ANEKA RESEP KREATIF KUE SUS KERING ENAK

Aneka resep kue sus kering enak nikmat. Banyak orang sedang bimbang atau bingung untuk menyiapkan sajian khusus di hari lebaran nanti. Bukannya gak ada yang mau dihidangkan tetapi karena banyaknya pilihan yang bisa kita ambil. Para bunda biasa tiap tahun di meja tamu rumahnya dihidangkan berbagai macam kue sepertihalnya : kue kastengel, kue bawang, kue putri salju, kue dadar gulung, kue apem selong, kue nastar, kue lidah kucing, kue emoticon dan sebagainya. Semua itu disenangi oleh banyak orang dari anak-anak hingga para kakek nenek. Mungkin kita perlu menyajikan yang baru di hari raya idul fitri tahun 1439 Hijriyah atau 2018 ini. Kue sus kering mungkin layak kita tambahkan pada daftar menu khas lebaran. Rasanya enak dan mantap, deh. Semua anggota keluarga pun nanti akan merasa cocok dengan makanan tersebut. Ngomong-ngomong tentang asal-usul dari kue sus ini memang unik. Menurut situs wikipedia, kata sus berasal dari bahasa Belanda (soes). Kue sus merupakan kue yang bentuknya bundar dengan rongga berisi custard, fla (vla), dan daging. Dalam bahasa Perancis, kue ini disebut  choux à la crème. Perbedaannya pada bentuknya yang bundar mirip kubis. Kata choux dalam bahasa Perancis artinya kol). Untuk kue sus isi vla atau custard dihidangkan bila sudah didinginkan di lemari es. Mengapa? Sebab vla bahan bakunya adalah susu yang memiliki karakter mudah basi. Bahan dasar membuat kue sus ini antara lain : mentega, tepung terigu, gula pasir, dan telur ayam. Proses pengerjaanya dengan menggunakan oven dengan suhu di atas 200 derajat Celcius. Fungsi telur di adonan adalah dalam rangka menjadikan kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue sus itu. Ada banyak kreasi dari kue sus ini. Kita bisa mencoba salah satu atau kesemuanya di rumah. Bahan yang diperlukan tidaklah sulit dicari. Di pasar tradisional atau toko bahan roti banyak yang menjualnya. Semuanya istimewa rasanya dan menarik tampilannya. 


RESEP KUE KERING SUS ISI COKLAT

RESEP KUE KERING SUS ISI COKLAT ENAK

Bahan yang diperlukan :
-  100 gram margarin
-  125 gram tepung terigu protein sedang
-  1 sendok teh baking powder double acting
-  250 ml air
-  1/2 sendok teh garam
-  3 butir (setara dengan 150 gram telur)
Bahan Isi Coklat :
-  150 gram dark cooking chocolate, lelehkan
-  150 gram white cooking chocolate, lelehkan
Cara Membuat Kue Sus Kering Isi Coklat Enak :
1. Pertama, kita nyalakan kompor  rebus air, margarin, dan garam secara perlahan sambil diaduk sampai mendidih. Lalu matikan api.
2. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai rata. Nyalakan api lagi. Lalu masak lagi sebentar sampai kalis. Lalu Angkat dan biarkan hangat.
3. Kini pecahkan dan masukkan telur satu persatu dan baking powder ke dalam adonan sambil dikocok rata. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga. Semprot adonan dengan spuit kerang sedang di loyang yang dioles tipis margarin agar tidak lengket.
4. Selanjutnya, masukkan adonan yang telah di cetak ke dalam oven selama 20 menit dengan suhu 200 derajat Celsius. Setelah sampai ke menit 20, turunkan suhu oven 150 derajat Celsius. Kemudian oven lagi selama 20 menit sampai kering. Tusuk salah satu sisi bagian sus dengan tusuk gigi. Semprot dengan campuran white cooking coklat dan dark cooking chocolate ke dalam kue sus. Lalu biarkan kering.
5. Siap dihidangkan sekarang.
Baca juga artikel menarik : resep nasi goreng jawa.


RESEP KUE SUS KERING KEJU ENAK

RESEP KUE SUS KERING KEJU

Bahan Kue Sus Kering Keju :
-  60 gram keju edam ditambah cheddar, dihaluskan dengan cara diparut
-  125 gram tepung terigu berprotein sedang
-  1/4 sendok teh Garam
-  3 butir telur, sebaiknya pilih telur segar
-  100 gram Margarine
-  1/2 sendok teh baking powder
-  250 ml air matang
Baca juga artikel menarik : resep opor ayam.
Cara Membuat Kue Sus Kering Keju Istimewa :
1. Langkah pertama, rebuslah air menggunakan panci wadah sampai mendidih, kemudian masukkan garam dan margarin perlahan-lahan. Aduk dan campur semua bahan sampai merata.
2. Ketika dua bahan tersebut sudah habis, kecilkan api di atas kompor lalu masukkan tepung terigu secara perlahan sambil diaduk. Lakukan proses ini sampai adonan menjadi kalis. Setelah selesai angkat panci dari atas kompor. Jika adonan belum kalis, maka Anda mesti menambahkan sedikit tepung.
3. Lalu tempatkan adonan di atas alas keras, kemudian masukkan telur ke dalamnya. Sembari melakukan hal itu, kocok semua bahan sampai tercampur rata.
4. Kemudian masukkan baking powder dan keju ke dalam adonan, kemudian aduk lagi adonan sampai semua bahan tercampur rata. Proses selanjutnya melibatkan penggunaan loyang. Ambil loyang dan olesi sedikit permukaannya menggunakan margarin.
5. Lalu siapkan piping bag untuk membentuk adonan di atas loyang, kemudian mulailah menyemprot adonan sampai bentuknya menyerupai kue sus kecil. Beri jarak antara satu semprotan dan lainnya, sebab adonan nantinya akan mengembang sedikit ketika dimasukkan ke dalam oven.
Siapkan oven dengan suhu yang diatur kurang lebih 185-190 derajat Celcius. Pangganglah adonan selama 1/4 jam. Kecilkan suhu oven sampai 130 derajat celcius setelah 15 menit. Kemudian biarkan sampai warnanya kuning agak kecoklatan. Penting : peralatan tambahan seperti timbangan bahan, oven, sendok makan, sendok teh, gelas ukur dan wadah untuk adonan.
5. Terakhir, angkat kue sus kering keju dan dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam toples yang kedap udara.

RESEP KUE SUS KERING VLA SUSU

RESEP KUE SUS KERING VLA SUSU NIKMAT

Bahan-bahan yang dibutuhkan : -  200 ml Air
-  3 sdm margarin
-  1 butir putih telur
-  10 sdm tepung terigu
-  1/4 garam
-  2 butir telur utuh
-  vla susu secukupnya
Cara Membuat Kue Sus Kering Vla Susu Mantap :
1. Pertama, siapkan panci bersih, masukan air 200 ml dan margarine, dan garam aduk sampai mendidih. Lalu masukan tepung terigu dan aduk kembali sampai semua tercampur rata.
2. Setelah itu masukan 2 butir telur utuh dan 1 putih telur aduk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah lalu tinggi. Bila adonan sudah tercampur rata masukan ke dalam papping bag dan cetak di loyang dengan membuat cetakan secara melingkar.
3. Panaskan oven terlebih dahulu, lalu masukan sus dan panggang selama 1/2 jam. Setelah matang siapkan isian vla. Belah tengah pinggiran kue sus dan masukan vla menggunakan papping bag.
4. Kini sudah siap untuk dihidangkan.

RESEP KUE SUS KERING BAWANG SPESIAL

RESEP KUE SUS KERING BAWANG

Bahan-bahan penting :
-  125 gr tepung terigu
-  250 ml air
-  100 gr margarin
-  1/4 sendok teh garam
-  1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
-  1 sendok makan bawang putih goreng, dicincang
-  1/2 sendok teh bawang putih bubuk
-  1 sendok teh baking powder
-  4 butir (200 gr) telur
-  75 gr keju parut, diangin-anginkan
Cara Membuat Kue Sus Kering Bawang Enak :
1. Langkah pertama, panaskan air, margarin, garam, dan kaldu ayam sampai mendidih. Matikan api. Lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai rata.
2. Kemudian nyalakan api. Masak sebentar sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat. Masukkan telur satu per satu, bawang putih bubuk, dan baking powder sambil dikocok rata. Tambahkan keju parut dan bawang putih goreng. Aduk merata.
3. Lantas masukkan dalam kantong plastik segitiga. Semprot dengan spuit di atas loyang yang dioles tipis margarin.
4. Selanjutnya, oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celcius selama 1/4 jam. Turunkan ke suhu 130 derajat Cecius 20 menit sampai kering.
5. Angkat, dinginkan, dan simpan di wadah yang kedap udara untuk bisa bertahan lama.
Baca juga : resep bakso goreng.

Related : ANEKA RESEP KREATIF KUE SUS KERING ENAK