RESEP MEMBUAT KUAH SATE PADANG LEZAT HARUM

RESEP MEMBUAT KUAH SATE PADANG SEDERHANA LEZAT HARUM

Resep Kuah Sate Padang Istimewa Sederhana Asli Spesial Lezat Harum. Masakan homemade (rumahan) kini sudah mulai menjadi trend di penggemar kuliner. Sate padang panjang, solok, dan pariaman serta sejenisnya memiliki kuah sate tepung beras yang punya ciri khas tertentu. Klo kita memandangnya mungkin tak terlalu kelihatan perbedaanya. Akan tetapi, jika secara jeli kita cek maka akan ketemu bedanya. Kekentalan, warna dan rasa merupakan ciri perbedaan yang paling menonjol. Bahan dasar kuah sate padang dari tepung beras. Jadi, tanpa menggunakan kacang tanah. Meski begitu, masih ada pula yang memakai kacang dengan jumlah sedikit. Bahan lainnya dalam membuat kuah sate padang ini antara lain dari cabai, jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah-putih, lada putih, dll. Mayoritas didominasi oleh aneka rempah-rempah. Resepi kuah sate padang ini bisa dengan mudah kita praktekkan di rumah. Setelah kita mahir membuatnya, maka bisa kita mulai mencoba peluang usaha jualan sate. Kita tahu bahwa enaknya masakan tersebut yang paling mempengaruhi adalah karena enaknya kuah. Tetapi itu mungkin agak terlalu jauh berpikirnya. Kita buat dulu sendiri sampai menghasilkan rasa yang menjadikan golang lidah penikmatnya. Sate padang umumnya dijual di restoran, pedagang kaki lima seperti gerobak dan warung bertenda sederhana.

Bahan Dasar  :
-  1 gelas air
-  secukupnya air
-  secukupnya minyak goreng
-  secukupnya tepung beras
-  penyedap (optional)

Bumbu dihaluskan : 
-  12 buah cabai
-  Lengkuas secukupnya
-  8 siung bawang merah
-  Lada putih, secukupnya, boleh yang bubuk atau utuh
-  5 siung bawang putih
-  2 sampai 3 cm kunyit
-  jahe secukupnya

Bahan bumbu pengharum :
-  2 sampai 3 lembar daun kunyit
-  2 batang serai, memarkan
-  8 lembar daun jeruk, sobek-sobek
-  4 lembar daun salam, sobek-sobek
Baca artikel menarik : Resep Bakso Goreng .

Cara Membuat Masakan Kuah Sate Padang Kental :
1. Pertama, kita haluskan semua bumbu halus. Aduk lagi sesudah dihaluskan dengan spatula. 
2. Kemudian panaskan minyak, lalu tuangkan bumbu halus ke minyak yang sudah dipanaskan, setelah itu masak hingga harum dan wangi. Tambahkan air sesuai selera.
3. Setelah itu, tambahkan bumbu penyedapsecukupnya saja sesuai selera kita. Masukkan daun pengharum. Kemudian aduk aduk sampai menyatu. Setelah itu tambahkan adonan tepung beras tadi lalu aduk aduk sampai mengental. Kini, kuah sate siap disantap bersama sate Padangnya. Selamat mencoba.
Baca juga : Kumpulan Resep Masakan Gurame Lezat .

Related : RESEP MEMBUAT KUAH SATE PADANG LEZAT HARUM