RESEP MEMBUAT APEM SELONG TRADISIONAL ENAK

RESEP MEMBUAT KUE APEM SELONG TRADISIONAL ENAK

Resep membuat apem selong lembut sederhana enak empuk spesial asli tradisional. Menurut asalnya, kue ini dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Kue yang berserat ini termasuk jajanan kuliner pilihan. Ada yang menyebutnya renda atau ceylon. Sehingga jarang yang sampai melupakannya setelah pernah menikmatinya. Enaknya masih terasa sampai kunyahan terakhir. Seringkali kita tidak menyangka bahwa itu adalah makanan tradisi yang dilestarikan. Kalau dilihat sekilas, tampilan kue ini sangat mirip dengan serabi solo. Bagi yang gak jeli dan teliti, mungkin akan dianggapnya itu serabi. Kalo kita buka facebook, twitter, dan grup whatsapp, sering kita dengar orang-orang yang membahas apem selong. Bentuknya yang bulat menjadi ciri khas kue apem pada umumnya. Hanya saja di bagian tepinya terdapat kulit kering. Menarik dipandang. Kini kreasi dari apem selong bermacam-macam. Bahkan ada salah satu jenis yang pembuatannya tidak memakai telur serta air kelapa. Kuliner ini tergolong sederhana. Apabila dalam acara rapat, pengajian, walimah, syawalan, atau yang lainnya kita menghidangkan kue semisal: kue emoticon lucu, kue kastengel, kue nastar, kue bawang, kue putri salju, kue semprit, dan sejenisnya, mungkin banyak yang menganggap suatu yang biasa saja. Akan berbeda bilamana kita sajikan yang bernuansa alami dan tradisional banget seperti kue apem selong enak tersebut. Tentunya respon dari para tamu akan berbeda. Mereka menyambut hal itu dengan lebih senang. Orang dari malaysia menyebutnya resepi apam selong. Dengan menyediakan bahan berupa tepung beras, air kelapa, tepung tapioka, santan, telur ayam dan beberapa yang lainnya, kita sudah bisa membuatnya sendiri. Praktis dan tidaklah sulit dalam prosesnya. Silakan baca aja resepnya. Jikalau kita punya jiwa wirausaha, mungkin ini bisa menjadi peluang bisnis yang prospek. 

Bahan yang diperlukan :
-  400 ml air kelapa
-  500 gr tepung beras
-  650 gr gula pasir
-  50 gr tepung tapioka
-  garam secukupnya
-  600 ml santan kental
-  4 butir telur ayam
-  2 sdm ragi instan
-  vanilli secukupnya
- daun pandan, dipotong kecil seperti bentuk tanda lebih kecil/ besar (<)
Baca artikel menarik : resep telur dadar.
Tahap Pertama yakni dengan kita membuat Adonan Apem Selong Dulu :
1. Terlebih dahulu kita campurkan 2 sdm ragi instan kedalam 400 ml air kelapa, aduk hingga ragi agak melarut dan sementara kita sisihkan dulu.
2. Kemudian kita campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam , gula pasir, dan vanili kedalam satu wadah besar dan aduk hingga tercampur merata. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan ayakan tepung untuk mencegah penggumpalan serta tepung dapat tercampur dengan sempurna.
3. Selanjutnya, masukkan air kelapa dan ragi instan yang sudah kita buat sebelumnya kedalam campuran tepung sedikit demi sedkit agar tidak menggumpal diselingi dengan memasukkan telur ayam sambil terus diuleni. Lalu masukkan santan kental kedalam adonan dan uleni terus adonan sampai benar-benar merata.
4. Langkah berikutnya, diamkanlah adonan selama minimal satu jam atau lebih. Sebab di sini kita menggunakan ragi instant, maka ragi memerlukan waktu untuk menginkubasi adonan agar dapat mengembang dengan sempurna.
Sesudah tahap pertama selesai, barulah kita membuat apem selong enak :
1. Apabila adonan telah benar-benar mengembang, setelah kurang lebih satu jam, dan adonan dipenuhi dengan gelembung-gelembung udara, maka adonan telah siap untuk diproses ke tahap berikutnya yakni langsung saja kita siapkan cetakan, panaskan terlebih dahulu menggunakan ap sedang hingga benar-benar panas merata.
2. Kemudian tuangkan adonan apem selong ke dalam cetakan, untuk takarannya perkirakanlah dengan volume dan luas cetakan. Usahakan adonan melebar ke samping cetakan untuk membentuk pinggiran agar apem selong terlihat lebih menarik. Tunggulah beberapa saat sampai adonan apem selong mengembang di dalam cetakan. Setelah adonan mengembang, tutup cetakan dan biarkan apem selong matang, cirinya pinggiran tipis apem selong mulai berubah warna menjadi kecoklatan. Jangan lupa letakkan potongan daun pandan wangi sebagai hiasan dan penambah harum aromanya.
3. Sekarang apem selong sudah siap diangkat dan disajikan kepada orang-orang tercinta atau juga para tamu.

Related : RESEP MEMBUAT APEM SELONG TRADISIONAL ENAK