INILAH DAFTAR MENU MASAKAN SEDERHANA UNTUK KELUARGA

DAFTAR MENU MASAKAN SEDERHANA UNTUK KELUARGA

Keluarga merupakan tempat kita berbagi baik suka maupun duka. Di sinilah kebahagiaan itu bermula. Hidup akan semakin nyaman dengan keharmonisan di dalamnya. Sebagian besar waktu kita sehari-hari dihabiskan bersama mereka. Sangat menyenangkan tatkala kita makan dan minum dalam satu meja. Namun, tidaklah kita sadari bahwa ada orang yang paling berperan dalam menghidangkan masakan untuk keluarga tercinta. Itulah seorang wanita yang bernama ibu atau istri.

Peranan sosok seorang ibu atau istri dalam memprogram menu masakan untuk keluarga sudah tak diragukan lagi. Sangat penting dan tak bisa digantikan oleh orang lain lah klo begitu. Setiap anggota keluarga umumnya memiliki menu favorit yang berbeda-beda satu sama lainnya. Ini tentu perlu dijembatani agar semua terlayani dengan baik. Bunda atau isteri lah yang berpikir keras bagaimana menyusun menu yang tidak membosankan bagi semuanya. Di samping itu, nilai nutrisi gizi, harga bahan masakan, waktu pengolahan atau penyajian, uang belanja, variatif menu dan rasa menjadi pertimbangan yang tak boleh diabaikan begitu saja. Untuk seorang istri yang baru usia awal-awal menikah tentu harus mengetahui bagaimana mengatur menu masakan sehari-hari. Untuk seorang istri yang baru usia awal-awal menikah tentu harus mengetahui bagaimana mengatur menu masakan sehari-hari. Memang perlu berlatih juga ternyata untuk hal ini. Nah, berikut mungkin bisa membantu untuk sekedar contohnya.

DAFTAR MENU RESEP MASAKAN SIMPEL ATAU SEDERHANA SELAMA SATU PEKAN.

SENIN :
- Ikan Bakar/ Pepes Ikan
- Sayur Asem
- Goreng Tempe
SELASA:
- Udang Goreng Tepung
- Sayur Bayam
- Pepes Tahu
RABU :
- Ayam Goreng
- Tumis Kangkung 
- Sambal Goreng
KAMIS :
- Gado-gado
- Asin Jambal Roti
- Tempe Mendoan
JUMAT :
- Sate Ayam
- Capcay
- Perkedel Kentang
SABTU :
- Steak Daging Sapi
- Sup Makaroni
- Salad Sayur
MINGGU :
- Rendang Daging/ Dendeng Balado
- Sayur Bening Oyong
- Oreg Tempe

Sebetulnya daftar tersebut masih sangat sedikit, masih banyak masakan  yang bisa kita hidangkan dalam seminggu. Bisa kita temukan dengan mudah di blog resepkreatifmasakan.blogspot.com ini. Di samping itu kita juga harus bisa mengatur keuangan keluarga sehingga semua kebutuhan tercukupi.

Tips cara makan sehat untuk keluarga sehari-hari :
1. Makanlah yang banyak mengandung tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Kebutuhan 20 - 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat. Buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk Antioksidan dan nutrisi lainnya yang terkandung dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya.

2. Selalu mengurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi banyak digunakan pada makanan instan/ cepat saji.

3. Jangan sampai kekurangan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium dari sumber-sumber rendah lemak, seperti yoghurt rendah lemak.

4. Kontrolah mengkonsumsi daging berlemak. Lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu. Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, dan kuning telur.

5. Menjaga berat badan yang diinginkan. Kegiatan olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang kita konsumsi.

6. Jangan lupa minum air putih minimal 2 liter per hari. Atau sekitar 8 gelas. Kemudian minumlah juga madu secara berkala. Akan bertambah bagus pula bila disertai dengan habatus sauda atau jinten hitam yang bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh.

7. Lakukan tidur minimal dua jam setelah makan malam, hal ini supaya makanan tercerna sampai sempurna.

8. Melakukan sarapan pagi yang tidak terlalu mengenyangkan. Dan selalu menjauhkan dari porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi.

Semoga artikel menu resep masakan di atas memberikan manfaat untuk keluarga semua. Jangan dilupakan pula berdoa untuk memohon kesehatan dan kesejahteraan.   

Related : INILAH DAFTAR MENU MASAKAN SEDERHANA UNTUK KELUARGA