ANEKA RESEP KUE KERING PUTRI SALJU SPESIAL LEBARAN

Resep kue kering putri salju enak gurih renyah spesial istimewa lebaran. Sebentar lagi hari itu akan hadir di tengah keluarga kita. Sebuah moment yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Hanya sekali dalam setiap tahunnya. Terkadang bisa terjadi dalam satu tahun dua kali hari raya idul Fitri. Tetapi hal itu periodenya tidak terjadi dalam 10 tahun. Namun, jauh lebih dari itu. Mengapa begitu? Karena jumlah hari tahun masehi berbeda dengan penanggalan tahun hijriyah yang menjadi patokan penentuan hari raya idul fitri tersebut. Jumlah hari dalam penanggalan kalender masehi 365-366 hari dalam setahun. Sedangkan pada kalender hijriyah jumlahnya 354-355 hari selama setahunnya. Penanggalan masehi diawalai dari bulan Januari, disusul Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember. Sedangkan, untuk kalender hijriyah diawali Muharam, Shafar, Rabi'ul Awal, Rabi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadan, Syawwal, Zulqaidah, dan Zulhijah. Tanggal 1 Syawal itulah yang merupakan hari Lebaran, dimana sebelumnya kaum muslimin melaksanakan puasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh. Sedikit gambaran buat teman-teman pembaca. Satu yang penting dalam menyambut hari raya lebaran adalah kita bermaaf-maafan kepada orang tua, anggota keluarga, sanak saudara, karib kerabat, tetangga, rekan kerja, dan orang-orang yang sering berhubungan dengan kita saban harinya. Di samping itu, menghadirkan menu sajian di ruang tamu rumah kita menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Banyak yang bisa kita hidangkan, misalnya : kue bolu, kue nastar, kue kastengel, kue bawang, kue semprit, kue bika ambon, kue kering coklat, dan kue emoticon lucu. Satu yang mungkin bisa jadi pilihan untuk kita di tahun ini ialah kue putri salju. Menurut, situs wikipedia, kue putri salju adalah sebuah kue kering yang bentuknya seperti bulan sabit, di bagian atasnya tertutup oleh gula halus layaknya salju yang kita lihat. Mudah kita membuatnya sendiri di rumah. Ini kita lakukan dari pada harus membeli di luar. Buatan sendiri tentu lebih spesial gitu. Mengenai bahannya yang utama atau bahan dasar, diantaranya dari tepung maizena, tepung terigu, kuning telur, dan mentega. Proses pembuatannya dengan dipanggang hingga matang di dalam oven. Rasanya enak, manis, gurih menjadikan banyak orang menyukainya. Ditambah lagi, tatkala kita mengigitnya ada rasa dingin gitu. Ini tidak kita temukan pada kue-kue yang lainnya. Dalam perkembangannya, ada banyak aneka kue salju berbagai rasa. Oke, kita langsung aja baca beberapa resep kreatif dalam membuat kue putri salju ini. Saya yakin para pembaca memerlukan resep kue kering seperti ini. Apalagi pada hari-hari menjelang lebaran seperti saat ini. Meski lebaran di rumah saja tetapi tetap penting untuk menyajikan kue istimewa pilihan keluarga. Selamat menyimak resepnya berikut.

RESEP KUE PUTRI SALJU LEMBUT ASLI KLASIK
RESEP KUE PUTRI SALJU LEMBUT ASLI KLASIK GURIH

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  1 kg tepung terigu
-  750 gram mentega
-  25 gram susu bubuk
-  150 gram keju
-  1 sdm roombutter
-  2 sdm gula halus
-  1/2 sdt vanili
-  5 butir  kuning telur

Bahan taburan :
-  Keju secukupnya, bisa keju edam atau keju kraft
-  150 gram gula halus 

 Baca juga artikel menarik : resep bakso goreng sederhana.

Cara praktis membuat kue putri salju asli lembut :
1. Langkah pertama, masukkan semua bahan ke dalam wadah berukuran besar, kemudian campur dan aduk semua bahan tersebut hingga lembut. Setelah itu, parut keju ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata.
2. Kemudian giling/ pipihkan adonan, lalu cetak berbentuk bulan sabit atau bentuk lainnya yang anda sukai. Kemudian letakkan ke dalam loyang yang telah diolesi dengan mentega. Bentuk semua adonan hingga habis. 
3. Selanjutnya, panggang selama 1/2 jam ke dalam oven dengan suhu 150 °C atau ke dalam panci pengukus menggunakan api sedang. Jadi, untuk pemanggangan bisa melalui dua cara, silakan dipilih.
4. Bila telah matang, angkat, diamkan sebentar, lalu taburi dengan gula halus dan keju secukupnya. Masukkan ke dalam toples dan kue putri salju pun sudah siap dinikmati. Mantap rasanya.


RESEP KUE PUTRI SALJU KACANG METE ENAK
RESEP KUE PUTRI SALJU KACANG METE

Bahan Membuat Kue Putri Salju Kacang Mede :
-  250 gram mentega
-  100 gram gula halus
-  200 gram kacang mete (panggang, haluskan)
-  250 gram tepung terigu

Bahan Taburan :
-  gula donat, secukupnya
-  150 gram gula bubuk yang dicampur dengan ½  sdt vanilli (bila suka)

Baca juga artikel menarik : resep opor ayam khas lebaran.

Cara Membuat Kue Putri Salju Kacang Mede atau Mete :
1. Pertama, kita kocok mentega dan gula halus hingga rata dan pucat kurang lebih sekitar 2 menit tergantung mixer masing-masing. Tambahkanlah kacang mete yang sudah dipanggang dan dihaluskan, kemudian tepung terigu, aduk sampai rata, kita bisa menggunakan sendok kayu.
2. Kemudian kita bulatkan adonan kemudian simpan dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit, setelah itu, keluarkan dari kulkas dan bentuk atau cetak bulan sabit.
3. Lalu kita susun dalam loyang cookies yang sudah dioles margarin sebelumnya, panggang dalam oven dengan suhu 140 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit, atau hingga kue matang dan renyah rasanya. Kita tak perlu menunggu kue terlihat kecoklatan. Cukup kalau sudah dirasa kering dan matang langsung diangkat saja. Tatkala kue putri salju masih panas, gulingkan ke dalam gula bubuk biasa, setelah terbalut rata dengan gula, terus gulingkan kembali ke dalam gula donat.
4. Yang terakhir, dinginkan, bila sudah dingin maka masukkan dalam toples atau wadah yang tutup rapat agar bisa bertahan lama. Lakukan penataan di toples agar tampilannya lebih enak dilihat.


RESEP KUE PUTRI SALJU PANDAN MENAWAN
RESEP KUE PUTRI SALJU PANDAN MENAWAN

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  150 gram margarin 
-  75 gram gula tepung 
-  1/4 sendok teh Esens pandan 
-  3 tetes pewarna hijau tua 
-  100 gram kacang tanah bubuk 
-  150 gram tepung terigu protein rendah 
-  30 gram tepung maizena 
-  20 gram susu bubuk full cream 
-  1 butir kuning telur 

Bahan taburan :
-  100 gram gula tepung

Cara Membuat Kue Putri Salju Pandan Enak :
1. Pertama, kita kocok margarin dan gula tepung kurang lebih selama 1 menit. Tambahkan kuning telur, esens pandan, dan pewarna hijau tua. Kocok rata. Selanjutnya masukkan bubuk kacang tanah, aduk rata. 
2. Kemudian tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan di aduk-aduk sampai rata. Lalu pulung adonan dan bentuk  bulan sabit, bunga, bulat atau persegi, ini sesuai selera. Lantas, letakkan adonan yang sudah di bentuk di loyang yang dioles margarin.
3. Setelah itu oven kurang lebih selama 17 menit dengan suhu 150 derajat celcius sampai matang. Bila sudah matang, angkatlah dan diamkan sampai dingin.
4. Langkah terakhir, gulingkan kue putri pandan ke gula tepung dalam kantung plastik, pastikan merata. Lalu masukkan toples atau wadah kedap udara lainnya dengan tertata rapi supaya menarik dipandang, siap untuk disajikan sekarang.


RESEP SEDERHANA KUE PUTRI SALJU ISI KISMIS


Bahan yang diperlukan :
-  150 gram margarin 
-  50 gram gula putih halus
-  1 kuning telur
-  100 gram gula halus bubuk atau icing sugar
-  100 gram kacang tanah sangrai, haluskan
-  175 gram terigu protein rendah
-  15 gram susu bubuk

Bahan isian :
-  Kismis, rendam air panas dulu hingga mekar, lalu tiriskan dan kita keringkan

Cara Membuat Kue Putri Salju Isi Kismis Enak :
1. Langkah pertama, kocoklah margarin dan gula selama 1 menit, tambahkan kuning telur. Kocok hingga rata.
2. Kemudian tambahkan kacang bubuk, aduk rata dengan spatula
Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak dan di aduk rata. Ambilah sedikit adonan dan dibentuk bulat kelereng, pipihkan dan isi dengan kismis, bentuk bulat kelereng lagi.
3. Lalu oven selama kurang lebih 20 menit dalam suhu oven 160 derajat Celcius. Setelah matang, keluarkan, dan langsung taburi atau gulingkan ke gula bubuk putih. Simpan dalam wadah tertutup rapat agar tahan lama.
Baca juga : resep rendang daging sapi lezat.

Related : ANEKA RESEP KUE KERING PUTRI SALJU SPESIAL LEBARAN