ANEKA RESEP KREATIF NASI UDUK SEDERHANA ENAK

Aneka resep nasi uduk sederhana enak lezat gurih mantap praktis spesial dan nikmat. Teman-teman tentu sudah tak asing lagi mendengar tentang masakan yang istimewa ini. Teringat pada kenangan indah tatkala olah raga pagi. Waktu itu hari libur. Tepatnya libur di akhir pekan. Bersama suami dan anak-anak malam-malam sudah merencanakan untuk liburan. Tapi mau kemana. Tujuannya kemana, masih belum diputuskan. Anak-anak minta ke tempat simbah di Yogya sana. Tapi setelah dirunding dengan suami, ia mengatakan kalau bulan depan saja pergi ke tempat kakek nenek. Bertepatan dengan pesta pernikahan keponakan. Anak-anak pun setuju. Gantinya dari rencana tersebut ialah jalan-jalan di pagi hari dengan bersepeda. Nanti ada makan bersama di pasar tradisional yang menunya menggugah selera. Di sana lengkap sekali menunya. Suami suka, aku senang, dan anak-anak pun cocok dengan berbagai masakan maupun makanan pasar itu. Jadinya wisata kuliner deh. Setelah lelah bersepeda akhirnya benar-benar  mampir di pasar pada jam 9-an. Sinar matahari sudah mulai terik saat itu. Pesan es jus dan nasi uduk. Aku menikmati menu itu bersama suami dan anak-anak. Semua suka dan merasa senang. 
Nasi uduk ialah makanan dengan bahan dasar nasi putih. Cara memasaknya dengan diaron serta dikukus memakai santan kelapa. Maksudnya mengaron ialah cara menanak nasi tanpa menggunakan rice cooker, magic com atau mesin modern lainnya. Mengenai santannya ini diperoleh dari parutan kelapa. 
Satu hal yang penting untuk diketahui juga bahwa penamaan nasi uduk ini ada kaitannya dengan ibadah kaum muslimin. Nama "uduk" mirip dengan kata "wudhu". Setiap hendak menjalankan ibadah shalat, tiap muslim melakukan wudhu terlebih dahulu. Cara melakukannya yakni dengan mencuci kedua tangan, kumur-kumur sekaligus menghirup air ke hidung, membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai siku, mengusap kepala dilanjutkan memasukkan jari tengah ke lubang telingan serta membersihkannya, dan terakhir mencuci kedua kaki. Hikmah dari praktek ibadah wudhu adalah untuk bersuci dari kotoran. Kembali ke nasi uduk tadi. Nasi uduk dibuat dengan membersihkan berasnya lalu dicampur dengan santan yang warnanya putih. Ini menunjukkan bersih dan putihnya nasi tersebut. Sama dengan tata cara dan hikmahnya orang melakukan wudhu. Dalam dakwah awal Islam dahulu, khususnya di tanah Jawa, para dai kadang membuat sebuah lambang supaya mudah diterima masyarakat luas dan yang masih awam.
Dalam penyajian dari nasi uduk ini dihidangkan bersama : kering tempe, tahu goreng, telur dadar yang diris-iris kecil, abon , bawang goreng, ayam goreng, ayam bakar, sambal kacang, timun yang diris-iris, lele goreng dan bakar, dan sebagainya. Cocok untuk menu makan pagi, siang, atau pun malam. Gurihnya dan pulennya nasi ini sepertinya belum tertandingi. Selamat menyimak aneka resep nasi uduk di blog resepkreatifmasakan ini.

RESEP NASI UDUK BETAWI ASLI SEDERHANA

NASI UDUK BETAWI ASLI SEDERHANA

Bahan dan Bumbu :
  • 1 kg beras, cuci
  • 1 sdm garam
  • 1.250 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 4 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun pandan



Cara membuat nasi uduk sederhana  :
  1. Masak beras bersama santan, serai, daun salam, daun pandan dan garam hingga mengering.
  2. Kemudian kukus nasi hingga matang. Angkat dan hidangkan dengan pelengkap sajian sesuai selera.



RESEP NASI UDUK RICE COOKER

NASI UDUK RICE COOKER GURIH

Bahan :
  • 3 cangkir beras, cuci bersih
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • air secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1 kotak (200 ml) santan kara, misal ada akan ebih baik diganti santan asli dari parutan kelapa


Cara membuat nasi uduk dengan rice cooker :
  1. Masukkan beras ke dalam wadah rice cooker, masukkan santan kara dan air, aduk rata. Masukkan daun salam, serai, garam, aduk rata.
  2. Nyalakan rice cooker hingga 20 menit atau ¾ matang, aduk sebentar dan perlahan hingga santan rata lalu tutup kembali. Setelah matang, aduk lalu tutup sebentar hingga nasi tanak. Angkat dan sajikan.
  3. Seperti halnya nasi putih biasa, nasi uduk juga enak dihidangkan dengan beragam aneka lauk pauk atau teman nasi lainnya. 


RESEP NASI UDUK KUNING GURIH

NASI UDUK KUNING ENAK

Bahannya :
  • 1/2 kg beras putih
  • 4 cm kunyit
  • 2 sendok makan garam
  • 350 ml santan
  • 2 tangkai serai yang sudah di memarkan
  • 2 lembar daun salam



Cara Membuat Nasi Uduk Kuning :
  1. Cuci bersih 1 kg beras pada air yang mengalir. setelah beras tercuci bersih tiriskan beras.
  2. Panaskan panci yang berisi 350 ml santan dan tambahkan beras. Aduk sampai mendidih lalu masukkan 2 tangkai serai , 2 lembar daun salam dan 4 cm kunyit yang sudah dihaluskan. Biarkan sampai beras matang kurang lebih selama 45 menit.
  3. Angkat panci dan taruh nasi uduk kuning ke dalam wadahnya.
  4. Untuk topingnya anda bisa menaburkan bawang goreng merah atau menambahkan lauk pauk seperti irisan telor dadar, ayam suwir, tempe orek , sambal dan jangan sampai lupa kerupuknya. Semua tergantung selera anda.

Baca juga : Resep Kue Nastar Sederhana .

Related : ANEKA RESEP KREATIF NASI UDUK SEDERHANA ENAK