RESEP KREATIF KUE KERING SAGU KEJU SPESIAL LEBARAN

RESEP KREATIF KUE KERING SAGU KEJU LEBARAN

Resep kue sagu keju sederhana kelapa enak khas lebaran. Beberapa hari ini di tema perbincangan teman satu kantor lagi hangat tentang persiapan hari raya. Kapan mau melakukan mudik ke orang tua di kampung menjadi trending topic. Naiknya mau pesawat terbang, kereta api, bus, kapal laut, mobil pribadi, atau bahkan sepeda motor. Kemudian, mengenai fashion atau pakaian untuk pas hari Idul Fitri. Berbagai model dan warna disertai dengan harganya masing-masing menjadikan ngobrol semakin menarik. Yang terakhir, tak bisa dipungkiri tentang menu sajian untuk hari Lebaran nantinya menjadi perhatian pula. Memang bunda dan sis di rumah paling ahli dalam urusan menyiapkan menu makanan kue dan lainnya. Meja tamu di rumah penuh dengan makanan enak di hari itu. 

Dominasi sajian biasanya jenis kue kering. Diantara kue yang terkenal seperti kue kastengel, kue bawang, kue semprit, kue coklat, kue putri salju, dan lain-lain. Ada satu yang bisa kita jadikan pembahasan. Yaitu kue kering sagu keju. Mungkin teman-teman sudah pernah mendengarnya. Dan apabila mau membeli kue tersebut tidak sulit mencarinya. Banyak yang menjajakannya. Namun, jika kita membuatnya sendiri di rumah, tentu hal ini akan menjadikan kebanggaan tersendiri. Kue kita dimakan para tamu istimewa menjadikan hati bertambah bahagia di hari penuh kemaafan itu. Ditemani kue sagu yang renyah, ngobrol dengan keluarga, kerabat, teman atau rekan semakin akrab aja. Bahan dasar kue sagu tidak jauh berbeda dengan cookies lainnya.


Bahan-bahan yang perlu kita siapkan :
-  300 gram Tepung Sagu kualitas baik,
-  100 gram Margarin,
-  50 gram Butter atau mentega,
-  150 gram Gula Putih Halus atau Gula bubuk,
-  1 butir kuning telur Telur Ayam ukuran sedang,
-  50 gram Santan kental, dari perasan buah kelapa untuk hasil yang renyah,
-  2 lembar Daun Pandan, masih segar,
-  100 gram Keju Edam (Keju tua), parut kejunya

Cara membuat Kue Sagu Keju Renyah :
1. Langkah yang pertama, kita sangrai 300 gram Tepung Sagunya dan 2 lembar daun pandannya sampai daun mengering. Gunakan api sedang supaya tidak gosong. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar. Masukkan 100 gram margarin, dan 50 gram mentega butternya. Kocok menggunakan mixer sampai tercampur rata dan berwarna putih.
2. Selanjutnya, masukkan 150 gram Gula halusnya. Mixer lagi sampai tercampur rata.
Masukkan kuning telur. Mixer kembali sampai semua bahan tercampur rata. Ambil satu wadah lagi. Masukkan Tepung sagu yang sudah disangrai di atas dan 100 gram keju parutnya. Campur kedua bahan tersebut sampai rata.
3. Kemudian masukkan campuran di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit dan campur sampai rata. Masukkan 50 ml santan kentalnya dan aduk kembali sampai semua bahan rata.
Masukkan ke dalam plastik contong untuk membentuk adonan kuenya. Semprotkan ke dalam loyang sampai semua bahan habis. Jangan lupa loyang sebelumnya sudah di olesi dengan mentega tipis dan tepung supaya tidak lengket.
4. Terakhir, panaskan oven sampai mencapai suhu kurang lebih 160 sampai 170 derajat. Panggang ke dalam oven sampai matang. Angkat, dingingkan dan lalu kita masukkan ke wadah yang kedap udara. Praktis dan siap untuk dihidangkan.

Mudah saja kan? Tentu pingin kan kita buat sendiri? Yuk, kita praktekkan resepnya di rumah. Lebaran di tahun ini akan semakin spesial saja.
Baca juga : resep es kepal milo segar sederhana.

Related : RESEP KREATIF KUE KERING SAGU KEJU SPESIAL LEBARAN