RESEP KREATIF NASI GORENG JAWA ISTIMEWA

RESEP KREATIF NASI GORENG JAWA

Resep nasi goreng asli jawa sederhana enak rasanya. Pada malam beberapa hari ini hujan mengguyur wilayah tempat tinggalku. Rumahku yang biasanya tidak sampai airnya masuk ke dalam pun jadi basah karena derasnya hujan. Suhu udara menjadi dingin sekali. Jadi enak untuk langsung tidur, nih. Tetapi ternyata malam itu belum makan malam. Jadinya perut masih lapar rasanya. Belum masak juga lagi karena baru saja pulang dari tempat keluarga di kampung. Hari lebaran biasa dipake untuk mudik berkunjung kepada handai taulan. Sampai rumah sudah jam 5 nan sore. Tubuh sudah lelah sekali untuk langsung pergi ke dapur menyiapkan makan malam. Memilih tiduran aja sebentar untuk melepas lelah sambil menunggu waktu shalat magrib. Kini, lantas mulai berpikir untuk cari menu apa yang bisa disajikan. Akhirnya buka HP dan cari info menu masakan makan malam. Ada banyak pilihan seperti opor ayam, rendang daging, tempe, tahu, atau telur dadar. Akhirnya milih yang nasi goreng. Karena sesuai permintaan suami dan anak-anak. Karena waktu sudah mau malam, langsung saja cari bahan masak di kulkas. Alhamdulillah semuanya sudah tersedia meskipun tidak bahan segar semuanya. Namun masih layak dan bagus untuk dimasak. Saya pilih yang nasi goreng jawa. Terinspirasi dari nama bakmi atau mie jawa yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan jalur pulang mudik dari kampung. Saya mau ceritakan bahan dan bumbunya di blog ini. Bahan dasarnya nasi putih. Kemudian daging sapi dan udang basah yang telah dikupas kulitnya. Untuk bumbu-bumbunya saya siapkan antara lain cabe merah, bawang merah dan putih, gula pasir, ketumbar. Agar sajian semakin nikmat kita lengkapi dengan kerupuk, mentimun, tomat, dan bawang goreng untuk ditaburkan nantinya. Baiklah yuk, kita lihat langsung resepnya berikut.

Bahan yang diperlukan :
- 500 gr nasi
- 200 gr daging sapi rebus, potong panjang tipis
- 100 gr udang basah, kupas kulitnya
- 2 sdm kecap manis
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Yang Dihaluskan :
- 4 buah cabai merah, buang biji
- 1 sdt terasi
- 6 buah bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- ½ sdt gula pasir
- 1 sdt garam

Pelengkap Nasi Goreng Jawa :
- 2 butir telur ayam, buat dadar
- 2 buah mentimun, kupas, potong-potong
- Kerupuk secukupnya
- Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa Lezat :
1. Langkah pertama kita tumis bumbu halus hingga harum. Beri 3 sendok makan air dan kecap manis, aduk rata.
2. Kemudian masukkan daging dan udang, aduk sebentar. Masukkan nasi, aduk terus hingga rata betul di atas api kecil, angkatlah. 
3. Kini siap untuk disajikan dengan taburan bawang goreng, telur, irisan mentimun, tomat dan kerupuk. Sebaiknya sajikan saat masih hangat. Baca juga : Resep Tumis Buncis .

Related : RESEP KREATIF NASI GORENG JAWA ISTIMEWA