RESEP MASAKAN KARE AYAM HOMEMADE PEDAS LEZAT

RESEP MASAKAN KARE AYAM HOMEMADE PEDAS LEZAT ENAK

Masakan kare ayam kental lezat khas rasa lezatnya. Sangat sering kita menikmati masakan dengan bahan dasar dari daging ayam. Baik dari jenis ayam kampung maupun ayam ras. Sekilas dilihat oleh indera penglihatan kita, kare ini mirip banget dengan masakan opor ayam. Namun, bila dicermati tentunya beda. Rasanya apalagi, jelas tidak sama. Kare ayam ini banyak dijajakan di daerah Jawa Tengah. Tatkala bepergian atau sekadar jalan-jalan keliling kota di daerah Sukoharjo dan sekitarnya. Maka kita akan mendapatkan banyak warung yang menjual masakan enak ini. Akan tetapi, ada pula yang mengatakan bahwa di Bali dan Surabaya (Jawa Timur) pun banyak ditemui masakan spesial kare tersebut. Santan yang kental menjadi semakin mantap rasanya. Maka sangat disarankan kita memakai santan yang didapatkan dari kelapa yang diparut langsung. Dalam daftar bahan yang digunakan nanti, kita akan memakai jenis santan kental dan juga yang encer. Ini akan menghasilkan kuah yang jauh lebih bagus kualitasnya. Racikan bumbunya memang harus tepat sesuai takaran. Untuk menghasilkan santapan lezat kare ala homemade, perlu kita memulai memasaknya. Tentang pedas atau tidaknya, bisa kita sesuaikan dengan selera. Tapi, sering kita dengar komentar, kalau kare tidak ada pedasnya meskipun sedikit, kayaknya masakannya gak berasa. Nah, oleh sebab itu kita mesti bijak dalam menentukan jumlah cabai yang akan kita pakai. Warna kuning pada kuahnya dikarenakan kita menggunakan kunyit. Tentu dengan ini teman-teman tidak hanya menemukan nilai plus dari rasa masakan, tapi nilai khasiat dari kunyit akan menambah sumbangsih bagi meningkatnya kesehatan tubuh kita ini. Baiklah, mari kita baca bersama resep lengkapnya berikut.

Bahan yang diperlukan :
-  1 kg ekor ayam kampung, (boleh juga memakai ayam ras)
-  3 sdm minyak goreng
-  2 1/2 cm kayu manis
-  2 tangkai serai, ambil bagian putihnya, memarkan
-  700 ml santan encer
-  ¼ butir kelapa
-  1 sdt garam
-  125 ml santan kental
-  1 sdm ketumbar
-  10 butir bawang merah
-  1 sdt jintan
-  3 siung bawang putih
-  6 buah cabai merah
-  2  1/2 cm jahe
-  4 butir kemiri
-  5 cm kunyit
Baca pula : Resep Sate Kambing Khas Idul Adha.

Cara Membuat Kare Ayam Spesial Terlezat:
1. Langkah pertama, potonglah ayam menjadi 12 bagian yang besarnya diusahakan hampir sama antara satu sama lainnya. Lalu sisihkan.
2. Kemudian kita panaskan minyak di atas api sedang, tumis bumbu cabai, kayu manis, dan serai sampai muncul aroma harum. Biasanya memakan waktu sekitar 4 menit. Terus bubuhkan bumbu rempah, aduk rata selama 3 menit.
3. Kini masukkan potongkan ayam, aduk sampai ayam kaku dan bumbu rata. Tambahkan santan encer dan garam. Lalu didihkan sambil aduk sesekali (pada langkah ini wajan jangan ditutup). Selanjutnya, masak sampai ayam empuk dan bumbu mengental atau sekitar 1/2 jam. Bila belum empuk tambahkan sedikit air, masak terus sampai empuk.
4. Kini kita tuangkan santan kental, masak sambil aduk sesekali selama 2-3 menit sampai mendidih. 
5. Terakhir, kita bisa langsung angkat dan siap disajikan. 
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Cilok Goang Enak .

Related : RESEP MASAKAN KARE AYAM HOMEMADE PEDAS LEZAT