RESEP KAWAKAN SOTO BANDUNG ENAK

RESEP SOTO BANDUNG ENAK

Bicara Bandung memang banyak hal yang jadi perhatian. Disebut demikian sebab kota tersebut memang sudah terkenal sekali. Kota yang berada di ujung pulau Jawa ini disebut sebagai kota kembang. Yang tak kalah penting juga dengan kulinernya. Wisatanya pun begitu akrab bagi semua.

Khusus bagi para pencinta soto di seluruh dunia pastinya dah paham bahwa makanan yang satu ini sudah terkenal. Iya iyalah, mana ada orang yang gak kenal sama soto. Bagi yang sudah hari makan soto cocok deh klo dibahas di blog ini. Masakan khas dari Bandung ini sangat familier. Kuahnya bening tetapi tetap saja gurih dan lezat. Tak hanya itu saja, kekhasan rasanya sungguh mantap nikmat. Yukk langsung aja kita cek resepnya berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan :
- 100 gram lobak, kupas kulitnya lalu iris-iris tipis
- 250 gram daging sapi
- 1 liter kaldu sapi
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 3 siung bawang putih, kupas kulitnya kemudian haluskan
- 1 cm jahe, memarkan
- 1 batang serai, ambil bagian tengah yang berwarna putih saja lalu memarkan
- 1/2 sendok teh garam dapur
- air secukupnya untuk merebus
- 1 sdm minyak goreng buat menumis

Bahan untuk pelengkap :
- Sambal dari cabe rawit merah
- Irisan daun seledri, secukupnya
- Bawang merah goreng
- Kacang kedelai putih yang telah digoreng

Cara membuat soto bandung dengan kuah bening:
  1. Pertama-tama, kita rebus dulu daging sapi dengan air sampai teksturnya empuk dan matang. Usahakan memilih daging sapi yang segar guna mendapatkan hasil masakan terbaik. Lalu angkat dagingnya dan sisihkan air kaldunya.
  2. Kemudian kita ambil daging sapinya lalu potong-potong dadu / kotak, sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskanlah minyak lalu tumislah bawang putih halus sampai harum. Selanjutnya kita tuang ke dalamnya air kaldu rebusan daging sapi tadi, jahe dan serai yag telah di memarkan serta irisan lobak. Masak terus sampai mendidih.
  4. Masukkan potongan daging, merica bubuk serta juga garam dapur, lalu aduk secara rata. Masaklah terus sampai semua bumbu nya meresap dan matang.
  5. Yang terakhir angkat dan sajikan bersama dengan pelengkapnya supaya  rasanya menjadi semakin nikmat.

Nah, mudah kan? Yukk langsung saja kita coba resep masakannya ya. Ngomong-ngomong doain juga supaya rasanya jauh lebih nikmat dari yang sekedar di kira.

Related : RESEP KAWAKAN SOTO BANDUNG ENAK