ANEKA RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN LEZAT

ANEKA RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN NIKMAT

Resep sederhana tongseng kambing khas tanpa santan pedas lezat. Masakan ini yang terkenal adalah dari solo (Jawa Tengah) , betawi, dan Jogja. Setiap menjelang hari raya idul Adha banyak persiapan yang semestinya dilakukan. Dari menyiapkan uang untuk membeli hewan kurban, yang mana kalo kambing untuk berkurban satu orang dan sapi bisa untuk maksimal tujuh orang. Meski kalau satu orang pun boleh sekali berkurban satu ekor sapi. Namun, sebab harga sapi yang layak untuk dijadikan hewan kurban juga tidak murah tentu hanya mereka yang berkantong tebal (baca : kaya) yang mampu melakukannya. Selain itu, H - 1 Idul Adha kaum muslimin disunahkan untuk melakukan puasa selama satu hari yang disebut puasa arafah. Pada saat hari raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijah itu juga ada ibadah sholat idul adha pada waktu pagi harinya. Setelah itu, barulah melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban. Waktunya tidak hanya satu hari sahaja. Pelaksanaannya sampai H + 3. Ada waktu tiga hari setelah hari dilaksanakannya sholat 'id. Bahkan tidak diperbolehkan puasa apa pun selama hari-hari tersebut. Persiapan selanjutnya tentu ada. Coba teman-teman belajar dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah daging kurban berupa daging sapi dan kambing yang dibagi gratis sangat melimpah. Melihat fenomena tersebut alangkah baiknya kita mulai dari sekarang menyiapkan menu terbaik untuk memasaknya. Entah, daging kurban itu habis selama berhari-hari bahkan mungkin ada yang menyimpannya lebih dari dua pekan, selama kita buat menu yang enak tentu menikmatinya pun akan mantap. Tidak membosankan namun malah membuat ketagihan pingin lagi menyantapnya. Pada kesempatan berbahagia kali ini, admin blog resepkreatifmasakan mau berbagi resep tongseng kambing tanpa santan. Tidak memakai santan menjadi alternatif dari masakan kekinian. Banyak yang sekarang memilih masakan yang tidak menggunakan santan. Kami sajikan beberapa versi dalam memasaknya. Berikut pula dengan bahan serta racikan bumbunya. Silakan para pembaca setia memilihnya dan boleh juga mencobanya satu per satu. Untuk bahan berupa daging kambing, semuanya saja saya sarankan jangan dicuci terlebih dahulu sebelum di masak. Langkah ini untuk menghindarkan dari bau prengus yang tak nyaman dan juga tekstur alot yang membuat kita gak mantap nantinya. 


RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN SEDERHANA

Bahan yang diperlukan  :
-  250 gram daging kambing campur-campur
-  100 gram kol, potong sesuai selera
-  1 batang serai, digeprek
-  2 cm lengkuas, digeprek
-  2 cm jahe, digeprek
-  1 batang daun bawang, potong-potong 3 cm
-  2 lembar daun salam
-  2 lembar daun jeruk
-  1 sdt gula pasir
-  5 sdm kecap manis
-  1 buah tomat, potong jadi 6 bagian
-  5 buah cabe rawit merah utuh
-  Minyak goreng, untuk menumis bumbu
-  1/2 sdt garam
-  500 ml air untuk kuah dan secukupnya untuk rebusan pertama

Bumbu dihaluskan :
-  2 cm kunyit
-  3 butir bawang merah ukuran besar
-  2 cm kunyit
-  3 siung bawang putih
-  1/2 sdt ketumbar, sangrai (goreng di wajan tanpa minyak)
-  1/4 sdt jintan, sangrai
-  3 butir kemiri, sangrai

Baca juga : Resep Bakso Goreng .

Cara Membuat Tongseng Kambing Sederhana Enak :
1. Pertama, rebus daging kambing dan 1 lembar daun salam dengan air secukupnya hingga empuk, angkat dan tiriskan lalu potong-potong dadu, buang air rebusan.
2. Lalu panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus, serai, 1 lembar daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan jahe hingga harum. Masukkan potongan daging, kemudian tuang air dan masukkan cabe rawit serta aduk rata. Setelah mendidih beri garam dan gula pasir. 3. Kemudian setelah kuah agak menyusut, masukkan kecap manis, tomat , kol, dan daun bawang, aduk dan masak hingga kol agak layu. Kini angkat tongseng kambing lalu tuang dalam mangkuk saji. Langsung bisa kita nikmati sekarang.


RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN LEZAT

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-  ½ kg daging kambing, potong kecil-kecil seukuran dadu
-  200 kg kubis, iris-iris dan hilangkan tulangnya juga
-  secukupnya cabai rawit
-  2 buah tomat, iris tipis
-  2 lembar daun jeruk
-  1 siung bawang putih, iris tipis
-  1 cm lengkuas, iris tipis
-  1.500 ml air
-  3 buah bawang merah, iris tipis
-  1 cm jahe, memarkan
-  Minyak goreng secukupnya
-  5 sdm kecap manis
Baca juga : Resep Es Kepal Milo .

Bumbu yang di haluskan:
-  1 1/2 sdt merica bubuk
-  Air jeruk nipis secukupnya
-  ½ sdt kunyit bubuk
-  5 siung bawang merah
-  Gula pasir secukupnya
-  3 siung bawang putih


Cara membuat Tongseng Kambing Enak Sederhana :
1. Langkah pertama, panaskan minyak lalu timis bumbu halus ditambah lengkuas, daun jeruk dan jahe. Tunggu sampai harum aromanya.
2. Kemudian masukan daging kambing yang telah dipotong-potong dan aduk sampai berubah warna menjadi agak gelap. Lantas tambahkan air, masak sampai daging kambing jadi empuk. Gunakan wajan lain, lalu tumis bawang merah dan bawang putih. Setelah aromanya harum tambahkan tomat, kubis, kecap, dan cabe rawit. Aduk sampai sayuran menjadi layu.
3. Kini angkat dan masukan ke dalam wajan yang berisi daging kambing. Masak sampai mendidih beberapa saat. Jika daging kambing sudah mulai empuk, angkatlah. Siap untuk kita nikmati sekarang.


RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN ISTIMEWA

Bahan-bahan yang diperlukan : 
-  3/4 kg daging kambing muda, potong kecil-kecil
-  1 liter air kelapa
-  10 buah cabai rawit, iris serong
-  1 batang daun bawang, iris serong
-  1 buah tomat mengkal, buang isinya lalu potong dadu kecil
-  2 butir bawang merah, iris tipis
-  2 lembar daun jeruk
-  2 lembar dauns alam
-  1 batang serai
-  10 cm lengkuas, digeprek
-  1 sdm kecap manis
-  1 sdm kecap asin
-  seperlunya garam 
-  secukupnya lada 

Baca juga : Resep Kue Pukis Enak . 

Bumbu yang dihaluskan :
-  10 butir bawang merah
-  8 buah cabai merah
-  4 siung bawang putih
-  1 ruas kunyit
-  5 cm jahe
-  7 buah cabai rawit


Cara membuat tongseng kambing tanpa santan lezat istimewa:
1. Pertama kita panaskan minyak untuk menumis. Lantas masukkan bawang iris, tumislah hingga harum. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, lengkuas dan daun salam, tumis hingga matang.
2. Kemudian masukkan daging kambing, aduk dengan rata, tambahkan air kelapa, aduk lagi sampai rata. Biarkan meresap dan dagingnya menjadi melunak, tutup selama 10 menit.
3. Kemudian buka dan aduk hingga rata. Kita tambahkan kecap asin dan kecap manis, aduk sampai rata kembali. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
4. Setelah daging jadi empuk, masukkanlah irisan cabai rawit dan daun bawang. Tambahkan air bila perlu. Lalu masukkan irisan tomat, aduk sebentar.
5. Sekarang siap untuk disajikan. Tambahkan taburan bawang goreng agar lebih nikmat.

Related : ANEKA RESEP TONGSENG KAMBING TANPA SANTAN LEZAT