan tahu , tempe , rempeyek , kerupuk, dan lain-lain. Kita pun bisa dengan mudah kok membuat pecel surabaya di rumah. Bahan dasarnya dari sayur mayur. Bagus sekali sayuran untuk kesehatan tubuh. Komponen dalam memasaknya ada tiga. Pertama bahan utama, bahan untuk membuat sambal kacang, dan bahan pelengkap saat penyajiannya nanti. Oke, kita cek uraian resepnya berikut.

Bahan yang diperlukan :
-  10 utas kacang panjang , dipotong-potong, rebus sampai layu
-  1 ikat kangkung, disiangi lalu rebus sampai layu
-  1 butir telur ayam , rebus dan belah dua
-  5 lembar kol , diiris kemudian rebus samapi layu
-  100 gram tauge segar, rendam dengan air panas sampai layu
-  5 buah mentimun , rebus sampai layu dan potong-potong
-  irisan tomat secukupnya
Bumbu untuk sambal kacang :
-  100 gram kacang tanah , sangrai
-  20 buah cabai rawit , boleh lebih bila ingin tambah pedas
-  3 cm kencur
-  air panas seperlunya
-  4 butir bawang merah, dibakar
-  2 siung bawang putih, bakar
-  2 buah tomat merah, dibakar
-  penyedap rasa secukupnya
-  garam secukupnya
-  gula merah secukupnya
Bahan Pelengkap :
-  bawang goreng
-  kerupuk ikan /udang / atau rempeyek
Cara Membuat Pecel Surabaya Sedap Lezat Enak :
1. Kita membuat dulu sambal kacang dengan cara mengulek sampai halus seluruh bumbu sambal kacang yang sudah kita siapkan tadi.
2. Lantas, kita siram sambal kacang dengan air panas supaya tidak begitu kental. Jumlah airnya tergantung keinginan kita.
3. Selanjutnya, letakkan sayuran yang sudah direbus layu di atas piring saji.
4. Tambahkan dengan irisan tomat serta belahan telur ayam rebus lalu siram dengan secukupnya sambal kacang yang sudah dibuat tadi dan beri taburan bawang goreng serta kerupuknya. Nah, kini pecel surabaya siap disajikan untuk orang-orang tercinta. 
Mudah, kan ? Baca juga : resep apem selong enak.

Related : RESEP PECEL KHAS SURABAYA LEZAT